Vitamin Untuk Tulang dan Sendi

Vitamin untuk tulang dan sendi memainkan peran penting bagi kesehatan organ penopang tubuh manusia. Tanpa tulang yang sehat maka akan sulit bagi tubuh untuk dapat berdiri tegak dan menjalankan aktivitas keseharian. Tulang terbentuk sejak bayi masih berada dalam kandungan dan berlangsung terus menerus hingga susunannya terbentuk secara teratur.

Vitamin Untuk Tulang dan Sendi

tulang-manusia

Tulang Manusia

Nah untuk mendapatkan tulang dan sendi yang sehat dibutuhkan perhatian khusus sejak usia dini yaitu dengan mengkonsumsi vitamin yang baik untuk tulang, melakukan pola hidup sehat, dan mengkonsumsi makanan yang tepat adalah salah satu cara sebagai penunjang bertumbuhnya tulang secara normal.

Vitamin dan mineral memiliki peran yang penting untuk penyerapan kalsium. Lalu vitamin apa saja yang baik untuk kesehatan tulang? Nah dibawah ini adalah vitamin untuk tulang dan sendi.

1. Vitamin D

Vitamin D juga terkenal dengan nama Kalsiferol yang berperan sebagai pembentukan tulang dan gigi bersama dengan kalsium. Vitamin D merupakan satu-satunya vitamin yang bisa diproduksi oleh tubuh.

Fungsi vitamin D untuk tulang ini adalah untuk membantu pengerasan tulang dengan cara mengatur kalsium dan fosfor pada tubuh agar kemudian diendapkan pada proses pengerasan tulang. Sehingga apabila tubuh kekurangan vitamin D maka tulang beresiko mengalami kelainan.

Vitamin D dapat didapat melalui sinar matahari, selain itu juga terdapat pada bahan-bahan makanan seperti minyak ikan, ikan tuna, udang, biji bunga matahari, mentega dan bahan lainnya.

2. Vitamin C

Vitamin C yaitu vitamin yang larut dalam air dimana salah satu fungsi dari vitamin C adalah memproduksi kolagen. Kolagen itu sendiri merupakan komponen struktur tulang rawan, tendon, ligamen, pembuluh darah, dan kulit.(Baca : Manfaat buah jeruk)

Manfaat Vitamin C sangat baik untuk kesehatan sendi karena dapat membantu menjaga cairan synovial sehingga gerakan sendi lebih leluasa. Selain itu vitamin C juga membantu pengobatan penderita rematik.

Sumber vitamin C berasal dari berbagai macam bahan makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

3. Vitamin K

Vitamin K memiliki peran penting untuk metabolisme tulang dan juga untuk membentuk tulang yang sehat dan kuat. Untuk dapat mendapatkan vitamin K, vitamin K banyak terdapat pada sayuran berdaun hijau.

4. Vitamin B12

Sebuah penelitian pernah menyimpulkan kekurangan vitamin B12 akan menyebabkan melemahnya tulang saraf.

Selain vitamin diatas, asupan mineral dibawah ini juga perlu anda perhatikan bagi kesehatan tulang dan sendi :

1. Kalium

Kalium memiliki peran sebagai penyeimbang kadar keasaman di dalam tubuh. Selain itu, fungsi kalium juga sebagai pencegah kalsium untuk dibuang oleh tubuh.

2. Magnesium

Mineral magnesium memiliki peran sebagai penguat tulang. Tugas utama dari magnesium adalah sebagai penyerap kalsium untuk memperkuat tulang.

Dengan konsumsi vitamin untuk tulang dan sendi maka diharapkan kesehatan tulang dan sendi kita tetap terjaga. Bilamana perlu untuk kondisi khusus seperti pasien patah tulang atau yang mengalami masalah sendi dapat mengkonsumsi suplemen vitamin diatas yang tentunya sesuai dengan petunjuk dan pengawasan dokter.