Penyebab Tenggorokan sakit sesudah Bangun tidur

Tenggorokan terasa sakit setelah bangun tidur, kenapa bisa terjadi dan apa penyebabnya? Mari kita temukan jawabannya di artikel Uraian Sehat kali ini. Apabila Anda sedang mengalami rasa sakit di tenggorokan tepat sesudah bangun tidur di pagi hari, maka terdapat beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan. Hal-hal tersebut harus Anda lakukan untuk menyembuhkan gangguan ini. Selain itu, Anda juga sebaiknya mengetahui apa sebenarnya penyebab terjadinya sakit tenggorokan tersebut. Sehingga ketika Anda sudah sembuh maka Anda tidak akan mengalami masalah yang serupa lagi.

sakit-tenggorokan

Sakit Tenggorokan

Penyebab Tenggorokan Sakit Sesudah Bangun Tidur

a. Tenggorokan Kering

Kekeringan pada tenggorokan merupakan penyebab yang paling sering terjadi. Jika tenggorokan kering, maka sesudah bangun tidur tenggorokan Anda akan terasa sakit atau paling tidak terasa tak enak. Alasan mengapa tenggorokan dapat menjadi kering, padahal tepat sebelum tidur saat malam harinya, tenggorokan Anda tak apa-apa, yaitu karena posisi mulut terbuka ketika Anda sedang tidur. Mungkin Anda tidak menyadarinya, karena otak Anda sedang tidak sadar ketika sedang terlelap. Tidak sedikit orang yang posisi mulutnya terbuka ketika sedang tidur, jadi Anda tak sendiri, jika memang ini yang terjadi pada Anda juga.

Apabila posisi mulut terbuka saat sedang tidur, maka Anda bernafas melalui mulut dan bukan melalui hidung. Kondisi inilah yang menyebabkan tenggorokan kering pada waktu pagi hari ketika Anda baru bangun. Apalagi jika kotoran dan debu ikut terbawa saat bernafas, khususnya ketika lingkungan tempat Anda tidur itu jarang dibersihkan.

b. Penyakit Sinusitis

Penyakit yang bisa mengakibatkan sakit tenggorokan waktu bangun di pagi hari adalah penyakit Sinusitis. Penyakit ini mengakibatkan terjadinya iritasi, dan iritasi inilah yang mengakibatkan rasa sakit tersebut. Jika ini penyebabnya, maka Anda harus segera menyembuhkan penyakit Sinusitis tersebut. Ada beberapa metode yang bisa digunakan oleh dokter THT untuk mengobati Sinusitis.

c. Pengaruh cuaca

Selain sinus, ternyata cuaca juga berpengaruh. Jika Anda sebelumnya belum pernah pergi ke tempat berudara dingin, dan tiba-tiba ke tempat seperti itu, Anda akan merasakan tenggorokan yang sakit. Khususnya ketika bangun pagi. Itu karena tempat dengan udara dingin menyebabkan tenggorokan menjadi kering. Apalagi suhu pada malam hari akan membuat cuaca semakin dingin, dan resiko tenggorokan menjadi kering akan semakin besar. Hujan deras juga ikut mempengaruhi, karena suhu udara akan semakin dingin. Begitu pula dengan cuaca yang kering, itu mengakibatkan udara menjadi lembab, serta tenggorokan menjadi kering.

Cara mengobati Tenggorokan Sakit Melalui Obat Alami

Di atas merupakan beberapa penyebab mengapa tenggorokan dapat terasa sakit ketika baru bangun tidur. Anda juga perlu tahu bagaimana cara mengobatinya. Cara ini dapat digunakan, khususnya jika Anda tak mengalami penyakit yang flu maupun sinusitis, melainkan hanya karena gaya tidur yang tak bagus saja. Cara ini cukup mudah untuk dicoba dan Anda praktekkan. Sesudah bangun pagi, Anda dapat minum satu gelas air hangat, minumlah dengan perlahan, tak usah terburu-buru. (Baca : Mengobati Tenggorokan Berdahak dan Gatal)

Anda juga bisa meminum teh hangat dicampur madu, madu bisa memberikan Anda energi untuk beraktivitas seharian. Selain itu jangan lupa cobalah berkumur dengan memakai air garam yang hangat. Tunggulah 15 menitan, dijamin tenggorokan Anda sudah tak terasa sakit dan kembali sehat seperti semula. Anda pun siap beraktivitas kembali. Ulangi lagi keesokan harinya. Sekian artikel penyebab tenggorokan sakit sesudah bangun tidur, semoga bermanfaat bagi pembaca setia Uraian Sehat.




Artikel ini memuat topik:
bangun tidur tenggorokan sakit ; tenggorokan sakit saat bangun tidur ; tenggorokan kering saat bangun tidur ; sakit tenggorokan saat bangun tidur ; penyebab tenggorokan kering saat bangun tidur ; Bangun tidur sakit tenggorokan ; bangun tidur tenggorokan kering ; setiap bangun tidur tenggorokan sakit ;