Sakit Kepala Sebelah Kiri Jangan Dianggap Remeh

Sakit kepala sebelah kiri jangan dianggap remeh. Penyebab sakit kepala sebelah kiri dapat disebabkan karena beberapa faktor. Meskipun sebagian kejadian sakit kepala bagian kiri tidak berbahaya, tetapi perlu diwaspadai, karena ada yang perlu butuh perhatian khusus untuk mengatasinya.


Ketika orang mengalami sakit kepala, maka hal yang normal jika aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Agar dapat diobati maka perlu diketahui lebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya.

Sakit Kepala Sebelah Kiri Jangan Dianggap Remeh

Credit to Fotolia

Penyebab

Mengapa sakit kepala sebelah kiri jangan dianggap remeh? Inilah Beberapa faktor penyebab sakit kepala sebelah kiri yang perlu anda ketahui:

1. Migrain

Kondisi ini umumnya menyerang salah satu sisi kepala saja, apakah sakit kepala sebelah kanan atau kiri. Rasa sakitnya seperti berdenyut-denyut, kadang ada rasa mual, muntah, dan pandangan kurang jelas. Durasinya dapat berlangsung selama beberapa jam hingga tiga hari atau bahkan lebih.

Hingga saat ini, migrain belum dapat diketahui penyebab pastinya. Tetapi ada dugaan migrain terjadi karena gangguan pada aktivitas otak yang menggaggu keseimbangan kimia dan pembuluh darah otak. Beberapa faktor pemicunya antara lain masalah hormon, makanan, alkohol, stres/depresi/tertekan, bau, suara, dan cahaya.

2. Sinusitis

Seseorang terkena sinusitis jika lapisan sinus di kepalanya mengalami radang, alergi, atau terkena infeksi.

3. Sakit Kepala Tegang

Penyebab sakit kepala tegang yaitu stres/tertekan, kurang tidur, terlambat makan, otot tegang, dan salah postur tubuh. Sakit kepala tegang seringkali dibarengi dengan sakit leher dan bahu.

4. Sakit kepala cluster

Sakit kepala cluster/klaster disebabkan oleh silau terhadap cahaya, merokok, narkoba, cuaca panas, dan berada di area tinggi. Selain sakit kepala cluster saja, anda juga dapat mengalami hidung tersumbat, hidung berair, sakit mata, dan pembengkakan pada sebagian wajah.

Laki-laki lebih rentan terkena sakit kepala cluster. Sakit kepala ini dipercaya sebagai penyakit turunan. Sakit ini dapat menyerang tiap hari selama masa tertentu sebelum akhirnya sembuh pada masa tertentu pula.

5. Tumor Otak

Sakit kepala sebelah kiri juga dapat diakibatkan oleh tumor otak. Rasa sakit dapat dirasakan saat ukuran tumor di kepala sudah mencapai ukuran tertentu. Karena struktur tengkorak itu padat dan ruang untuk berkembangnya sangat sempit maka saat tumor membesar akan mengisi area sempit tersebut dan menyebabkan area lain tertekan sehingga menjadi penyebab rasa sakit kepala sebelah.

6. Stroke

Penderita stroke mungkin akan merasa sakit kepala sebelah kiri. Hal ini disebabkan supply darah ke otak tertutup oleh gumpalan darah. Akibatnya sebagian otak mengalami kekurangan oksigen dan nutrisi. Selain sakit kepala kiri, penderita stroke juga akan mati rasa, lemas, sulit bicara, dan kehilangan koordinasi tubuh.

Selain faktor tersebut diatas, sakit kepala sebelah kiri juga dapat dirasakan pada waktu makan es krim, olah raga, dehidrasi, hubungan suami istri, efek konsumsi obat pereda sakit, sakit gigi, tensi tinggi, penyakit jantung, aneurisma, dan arteritis sel raksasa.

Cara Mengobati Sakit Kepala Sebelah Kiri

Sebelum mengatasinya, anda perlu berkonsultasi dengn dokter untuk diketahui penyebab pasti sakit kepala sebelah kiri. Dalam diagnosis, dokter mungkin akan menyarankan anda menjalani tes CT scan atau MRI.

Berikut cara mengobati sakit kepala sebelah kiri berdasarkan faktor penyebabnya:

1. Jika penyebabnya adalah karena migrain

Sebetulnya tidak ada obat untuk mengatasi migrain, tetapi yang ada adalah obat yang dapat mengurangi sakit akibat migrain seperti ibuprofen, naproxen, dan tylenol. Anda dapat meminta resep obat migrain yang sesuai dengan kondisi anda kepada dokter. Selain minum obat, lakukan beberapa hal yang bisa mengurangi migrain, seperti relaksasi, tidur berkualitas, rajin berolah raga, mengurangi hormon estrogen (untuk anda yang ikut kontrasepsi), berpikir positif dan menjauhi faktor pemicu stres.

2. Jika penyebabnya adalah makan es krim

Untuk masalah ini, sakitnya akan hilang dengan sendiri setelah anda berhenti makan ice cream beberapa saat.

3. Jika penyebabnya karena berhubungan suami istri

Anda dapat minum obat ibuprofen sebelum 30 menit berhubungan dengan pasangan anda. Jika sakit terus berlanjut sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

4. Jika pemicunya adalah sinusitis

Jika penyakit sinusitis terjadi pada anda karena infeksi bakteri, temui dokter untuk meminta antibiotik resep dokter. Selain itu, anda juga dapat mengatasi sinusitis secara mandiri tanpa perlu ke dokter.

5. Jika pemicunya adalah sakit kepala tegang

Untuk kondisi ini, kompreslah bagian yang sakit dengan air hangat untuk mengurangi rasa saki. Selain itu, dengan memperbaiki postur tubuh, akupunktur, dan akupresur diyakini dapat mengatasi sakit kepala tegang. Hindari juga faktor penyebab anda tertekan atau stres dan berpikirlah dengan positif.

Jika anda ingin cepat sembuh dengan minum obat, maka belilah obat sakit kepala yang banyak dijual di apotek.

6. Jika pemicunya sakit kepala cluster

Sakit kepala klaster dapat diatasi dengan tidur berkualitas, berhenti dari alkohol. Untuk obat sakit kepala cluster yaitu ibuprofen dan naproxen.

7. Jika pemicunya karena tumor otak

Penanganan medis tumor otak tidak sama untuk setiap orang karena tergantung jenis, ukuran, dan lokasi tumornya. Beberapa rekomendasi untuk penyembuhannya yaitu operasi bedah, terapi radiasi, radiosurgery, dan kemoterapi. Kesemua tindakan medis tersebut perlu dilakukan oleh tim medis rumah sakit.

8. Jika pemicunya stroke

Penderita stroke perlu secepatnya dirawat di rumah sakit jika mengalami sakit kepala ini. Cegahlah stroke dengan menjalani pola hidup sehat dan jauhi rokok dan alkohol.

Untuk mengobati sakit kepala sebelah kiri yang diakibatkan penyebab lain, anda dapat berkonsultasi dengan dokter.

Pada umumnya, Sakit kepala sebelah kiri merupakan kondisi yang biasanya dialami banyak orang sehingga sering dianggap sakit kepala biasa. Tetapi, sebagaiman telah dibahas diatas ada beberapa kondisi penyakit serius yang gejalanya berupa sakit kepala sebelah kiri. Karena sakit kepala sebelah kiri jangan dianggap remeh, maka periksakan diri anda jika sering mengalami sakit kepala sebelah kiri. (Uraian Sehat)