Tips Perawatan Tubuh Setelah Melahirkan Normal

Tips perawatan tubuh setelah melahirkan normal untuk memulihkan kesehatan dan kecantikan anda. Perawatan tubuh harus diperhatikan setelah anda melahirkan normal. Saat ini banyak perawatan pasca melahirkan di klinik kecantikan. Namun, mungkin bagi sebagian ibu tidak bisa rutin ke klinik kecantikan karena masalah waktu dan biaya. Perawatan tubuh pasca melahirkan normal membutuhkan perhatian ekstra daripada pasca operasi caesar, karena memulihkan kembali kondisi alat vital kewanitaan tanpa adanya pendarahan dan infeksi dibutuhkan perawatan yang lebih intensif.

Tips perawatan tubuh setelah melahirkan normal ini sudah banyak dilakukan oleh orang tua zaman dahulu. Tips ini terbukti dapat mengembalikan tubuh ideal wanita pasca melahirkan. Untuk melakukan perawatan setelah melahirkan normal sebaiknya dilakukan sesegera mungkin.

Tips Perawatan Tubuh Setelah Melahirkan Normal

Berikut tips perawatan tubuh setelah melahirkan normal yang dapat mengembalikan tubuh ideal anda seperti dahulu.

tips-perawatan-tubuh-setelah-melahirkan-normal

a. Jamu

Melakukan perawatan setelah melahirkan normal dapat dilakukan dengan cara tradisional, yaitu dengan mengkonsumsi jamu khusus wanita yang baru saja melahirkan. Jamu yang biasanya dapat dikonsumsi setelah melahirkan seperti jamu persalinan lengkap, jamu ini memiliki berbagai manfaat seperti mengencangkan kulit, mengatasi selulit, dan mengembalikan stamina. Mungkin saat modern seperti sekarang, jamu tradisional sudah dikemas menjadi lebih praktis seperti kapsul ataupun pil yang juga memiliki khasiat yang sama. Pastikan anda membeli jamu ditempat yang terpercaya.

b. Luluran

Perawatan setelah melahirkan normal selanjutnya bisa anda lakukan dengan luluran. Melakukan luluran ke seluruh tubuh setiap pagi dan sore hari dapat membantu mengembalikan kebugaran ibu. Melakukan luluran dengan teratur setelah melahirkan dapat membantu kulit kembali kencang dan juga elastis. Anda dapat membuat luluran alami ataupun dengan produk luluran modern yang banyak dijual di toko dan supermarket.

c. Guritan atau stagen

Menggunakan guritan atau stagen dengan melilitkan di bagian perut dan punggung, dapat memberikan manfaat mengembalikan bentuk dan kekuatan otot perut yang kendur. Perut yang kendor pasca melahirkan memang menjadi masalah yang umum terjadi. Dengan melakukan perawatan setelah melahirkan normal yang satu ini, maka perut anda bisa menjadi lebih kencang.

d. Mandi air panas atau mandi uap

Melakukan relaksasi dengan mandi air panas atau mandi uap. Hal ini dapat membuat tubuh kembali fit dan menenangkan sejenak pikiran yang mungkin kelelahan karena terlalu sibuk mengurus sang buah hati. Ketika berendam lebih baik lakukan sedikit pemijatan pada area paha, tumit, dan perut.

e. Konsumsi vitamin

Mengkonsumsi makan yang banyak mengandung vitamin seperti sayur-sayuran dan buah-buahan juga menjadi salah satu perawatan setelah melahirkan. Salah satu manfaat vitamin C dan vitamin E yaitu dapat membantu mengembalikan kulit tetap sehat dan mengganti jaringan kulit yang mati. Anda dapat mengkonsumsi makanan seperti brokoli, buah apel, jeruk, kiwi, dan sayuran hijau.

d. Pijatan

Melakukan pijatan pada tubuh. Perawatan setelah melahirkan normal lainnya adalah dengan melakukan pijatan untuk mengembalikan otot-otot yang tegang pasca melahirkan.

f. Olahraga

Agar perut rata seperti sebelum hamil, maka anda juga harus olahraga. Olahraga yang aman untuk pasca melahikan yaitu senam ringan dan yoga. Namun yang perlu diperhatikan adalah olah raga yang Anda lakukan sebaiknya jangan yang berat. Lakukan olahraga ringan selama 30 menit setiap hari secara rutin. Manfaat olahraga rutin akan lebih baik daripada berolahraga dalam waktu yang lama tetapi tidak teratur.

Demikian tips perawatan tubuh setelah melahirkan normal yang anda dapat lakukan untuk meraih tubuh ideal. Lakukan tips diatas dengan kesabaran sehingga bentuk tubuh anda bisa kembali pulih seperti dahulu. (Uraian Sehat)