Peran suami Pada Masa kehamilan istri

Peran suami pada masa kehamilan istri sangat penting bagi kesehatan dan psikologis sang istri. Memiliki anak adalah dambaan setiap pasangan di seluruh dunia. Kehadiran anak dalam suatu keluarga merupakan anugera yang Tuhan berikan sehingga keluarga tersebut dapat melanjutkan keturunan yang akan menjadi generasi penerusnya kelak.

peran-suami-kehamilan-istri

Peran Suami Pada Masa Kehamilan Istri

Kehamilan adalah masa-masa yang sangat menyenangkan manun juga masa yang cukup menguras fisik dan mental terutama bagi wanita yang mengandung. Secara fisik, seorang yang sedang hamil mengalami perubahan hampir diseluruh bagian tubuhnya karena tubuh harus dapat menyesuaikan perkembangan janin yang ada di dalam kandungan, selain itu perubahan emosi pun kerap kali terjadi karena bukan hanya fisik saja yang berubah tetapi hormon di dalam tubuh pun ikut berubah, jadi terkadang seseorang yang sedang hamil memiliki emosi yang tidak stabil. Selain itu seorang wanita yang sedang hamil juga harus memikirkan bagaimana cara menjaga agar dirinya dan janin yang ada di kandungannya senantiasa sehat.

Pada masa kehamilan biasanya juga terdapat berbagai macam tekanan yang dapat membuat strees dan akan berdampak bukan hanya pada ibu yang mengandung tetapi juga pada bayi yang sedang dikandungnya. Karena itulah peran suami pada masa kehamilan istri sangatlah penting untuk selalu mendampingi dan memberikan dukungan. Memberi perhatian pada istri yang sedang hamil juga dapat meningkatkan keharmonisan dan kedekatan anda dengan istri dan tentunya anak yang akan dilahirkan.

Meskipun terlihat sepele tetapi sebenarnya peran suami pada masa kehamilan istri hingga proses persalinan cukup berat juga apalagi jika mengingat pada masa kehamilan emosi dan sensitifitas dari istri meningkat dan berubah-ubah jadi hal yang sepele saja dapat menjadi sumber permasalahan besar yang bisa mengakibatkan istri menjadi stress padahal stress pada masa kehamilan itu tidak baik bagi kesehatan ibu dan juga calon bayi yang dikandungnya.

Peran Suami Pada Masa Kehamilan Istri

Beberapa peran penting yang harus dilakukan suami pada masa kehamilan istri hingga proses melahirkan adalah :

1. Memberi Dukungan dan Perhatian

Memberikan dukungan, perhatian dan kasih sayang yang lebih banyak pada istri adalah salah satu peran penting suami pada masa kehamilan istrinya. Pada masa kehamilan tentunya banyak sekali perubahan yang terjadi pada istri anda baik perubahan secara fisik yang lebih gendut dan juga perubahan secara emosional karena terjadi perubahan hormonal dari dalam tubuh istri.

Perubahan tersebut terkadang menjadikan istri anda merasa kurang percaya diri karena menganggap tubuhnya yang gendut menyebabkan dirinya tidak cantik lagi. Apalagi jika dukungan dan perhatian yang suami berikan kurang maka itu akan membuat istri merasa depresi dan stress, padahal perasan tersebut dapat membahayakan bukan hanya kesehatan dari istri anda saja tetapi juga calon anak yang ada dikandungannya.

Jadi pada masa kehamilan hingga proses persalinan luangkanlah waktu yang banyak untuk mengobrol dengan istri dan membicarakan perkembangan janin yang ada di dalam kandungannya, sesekali rayuan dan pujian juga dapat anda berikan kepada istri untuk membuat rasa percaya dirinya tumbuh kembali. Sentuhan-sentuhan lembut pada perut istri juga dapat membantu mempererat hubungan anda tidak hanya dengan istri tetapi juga dengan calon anak yang ada di dalam kandungannya. Tidak hanya pada saat kehamilan saja, pada saat proses melahirkanpun peran suami sangat dibutuhkan.

2. Selalu Dampingi Istri

Pada saat istri sedang hamil hingga proses melahirkan tentunya pendampingan dari suami memberikan efek yang besar bagi keselamatan ibu dan bayinya. Meskipun anda telah sibuk seharian bekerja tetapi luangkanlah waktu untuk istri anda misalnya pada hari minggu atau hari libur. Biasanya seseorang yang sedang hamil mengikuti berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan kehamilan seperti yoga hamil, senam hamil atau kegiatan lainnya. Nah saat itulah anda sebagai suami memiliki peran penting untuk mendampingi istri anda, sesekali ikutlah melakukan kegiatan bersama dengan istri anda selain dapat menjaganya, pendampingan suami kepada istri yang sedang hamil juga dapat mendekatkan anda dengan calon anak dalam kandungan. Serta sempatkanlah waktu juga untuk menemani istri anda konsultasi ke dokter atau menemani berbelanja memilih-milih perlengkapan bayi.

Pada proses persalinan pendampingan dari suami juga tak kalah penting. Menurut penelitian, calon ibu yang pada saat proses melahirkannya ditemani suami lebih jarang depresi pasca melahirkan, kehadiran suami pada saat melahirkan juga dapat membuat waktu persalinan menjadi lebih singkat.

3. Selalu jaga dan perhatikan kesehatan istri

Menjaga kesehatan anak yang ada di dalam kandungan bukan hanya kewajiban dari istri saja tetapi juga merupakan tugas penting dari suami dan merupakan peran penting seorang suami berikutnya. Saat istri hamil tentunya membutuhkan asupan nutrisi yang lebih yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan dari bayi yang dikandung.

Pada masa kehamilan terkadang istri merasa malas makan terutama jika usia kandungan baru menginjak trimester pertama. Nah disinilah peran suami untuk selalu memperhatikan asupan makanan pada istri. Selalu ingatkan istri untuk mengkonsumsi makanan sehat yang memiliki gizi yang cukup untuk kesehatan ibu dan janin. Ingatkan pula istri untuk melakukan pola hidup sehat dan menghindari berbagai macam kegiatan yang dapat membahayakan kandungannya.

Namun selain dari sisi istri, suami juga memiliki pengaruh bagi kesehatan istri hal yang paling sering adalah kebiasaan merokok, biasanya suami terkesan acuh jika merokok di depan istrinya yang sedang hamil padahal asap rokok tersebut dapat membahayakan kandungan istri anda. jadi mulailah kurangi atau bahkan hindari kebiasaan merokok anda mulai dari sekarang.

Cara Menjaga Kehamilan Trimester Pertama
Cara Menjaga Kehamilan Trimester Ketiga
Keluhan-keluhan Ibu Hamil Yang Harus Diwaspadai
Pengertian dan Cara Mengatasi Baby Blues Syndrome

Bagaimanapun juga kehamilan dapat terjadi karena adanya kontak suami istri sehingga peran suami pada masa kehamilan istri sangat penting. Demikian semoga bermanfaat bagi pembaca uraian Sehat.




Artikel ini memuat topik:
suami kurang perhatian saat istri hamil ; peran suami saat istri hamil ; stres saat hamil karena suami ; suami tidak perhatian saat istri hamil ; istri hamil ; yang dibutuhkan ibu hamil dari suami ; perhatian untuk ibu hamil ; Istri lagi hamil butuh perhatian lebih ;