Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah Kiri dan Kanan

Selama hidup seseorang pasti akan mengalami sakit perut dari mulai sakit perut ringan hingga berat. Sakit perut ini akan sering terjadi manakala ada problem kesehatan yang terjadi dalam tubuh kita namun biasanya tidak akan terus-menerus. Untuk waktu terjadinya, anda dapat merasakan sakit perut dengan waktu sebentar atau sakit perut dengan waktu yang lama. Sakit perut itu sendiri dapat menyerang berbagai bagian antara lain : sakit perut bagian atas, sakit perut bagian bawah, sakit perut bagian kiri dan sakit perut bagian kanan. Ketika anda mengalami sakit perut yang memiliki jangka waktu lama, lebih baik anda langsung konsultasi dokter. Jika sakit perut yang anda alami juga disertai dengan hal-hal yang mengkhawatirkan langsung saja cari bantuan medis. Mengingat pentingnya topik ini maka dalam artikel kesehatan kali ini akan dibahas penyebab sakit perut bawah kiri dan kanan.

sakit-perut-bawah

Sakit Perut Bawah

Sakit perut dapat menimpa beberapa bagian perut, salah satunya sakit perut bagian bawah. Sakit perut ini dibedakan menjadi dua bagian yaitu sakit perut bagian bawah sebelah kiri dan kanan. Sakit perut sebelah kiri bawa ini antara wanita dan pria memiliki perbedaan. Hal Ini dikarenakan pria sisi perut bawah kiri terdapat usus, sedangkan pada wanita terdapat saluran telur, rahim, organ alat kelamin dan kantung telur. Biasanya sakit perut bawah sebelah kiri dirasakan dari bagian pusar ke bawah. Penyebab sakit perut bagian bawah sebelah kiri ini dapat terjadi karena beberapa penyakit yakni tuba falopi yang terinfeksi, kehamilan di luar rahim (kehamilan ektopik), infeksi saluran kemih, colitis ulseratif, batu ginjal, hernia, crohn, endometriosis pada saat menstruasi dan juga diverticulitis.

Sakit perut bagian bawah sebelah kiri dapat anda cegah dengan berhenti dari kebiasaan merokok, jangan terlalu sering mengonsumsi makanan junk food (cepat saji), memperbanyak konsumsi makanan yang sehat dan teratur, beristirahat yang cukup, rutin berolahraga dan minum air putih delapan gelas setiap hari. Selain itu, untuk pencegahan dari sakit perut bagian bawah sebelah kiri anda dapat melakukan check up rutin 6 bulan sekali. Jika anda mengalami sedikit nyeri di bagain bawah perut sebelah kiri langsung saja hubungi dokter agar lebih cepat tertangani dengan baik.

Selain sakit perut sebelah kiri bawah ada juga sakit perut sebelah kanan bawah. Sakit perut bagian bawah sebelah kanan ini dapat menjadi sebuah penyebb dari beberapa penyakit seperti peradangan pada saluran empedu, kanker pada kandung empedu, usus buntu, diverkulitis, hepatitis, gastritis, batu empedu, obstruksi usus, batu ginjal, infeksi pada ginjal, kanker ginjal, kanker hati, kanker pancreas, radang pada pancreas, adanya peradangan di daerah sekitar jantung, radang paru-paru, radang selaput dada, aliran darah ke arah paru-paru hilang, ulkus peptikum, pancreatitis.

Kebanyakan sakit perut sebelah kanan bawah menandakan anda menderita usus buntu. Untuk penderita usus buntu selain rasa nyeri pada perut juga akan merasakan mual hingga muntah, badan membungkuk dan juga diare. Untuk mencegah datangnya sakit ini anda dapat mencegah dengan hal-hal seperti halnya cara mencegah sakit perut bagian bawah sebelah kiri. Selain itu lakukan check up secara rutin untuk antisipasi dini terhadap penyakit sehingga penyakit anda bisa tertangani lebih dini oleh dokter.

Demikian beberapa penyebab sakit perut bagian bawah kiri dan kanan yang harus anda ketahui. Semoga melalui artikel uraian sehat kali ini dapat bermanfaat bagi pembaca.




Artikel ini memuat topik:
sakit perut bagian bawah ; nyeri perut bawah ; sakit perut bawah ; sakit dibawah perut ; nyeri perut bagian bawah ; perut bawah sakit ; sakit parindikan ; sakit perut kiri dan kanan ;