Dampak Radikal Bebas Dapat Menjadi Penyebab Penyakit Kronis

Sumber radikal bebas banyak terdapat di lingkungan sekitar kita. Dikatakan pula bahwa dampak radikal bebas dapat menjadi penyebab penyakit kronis. Karena hal inilah tak heran kini di pasaran banyak produk makanan dan kecantikan yang diklaim dapat mengatasi dampak radikal bebas.

Sebetulnya radikal bebas adalah bagian dari proses alami yang terjadi pada tubuh manusia. Selain karena proses alami, radikal bebas juga bersumber dari eksternal atau luar tubuh. Jika kadar radikal bebas dapat diimbangi oleh antioksidan maka tidak akan berbahaya. Tetapi akan berbahaya jika radikal bebas melebihi ambang batas yang bisa diatasi oleh tubuh kita sehingga menyebabkan kerusakan.

Sumber Radikal Bebas

Ketika tubuh menghirup dan memakai oksigen, sekitar 1 persen sel-sel tubuh akan mengalami kerusakan dan menjadi radikal bebas. Kalau begitu, apa yang dimaksud dengan radikal bebas?

Radikal bebas adalah istilah sel-sel rusak yang menjadi penyebab dampak negatif tertentu. Dinamakan “bebas” sebab sel-sel tubuh kehilangan molekul penting yang berakibat ia menyebabkan kerusakan jika bertemu dengan molekul lain. Tidak cuma merusak sel lain, radikal bebas juga dapat merusak DNA sehingga menjadi penyebab penyakit kronis.

Yang perlu anda ketahui, satu sel yang sudah rusak bisa mempercepat kerusakan sel lain. ketika DNA berubah maka sel rusak dapat bermutasi dan berkembang dengan tidak normal. Selain itu, peradangan dan cedera juga bisa menghasilkan radikal bebas.

Dampak Radikal Bebas Dapat Menjadi Penyebab Penyakit Kronis
Ilustrasi pembentukan radikal bebas (credit to Fotolia)

Selain proses yang terjadi dalam tubuh, sumber radikal bebas lainnya dapat mudah dijumpai di sekitar lingkungan. Beberapa sumber utama radikal bebas antara lain:

  • Ozon.
  • Radiasi sinar X.
  • Polusi.
  • Asap rokok
  • Racun dan pestisida kimia.
  • Minuman alkohol.

Oleh sebab itu, penting bagi anda untuk membatasi diri dari bahan-bahan sumber radikal bebas.

Dampak Radikal Bebas Menyebabkan Penyakit

Supaya fungsi fisiologis tubuh baik, maka perlu ada keseimbangan antara kadar radikal bebas dan antioksidan di tubuh, tetapi jika kadar radikal bebas melewati kemampuan daya tahan tubuh, maka akan memicu stres oksidatif (oxidative stress). Radikal bebas bisa menyerang dan membuat kerusakan berbagai sel tubuh. Unsur-unsur yang dapat terkena dampak antara lain asam nukleat, lipid, dan protein.

Berikut ini beberapa efek radikal bebas yang menyebabkan penyakit kronis:

  • Stres oksidatif merupakan penyebab utama inflamasi, seperti sindrom gangguan pernapasan pada orang dewasa, sakit jantung, artritis, stroke, tekanan darah tinggi, Alzheimer, preeklamsia, dan lain-lain.
  • Sinar matahari berlebihan bisa berakibat pada kerusakan oksidatif sel-sel kulit.
  • Radikal bebas melalui asap rokok bisa membahayakan organ paru-paru.
  • Kanker dan aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah) adalah dua penyakit mematikan yang dihubungkan radikal bebas.
  • Radikal bebas mengakibatkan kerusakan sel yang berhubungan dengan penuaan dini.

Sekarang anda sudah paham tentang dampak radikal bebas dapat menjadi penyebab penyakit kronis. Oleh sebab itu, untuk mencegah kerusakan sel tubuh yaitu dengan menjalani hidup sehat dan mengkonsumsi makanan seperti buah dan sayuran yang kaya antioksidan.