Penyebab Sakit Punggung

Sakit punggung adalah nyeri/kekakuan yang bisa dirasakan oleh tulang belakang si penderitanya, mulai dari dasar leher sampai ke bawah tulang ekor. Gejala sakit punggung dapat rasa sakit yang muncul dan hilang beberapa waktu atau bahkan memburuk hingga malam. Pada umumnya penyebab sakit punggung yakni posisi postur tubuh yang tidak tepat saat duduk, berdiri, atau membungkuk. Nyeri punggung juga dapat terjadi jika anda mengangkat benda terlalu berat dengan posisi cara mengangkat barang yang tidak tepat.

Sakit pungung yang bukan disebabkan karena sesuatu yang serius dapat diatasi hanya dengan aktif bergerak dan makan obat pereda saki punggung. Tetapi pada beberapa kasus, penderita nyeri punggung dapat tersiksa karena rasa sakit yang tak tertahankan. Hal ini tentu saja mengganggu aktivitas kehidupan sehari-hari.

Sakit punggung kerap dialami oleh golongan orang lanjut usia (lansia). Hasil penelitian Community Oriented Program for Control of Rheumatic Disease (COPORD ) di Indonesia menemukan fakta bahwa prevalensi nyeri punggung yaitu 13.6 persen pada populasi wanita dan 18.2 persen pada populasi pria. Insiden keluhan nyeri punggung berdasarkan data kunjungan pasien ke beberapa rumah sakit di Indonesia sekitar 3-17 persen.

Sedangkan data dari National Safety Council menunjukkan bahwa sekitar 22 persen dari total 1.700.000 kondisi sakit akibat kerja adalah berupa keluhan nyeri punggung.

Penyebab Sakit Punggung

Penyebab Sakit Punggung

Sakit punggung bagian bawah adalah jenis yang paling banyak terjadi. Penelitian Hoy dkk dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health menunjukkan bahwa perempuan berusia 40-80 tahun banyak menderita nyeri punggung bagian bawah.

Meskipun demikian, nyeri punggung lainnya dapat dirasakan di sepanjang tulang belakang, mulai dari leher hingga panggul. Berikut jenis-jenis nyeri punggung berdasarkan faktor penyebab dan area lokasinya.

  • Frozen shoulder, yaitu kemunculan sakit dan kaku pada bagian leher.
  • Skiatika, yaitu nyeri karena faktor iritasi dan tekanan pada saraf skiatik yang dimulai di bagian punggung bawah yang meluas melalui pantat dan bagian tungkai kaki dan turun ke kaki.
  • Whiplash, yaitu cedera leher karena terjadinya benturan secara tiba-tiba.
  • Ankylosing spondylitis, yaitu peradangan kronis yang berpengaruh terhadap tulang belakang, tepatnya di bagian area pertemuan antara tulang belakang dan panggul (pelvis).
  • Slipped disc, terjadi saat cakram sendi tulang punggung rusak dan akhirnya menekan lokasi saraf yang ada di dekatnya.
  • Nyeri punggung yang tidak ada sebab spesifik atau tidak diketahui. Beberapa kondisi medis diduga turut menjadi penyebab nyeri punggung, yakni penyakit arthritis.

Cara Menghilangkan Sakit Punggung

Ada beberapa cara mengatasi nyeri punggung yang dapat anda lakukan agar rasa sakit tidak terlalu lama.

  • Tetap aktif bergerak. Sebelumnya ada pandangan bahwa istirahat dianggap sebagai solusi mengatasi sakit punggung. Tapi sekarang pandangan tersebut kurang tepat karena tubuh yang tidak aktif bergerak dalam jangka panjang justru berakibat buruk.
  • Berpikir positif, tenang, dan ambil relaksasi dapat mengurangi otot tegang sehingga membantu meredakan nyeri punggung. Penderita yang mampu positif thinking juga terbukti lebih cepat sembuh daripada penderita yang selalu cemas terhadap penyakitnya.
  • Terapi manual dengan cara kompres panas/dingin untuk membantu mengatasi nyeri. Bentuk pengobatan nyeri punggung lainnya dapat berupa fisioterapi.

Penyembuhan nyeri punggung kronis dapat berupa kombinasi obat pereda sakit punggung dan salah satu terapi manual, akunpunktur, dan mengikuti kelas-kelas latihan fisik.

Sangat sedikit kasus yang mengharuskan operasi tulang belakang karena operasi ini hanya dilakukan jika semua cara tersebut diatas tidak berhasil dan rasa sakit terus berkepanjangan.

Agar terhindar dari sakit punggung maka postur tubuh harus dijaga dalam setiap aktivitas. Hindari tekanan berlebih yang dapat menyebabkan cedera punggung. Beberapa jenis olahraga disinyalir dapat mencegah sakit punggung sekaligus meningkatkan fleksibilitas otot punggung agar tidak kaku.

Baca juga uraian sehat berikut:

Demikian penjelasan tentang penyebab sakit punggung. Jika keluhan nyeri punggung anda tidak juga mereda, maka anda perlu periksa ke dokter agar dapat diagnosis. Setelah didiagnosa maka akan diketahui apa penyebab dan bagaimana cara mengobati sakit punggung anda.




Artikel ini memuat topik:
boyokkan seperti apa ; punggung ;