Tips Mengatasi Stres Sebelum Melahirkan

Tips mengatasi stres sebelum melahirkan perlu diketahui oleh ibu yang sedang hamil agar proses persalinan berjalan dengan baik. Pada saat usia kandungan sudah menginjak trimester ketiga atau bulan-bulan akhir menuju kehamilan, biasanya ibu hamil mulai gelisah atau stres karena membayangkan bagaimana proses persalinan yang akan dilakukannya nanti. Belum lagi pemikiran-pemikiran yang ada di benaknya misalnya apakah melahirkan itu sakit, bagaimana keselamatan bayi dan dirinya atau memikirkan keadaan-keadaan buruk yang akan menimpa dirinya dan anaknya, meskipun hal tersebut wajar dialami oleh seluruh wanita hamil tetapi jika kondisi tersebut dibiarkan tumbuh maka akan memicu terjadinya stress pada saat menjelang melahirkan. Stress pada saat menjelang melahirkan tentunya dapat menghambat proses persalinan tersebut yang justru dapat membahayakan keselamatan ibu dan juga bayinya.

stress-menjelang-melahirkan-ct

Stress Menjelang Melahirkan (©Parenting Journals)

Masa kehamilan hingga melahirkan dapat dikatakan sebagai sebuah masa penuh emosi bagi kaum wanita. Perubahan bentuk fisik tubuh dan hormon menyebabkan wanita pada masa ini memiliki emosi yang tinggi, lebih sensitif dan tidak stabil. Jika perasaan stress tersebut tidak diatasi dengan baik maka akan berdampak buruk pada janin yang dikandungnya hingga proses persalinannya kelak. Banyak kasus keguguran, kelahiran prematur, kelahiran cacat yang dipicu karena stress yang dialami oleh ibu hamil atau ASI yang dikeluarkan oleh ibu setelah melahirkan tidak lancar. Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seorang anak yang dilahirkan dengan kondisi ibu yang stress dapat menjadikan anak tersebut memiliki hormon stres yang tinggi sehingga anak tersebut sangat peka terhadap depresi.

Ada banyak penyebab yang dapat memicu timbulnya stress ibu hamil sebelum melahirkan seperti :

1. Rasa cemas dan khawatir yang berlebihan ketika akan menghadapi proses persalinan terutama bagi ibu-ibu yang tidak begitu paham tentang bagaimana proses melahirkan.
2. Memikirkan tentang keselamatan dirinya dan bayi yang akan dilahirkannyapun kerap kali memicu stress pada ibu terutama jika bayi yang akan dilahirkannya memang sudah memiliki masalah sendiri sejak berada di dalam kandungan.
3. Kendala biaya juga kerap kali dijadikan alasan penyebab munculnya stress. Saat melahirkan tentunya tidak biaya yang dikeluarkan tidak sedikit banyak keperluan-keperluan yang memang harus disiapkan. Selain itu, dengan munculnya individu baru dalam keluarganya, tentunya biaya hidup yang keluar juga bertambah sehingga ini memicu timbulnya stress yang tinggi bagi seorang ibu
4. Kehamilan yang tidak diinginkan juga dapat menjadi pemicu stress tertinggi bagi ibu hamil. Banyak sebab yang menjadikan seseorang tidak menginginkan anak itu lahir, terutama jika kehamilan tersebut adalah hasil dari perbuatan dosa.
5. Kurang perhatian dan dukungan suami serta keluarga juga dapat menjadi penyebab stress sebelum melahirkan. Saat melahirkan adalah saat yang paling mendebarkan bagi kaum wanita di dunia, dan pada saat ini diperlukan pendampingan dari suami dan juga keluarga, tetapi jika itu tidak ada, maka semangat dan motivasinya pun akan berkurang yang akhirnya akan memperburuk keadaan dalam hatinya.

Selain faktor penyebab stres diatas, masih banyak faktor lainnya yang mempengaruhi emosi dan tingkan stress yang dialami sebelum melahirkan. Setelah mengetahui apa penyebab munculya stress sebelum melahirkan, lalu bagaimana cara mengurangi perasaan tersebut agar tidak tumbuh menjadi stress yang parah maka berikut ini ada 6 tips mengatasi stres menjelang melahirkan:

1. Periksakan kondisi anda dan janin secara rutin ke dokter atau bidan pada saat awal kehamilan. Dengan rutin memeriksakan kehamilan anda dan berkonsultasi pada dokter atau bidan, tentunya anda dapat meringankan stress pada anda. Biasanya dokter atau bidan akan memberikan masukan dan saran yang berhubungan dengan keadaan bayi yang ada di dalam kandungan sehingga anda tahu apa yang harus diperbuat.

2. Mencari informasi seputar proses persalinan juga dapat membantu mengatasi stress sebelum melahirkan. Informasi tersebut dapat anda peroleh dari berbagai macam sumber seperti majalah, internet, seminar, buku panduan, casete atau menanyakan langsung dengan dokter. Informasi tersebut tentunya dapat menjadikan anda lebih siap untuk menghadapi proses persalinan.

3. Dampingan dan dukungan orang-orang terdekat terutama suami juga menjadi obat stress tersendiri bagi ibu yang akan mengalami proses persalinan. Munculnya stress pada wanita hamil disebabkan karena faktor psikologis yang bersumber dari dirinya sendiri maupun lingkungan sekitarnya. Jika seorang ibu merasa hatinya senang maka secara otomatis stess tersebut bisa berkurang apalagi pada saat melahirkan adalah saat-saat paling mendebarkan dari kehidupan seorang wanita karena pada saat inilah seorang wanita harus memperjuangkan dua nyawa sekaligus. Nah untuk itulah temani dan dampingi istri anda saat proses persalinan berlangsung.

4. Mendengarkan musik atau lantunan ayat suci Al-Qur’an juga dapat menjadi salah satu solusi atasi stress sebelum melahirkan. Coba dengarkanlah musik atau jika anda merupakan seorang muslim, dapat dicoba juga untuk mendengarkan lantunan ayat-ayat AL-Qur’an karena melodi yang dikeluarkan dari musik dan Al-Qur’an dapat meredakan stress dan juga menenangkan hati, selain itu sering mendengarkan musik dan lantunan Al-Qur’an juga dapat merangsang kecerdasan bayi.

5. Latihan relaksasi sebelum melahirkan juga dapat membantu atasi stress. latihan relaksasi yang dapat dilakukan seperti latihan pernafasan dalam, relaksasi otot progresif dan juga meditasi. Latihan-latihan tersebut dapat membuat perasaan anda lebih tenang dan rileks.

6. Hindarkan pikiran buruk tentang melahirkan. Mungkin pada saat anda akan melahirkan banyak cerita mistis dan menyeramkan seputar melahirkan baik yang bersumber dari mitos keluarga atau dari pengalaman teman. Tetapi anggaplah cerita-cerita tersebut hanyalah informasi belaka dan jangan dipikirkan karena ketakutan justru dapat memperlambat proses persalinan.

Baca juga :
Apa saja yang perlu disiapkan menjelang persalinan?
Peran suami pada masa kehamilan istri
Makanan sehat untuk ibu hamil

Demikianlah tips mengatasi stres sebelum melahirkan. Pada intinya rasa cemas, khawatir dan takut itu muncul dari dalam diri sendiri, jadi untuk mengatasinya buatlah diri anda senang dan senantiasa berdoa serta pasrah maka secara otomatis stres akan menurun (Uraian Sehat).