7 Tanda-tanda Penyakit Liver (Hati)

Tanda-tanda Penyakit liver (hati) perlu anda ketahui, karena penyakit ini merupakan penyakit berbahaya. Ketika Anda pertama kali mendengar kata penyakit liver, mungkin Anda penasaran. Dalam benak Anda muncul pertanyaan, apa penyakit liver, bagaimana bisa terjadi, apa penyebab penyakit liver dan bagaimana ciri-cirinya ?

Penyakit liver adalah jenis penyakit yang termasuk dalam kategori penyakit berbahya. Karena liver/hati merupakan organ yang memiliki peran penting dalam tubuh manusia.

tanda-tanda-penyakit-liver

Tanda-tanda Penyakit Liver

Tanda-tanda atau ciri seseorang memiliki penyakit liver (hati) adalah sebagai berikut:

a. Perubahan warna kulit

Orang yang terkena penyakit liver bisa mengalami perubahan warna kulit yang cukup drastis. Perubahan warna kulit tubuh sangat mudah dikenali seperti warna kulit pada mata berubah menjadi kekuning-kuningan. Selain itu, lingkaran di bawah mata juga akan tampak gelap.

b. Air kencing menjadi pekat dan berbau

Ini adalah ciri-ciri penyakit liver berikutnya yang sering didapati. Ketika Anda buang air kecil, maka air kemih menjadi sangat pekat dan memiliki bau yang cukup menyengat. Bukan hanya itu, gejala penyakit liver juga bisa ditandai dengan BAB yang menjadi tidak lancar.

c. Kehilangan nafsu makan

Beberapa orang yang terkena penyakit liver umumnya nafsu makannya berkurang atau bahkan kehilangan nafsu makan. Akibatnya, penderita liver akan mengalami penurunan berat badan yang sangat drastis. Tak jarang pula orang yang terkena penyakit liver akan mengalami anemia, perut mual, kembung dan terjadi gangguan pencernaan.

d. Terjadi perubahan bentuk tubuh

Penampilan dan bentuk tubuh juga bisa terjadi pada orang yang mulai terserang liver. Wanita yang terserang liver juga bisa mengalami perubahan pada bentuk kuku jari yang melengkung. Bahkan wanita yang menderita penyakit liver juga bisa mengalami keputihan yang parah.

e. Kerusakan pada kulit

Akibat gangguan fungsi hati ini juga akan mengalami kerusakan pada kulit. Ciri-ciri penyakit liver yang terjadi pada kulit misalnya kulit kering, gatal, eksim, jerawat, psoriasis dan masalah kulit lainnya.

f. Pendarahan pada hidung

Mimisan atau terjadinya pendarahan pada hidung juga bisa berhubungan dengan terganggunya fungsi hati. Akibat kekurangan protein, tubuh juga akan sangat mudah memar apabila terjadi benturan sedikit saja.

g. Sering sakit kepala

Hati-hati untuk orang yang sering mengalami sakit kepala dan cepat kambuh. Bisa jadi, ini merupakan gejala penyakit liver. Pusing yang disertai rasa lelah, letih maupun lesu ini berhubungan dengan penurunan fungsi hati. Biasanya disertai juga dengan perubahan mood, stres dan perasaan depresi.

Penyakit liver bukan penyakit biasa yang bisa disepelekan. Oleh karena itu, perhatikan ciri atau tanda-tanda penyakit liver seperti yang telah disebutkan di atas. Dengan mengetahui 7 tanda-tanda penyakit hati ini maka kita akan segera melakukan pengobatan sedini mungkin ke rumah sakit. Pengobatan lebih dini akan memberikan harapan hidup yang lebih besar. Jika terlambat mendapat penanganan, bisa saja penyakit ini mengakibatkan kematian. (Uraian Sehat)




Artikel ini memuat topik:
tanda tanda penyakit liver ; ciri ciri penyakit liver ; tanda penyakit liver ; tanda tanda penyakit liver kambuh ; tanda tanda liver ; gejala liver kambuh ; ciri penyakit liver ; tanda liver ;

Tags: