Persiapan Menjelang Persalinan Yang Penting

Persiapan menjelang persalinan wajib dilakukan bagi anda yang usia kandungannya sudah menginjak trimester ketiga, yang artinya bahwa sebentar lagi buah hati yang selalu dinanti-nantikan akan lahir ke dunia. Pada masa-masa inilah biasanya ibu hamil mengalami stress karena perasaan cemas akan datangnya proses persalinan, meskipun ada perasaan senang tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa rasa panik, cemas, takut dan bingung biasanya akan muncul juga di saat proses persalinan akan berlangsung. Perasaan tersebut merupakan hal normal yang terjadi pada setiap pasangan orang tua di dunia terlebih lagi jika itu merupakan persalinan pertamanya.

ibu-hamil

Ibu Hamil (© euor)

Persalinan memang merupakan hal normal yang harus dijalani oleh setiap wanita yang sedang hamil, meskipun demikian bukan berarti tidak ada persiapan khusus yang diperlukan dalam proses persalinan. Proses melahirkan yang didukung dengan persiapan menjelang persalinan yang baik akan mendukung kelancaran proses persalinan.

Persiapan melahirkan harus dilakukan jauh-jauh hari minimal saat usia kandungan mulai menginjak trimester ketiga hal tersebut berguna untuk mendukung persiapan persalinan yang matang. Dengan persiapan yang matang saat proses persalinan maka akan sedikit mengurangi kecemasan yang terjadi pada ibu hamil. Namun yang menjadi masalahnya adalah terkadang ibu hamil merasa bingung apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan menjelang terjadinya proses persalinan. Nah untuk mengatasi kebingungan anda mengenai apa saja persiapan menjelang melahirkan maka di bawah ini ada beberapa informasi dari uraiansehat.com yang penting untuk disimak.

Persiapan Menjelang Persalinan

1. Persiapan fisik dan mental

Untuk mendukung proses persalinan yang lancar persiapan utama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan mental dan fisik dari ibu hamil. Persiapan fisik dan mental ini harus dipersiapkan sejak jauh-jauh hari karena persiapan tersebut tidak dapat diperoleh secara tiba-tiba terutama mental.

Baca Juga :
Apa itu Baby Blues Syndrome?
Keluhan-keluhan ibu hamil

Persiapan mental untuk persalinan harus mulai dipersiapkan bahkan sejak anda mengetahui kalau anda hamil. Banyak ibu hamil yang terganggu proses kelahirannya karena rasa mental yang dimiliki kurang kuat. Ada beberapa hal yang baik untuk meningkatkan persiapan fisik dan mental para calon ibu. Diantaranya adalah selalu mengkonsumsi makanan yang bernutrisi baik untuk ibu hamil dan juga melakukan senam hamil atau yoga kehamilan. Selain bermanfaat untuk mengurangi keluhan kehamilan yang dirasakan, seperti sakit pada punggung dan panggul, senam hamil dan yoga kehamilan ini juga memberi efek tenang pada diri ibu serta mengurangi rasa cemas dan khawatir.

Namun jika anda masih mengalami rasa cemas yang berlebih maka coba untuk menutup mata anda, tarik nafas dan coba bayangkan wajah bayi yang akan anda lahirkan, dengan begitu perlahan-lahan rasa cemas akan berkurang.

2. Tempat melahirkan dan cara melahirkan

Pemilihan tempat dan cara melairkan juga merupakan persiapan persalinan yang harus dipikirkan sejak lama. Pemilihan tempat melahirkan dan bagaimana cara melahirkan sangat dibutuhkan untuk mendukung pertolongan pertama yang akan dilakukan.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih tempat persalinan. Yang pertama yang adalah jarak tempuh lokasi persalinan dengan rumah anda, sesuaikan jarak tempuh rumah anda dengan lokasi persalinan dan perhatiakn pula akses jalan serta kepadatan lalu lintas yang melewati. Yang kedua adalah pelajari prosedur lokasi persalinan yang dituju seperti persyaratan administrasi, biaya, ruang bersalin, nomor telephone dan lain-lain. Yang ketiga adalah fasilitas persalinan yang disediakan apakah lengkap atau belum untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi.

Selain tempat persalinan, cara pemilihan proses persalinan juga harus dipikirkan, untuk memastikan pilihan cara persalinan yang akan dilakukan, konsultasikan ke dokter kandungan anda tentang informasi cara-cara persalinan dan apa keuntungan dan kelebihannya, serta rutinlah periksakan kehamilan anda untuk melihat kondisi anda dan bayi yang ada dikandungan anda untuk mengetahui apakah anda bisa melairkan secara normal atau dengan cara yang lainnya.

3. Transportasi

Mempersiapkan transportasi apa saja yang akan digunakan juga merupakan bagian penting dari persiapan persalinan. Kadang kala transportasi menjadi kendala terlambatnya pertolongan pada persalinan yang akan menyebabkan dampak buruk bagi ibu dan bayi.

Jika anda memiliki mobil probadi, rutinlah mengecek kondisi mobil anda jangan sampai sewaktu anda membutuhkan justru mobil tidak dapat digunakan, namun jika anda tidak memiliki mobil pribadi segeralah cari mobil yang dapat anda gunakan sewaktu-waktu akan melahirkan mobil ini juga harus dipersiapkan misalnya dengan menyewa, atau menggunakan mobil desa atau apapun yang penting siap digunakan setiap saat anda membutuhkan.

4. Kebersihan diri

Menjaga kebersihan diri juga merupakan bagian penting dari persiapan persalinan yang harus dilakukan. Pada saat melahirkan tentunya tubuh kita akan dilihat oleh tenaga medis yang akan membatu proses persalinan jadi menjaga kebersihan penting untuk dilakukan. selain itu, menjaga kebersihan pada saat melahirkan juga akan menghindari terjadinya infeksi pada saat setelah melahirkan.

5. Perlengkapan persalinan ibu dan bayi

Persiapan persalinan selanjutnya adalah perlengkapan persalinan untuk ibu dan juga bayinya. Yang perlu dipersiapkan dan dibawa kerumah sakit atau tempat melahirkan adalah :

  1. Untuk ibu siapkan tas besar yang berisi :
    • Kain untuk melahirkan minimal 2 buah.
    • Gurita ibu tali mimimal 2 buah.
    • Pembalut minimal 1 pak.
    • Selimut.
    • BH menyusui minimal 2 buah.
    • Celana dalam minimal 2 buah.
    • Baju yang memiliki kancing depan.
    • Baju untuk pulang.
    • Music player.
    • Minyak angin dan alat-alat mandi.
    • Kosmetik.
  2. Untuk bayi persiapkan tas yang berisi :
    • Pakaian bayi minimal 2 stel.
    • Sarung tangan, sarung kaki dan penutup kepala bayi minimal 2 stel..
    • Popok kain atau popok sekali pakai minimal 5 buah.
    • Kain minimal 3 buah.
    • Selimut bayi.
    • Bedak dan minyak telon..

6. Kantong darah

Mempersiapkan kantong darah juga diperlukan untuk mengantisipasi kekurangan darah pada saat proses persalinan. Jadi tidak ada salahnya jika sebelum melahirkan anda mempersiapkan beberapa kantong darah yang sesuai dengan golongan darah anda yang dapat anda peroleh dari rumah sakit atau PMI atau juga bisa menggunakan seseorang yang bersedia menjadi donor darah untuk anda.

Selain persiapan menjelang persalinan diatas juga imbangi dengan berdoa kepada Allah, minta doa dari seluruh keluarga, dan pastikan dukungan suami demi kelancaran proses melahirkan.