Sayuran Penurun Kolesterol Tinggi Ampuh Tanpa Efek Samping

Hasil pemeriksaan memperlihatkan kadar kolesterol tinggi? Jangan khawatir, sebab sebetulnya kadar kolesterol tinggi tidak selamanya perlu diatasi dengan obat penurun kolesterol. Mengkonsumsi sayuran penurun kolesterol tinggi merupakan salah satu cara alternatif yang ampuh untuk menurunkan kolesterol tanpa efek samping.

Apa itu Kolesterol? Mengapa harus menurunkan kadar kolesterol?

Sebenarnya tidak semua jenis kolesterol itu jahat, sehingga perlu diturunkan. Kolesterol ada dalam setiap sel tubuh dan mempunyai fungsi alami yang penting. Kolesterol secara alami ada di tubuh karena tubuh sendiri yang memproduksinya. Selain itu, kolesterol juga dapat diperoleh dari makanan.

Bahan dasar kolesterol adalah minyak, sedangkan bahan dasar dasar adalah air. Oleh karena itu, kolesterol dan darah tidak dapat bercampur secara langsung dan perlu perantara yaitu lipoprotein. Melalui lipoprotein, maka kolesterol bisa dialirkan seluruh tubuh.

Kolesterol dibagi menjadi 2 jenis:

  • Low-density lipoprotein (LDL) atau sering disebut kolesterol jahat.
  • High-density lipoprotein (HDL) atau sering disebut kolesterol baik.

LDL tinggi yang tidak barengi dengan tingginya HDL akan berdampak negatif pada pembuluh darah. Hal ini karena lemak jahat ini seiring waktu dapat mengendap pada lapisan di pembuluh darah, membuat aliran darah menjadi terhambat karena diameter yang mengalami penyempitan (aterosklerosis). Akibatnya jika dibiarkan maka menyebabkan aliran darah dapat terhenti sama sekali.

Proses inilah yang kelak menyebabkan beberapa penyakit seperti penyakit jantung koroner dan stroke.

Sayuran Penurun Kolesterol Tinggi Tanpa Efek Samping

Sayuran Penurun Kolesterol Tinggi

LDL perlu diturunkan dengan membatasi makanan kaya lemak jenuh penyebab kolesterol tinggi. Hal ini cukup beralasan, sebab liver memakai lemak jenuh sebagai bahan untuk menghasilkan kolesterol. Dengan demikian semakin banyak kita mengkonsumsi lemak jenuh maka semakin tinggi pula kadar kolesterol dalam darah, khususnya LDL.

Sedangkan untuk meningkatkan kolesterol baik, maka kita perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, antioksidan, dan vitamin yang kesemuanya ada pada sayuran.

1. Bawang Putih

Selain dapat melindungi infeksi, bawang putih juga dapat menurunkan kadar kolesterol, tensi, dan mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Bawang putih juga dapat mengatasi penumpukan plak pada pembuluh darah. Ketika kita mengkonsumsi bawang putih, maka ia akan mencegah kolesterol menempel di dinding pembuluh darah.

2. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau mengandung antioksidan tinggi. Makanan yang menjadi sumber fitokemikal ini juga bisa menangkal radikal bebas, penuaan dini, dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

Umumnya sayuran berdaun hijau juga rendah kalori sehingga baik untuk menjaga berat badan tetap ideal. Contoh sayuran hijau yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi yaitu bit, kubis, dan brokoli.

3. Bayam

Bayam mengandung lutein yang tinggi. Lutein adalah pigmen kuning yang terdapat pada kuning telur dan sayuran berdaun hijau. Selain mampu menurunkan kolesterol, Lutein juga bermanfaat untuk mencegah degeneasi makula yang menyebabkan kebutaan.

4. Tomat

Tomat mengandung likopen, yaitu pigmen karotenoid yang memberikan warna merah pada sayur dan buah. Beberapa hasil studi menyatakan bahwa likopen dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 10-17 persen. Mengkonsumsi buah tomat juga baik untuk kesehatan jantung dan mencerahkan kulit.

5. Buncis

Kadar LDL dan trigliserida dapat diturunkan jika kita sering makan buncis. Buncis mengandung lemak tak jenuh ganda sehingga aman bagi penderita diabetes.

6. Terung dan Okra

Baik terong/terung dan okra memiliki kadar kalori rendah dan mengandung serat yang gampang larut dalam tubuh.

7. Kacang Kedelai

Kacang kedelai dan produk olahannya seperti tahu, tempe, susu kedelai dikenal sejak dahulu sebagai makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Apalagi kacang kedelai juga dapat digunakan sebagai makanan pengganti daging dan keju. (Baca juga: meskipun ada manfaatnya, ada efek samping susu kedelai bagi kesehatan)

8. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya lemak jenuh, lemak tidak jenuh, dan serat. Namun kacang almond mengandung antioksidan flavanoid yang menyehatkan pembuluh darah.

9. Biji-bijian

Biji-bijian sangat kaya kandungan seratnya. Makanan berserat membuat tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencernanya sehingga anda pun akan merasa kenyang lebih lama. Itulah mengapa orang yang sedang diet dianjurkan makan biji-bijian.

Demikian 9 sayuran penurun kolesterol tinggi ampuh yang tidak memiliki efek samping. Anda bisa mengkonsumsi satu atau beberapa sayuran tersebut untuk mengendalikan kadar kolesterol sekaligus menjaga kesehatan pembuluh darah. Demikian info kesehatan tentang sayuran yang perlu dimakan untuk menurunkan kolesterol tinggi, semoga bermanfaat bagi pembaca.




Artikel ini memuat topik:
sayuran penurun kolesterol ; jenis sayuran buat pengobatan kolesterol ; jenis sayuran penurun kolesterol ; sayur penu ; sayuran meghilakn kolestro ; sayuran penur ; sayuran yang bisa menurunkan kolesterol ;