Prosedur Veneer Gigi Yang Perlu Anda Ketahui

Inilah prosedur veneer gigi bagi anda yang tertarik melakukan perawatan gigi dengan metode baru. Veneer gigi adalah tindakan yang ditangani oleh dokter gigi spesialis untuk membantu memperbaiki kondisi estetika gigi pasien seperti warna, bentuk, ukuran, dan posisi yang kurang sempurna. Veneer gigi yang bagus dibuat dari porselen yang dipasang untuk menutupi permukaan gigi depan. Dari segi daya tahan, veneer gigi mampu bertahan 2-10 tahun sebelum akhirnya rusak atau terkelupas sehingga perlu diganti dengan yang baru.

Saat ini metode veneer gigi digunakan untuk memperbaiki kondisi gigi yang rusak, tidak sempurna, dan warna yang kurang putih. Ada dua jenis bahan veneer gigi yaitu porselen dan resin composite. Nah veneer gigi dengan bahan porselen lebih baik kualitasnya daripada resin composite. Dilihat dari segi harga veneer gigi, keduanya memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan. Untuk itu pasien dapat berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis untuk menentukan opsi terbaik dengan melihat kondisi gigi dan keuangan anda.

prosedur-veneer-gigi

Prosedur Veneer gigi

Pada umumnya pasien perlu 3x kunjungan ke dokter gigi untuk memasang veneer gigi, yaitu 1x untuk konsultasi pertama dan 2x untuk membuat dan memasangkan veneer ke gigi anda. Nah berikut ini prosedur pemasangan veneer gigi yaitu :

  • Dokter gigi akan memeriksa kondisi gigi apakah terdapat enamel (lapisan terluar) gigi yang kemudian akan dikikis sedikit (sekitar 0.5 mm) untuk menyiapkan tempat bagi veneer. Pengikisan gigi dipandang perlu agar veneer tidak nampak menonjol.
  • Waktu persiapan tergantung kondisi kerusakan gigi.
  • Dokter gigi membuat cetakan mulut anda dengan menggunakan bahan mirip dempul. Hal ini agar veneer dapat dibentuk sesuai ukuran gigi anda di laboratorium. Perlu waktu 1-2 minggu untuk masa pembuatannya.
  • Setelah veneer gigi selesai dibentuk di laboratorium, maka pada kunjungan berikutnya, dokter akan menempelkan veneer pada gigi anda.
  • Dokter gigi mungkin akan merekomendasikan pemeriksaan ulang dalam beberapa hari atau minggu kemudian untuk memeriksa penempatan veneer dan kondisi kesehatan gigi serta gusi anda.

Perawatan veneer gigi sehari-hari sangat mudah. Anda cukup mensikat gigi secara rutin sebanyak 2x sehari seperti biasa. Manfaat yang dapat dirasakan oleh anda setelah melakukan metode veneer yaitu meningkatnya rasa kepercayaan diri. Hal ini wajar karena bentuk gigi anda sekarang lebih putih dan rapih daripada kondisi sebelumnya.

Metode ini cocok bagi publik figur atau orang yang harus memprioritaskan penampilan fisik seperti artis, humas, marketing, dan MC. Namun tak tertutup kemungkinan pelajar atau pekerja bidang lainnya tertarik untuk memasang veneer gigi.

Demikian penjelasan lengkap mengenai prosedur pemasangan veneer gigi. Semoga apa yang disajikan dalam info kesehatan gigi dan mulut ini dapat bermanfaat bagi pembaca.