Perbedaan Diabetes Melitus dan Diabetes Insipidus

Siapa yang belum tahu perbedaan diabetes melitus dan diabetes insipidus? diabetes merupakan penyakit yang mematikan dimana penderitanya mempunyai kadar gula darah berlebih. Diabetes disebut juga sebagai penyakit kencing manis karena kencingnya mengandung gula. Untuk membuktikan apakah air seni anda mengandung gula berlebih atau tidak cukup mudah. Bilamana bekas air seni di lantai toilet banyak dikerumuni semut maka dipastikan air seni anda mengandung gula.

Penyakit diabetes dibagi 2 yaitu diabetes insipidus dan diabetes melitus. Nah lewat artikel ini uraian sehat akan mengetengahkan topik apa perbedaan diabetes melitus dan diabetes Insipidus. Dua istilah diabetes tersebut sering muncul di tengah masyarakat. mari kita baca ulasannya dibawah ini.

Perbedaan Diabetes Melitus dan Insipidus

diabetes2

Diabetes Insipidus

Diabetes Insipidus dikenal sebagai penyakit sering kencing atau beser. Penyebab diabetes insipidus terjadi karena tubuh kekurangan hormon Antidiuretic hormone (ADH). Hormon ini berfungsi menstimulus ginjal agar dapat menyerap air lebih banyak daripada cairan yang dibuang tubuh melalui urine. Nah karena penderita diabetes insipidus kekurangan ADH maka si penderita akan sering buang air kecil dengan kuantitas yang tidak normal. Penderita diabetes tipe ini disarankan untuk banyak minum air agar tidak mengalami dehidrasi.

Diabetes Melitus

Pengertian diabetes melitus adalah penyakit karena kelebihan kadar gula dalam darah. Penyakit ini sering disebut sebagai penyakit kencing manis. Penyebab diabetes melitus adalah kekurangan produksi hormon insulin yang dapat mengubah glukosa menjadi glikogen dalam darah. Akibatnya terjadi penumpukan glukosa dalam darah dalam konsentrasi tinggi.

Selain karena faktor keturunan, penyebab diabetes yang kini banyak terjadi di masyarakat karena pola hidup yang tidak sehat. Untuk itu senantiasa lakukan gaya hidup sehat dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula, minuman manis, dan makanan cepat saji (junk food). Rutin berolah raga sehingga anda terhindar dari penyakit diabet. Demikian artikel kesehatan ini, semoga pembaca dapat memahami perbedaan diabetes melitus dan diabetes insipidus. Baca juga artikel uraian sehat lain tentang tanaman obat hebar diabetes yang manjur.