Penyebab Sakit Perut Bagian Atas Yang Harus Diwaspadai

Apa yang menjadi penyebab sakit perut bagian atas? Sebagian masyarakat mungkin pernah mengalami sakit perut atas ini. Penyakit ini timbul karena terdapat masalah kesehatan pada penderitanya.

sakit-perut-atas1

Sakit Perut Bagian Atas

Penyebab Sakit Perut Bagian Atas

Gaya hidup merupakan faktor utama penyebab sakit perut bagian atas terjadi. Banyak orang merasa sakit perut setelah makan dan merasakan ketidaknyamanan oleh karena adanya kram dan rasa terbakar yang biasanya terjadi pada sakit perut bagian atas. Sakit perut bagian atas juga dapat di sebabkan oleh beberapa penyakit yang ada di daerah perut bagian atas antara lain esofagitis, stenosis pylorus, batu empedu, asam lambung, olahraga yang dilakukan setelah makan, maag atau radang lambung, ulkus lambung, pneumonia, kandidiasis, dan infeksi saluran kemih. Rasa sakit ini akan sangat menyiksa penderitanya, sehingga tidak dapat beraktivitas sebagai mana mestinya.

Sakit perut atas biasanya di ikuti dengan mual. Mual ini menjadi gejala sakit perut bagian atas yang paling mencolok. Sakit perut yang terjadi setelah makan berupa kram pada perut dapat di sebabkan oleh pancreatitis. Selain pancreatitis, sakit perut bagian atas juga dapat di sebabkan oleh penyakit jantung, keracunan makanan, diabetes, diverticulitis dan juga usus yang tersumbat. Selain itu jika saat mengunyah makanan tidak benar dan kurang mengonsumsi air putih juga dapat menyebabkan sakit perut bagian atas. Salah satu penyakit yang diakibatkan dari sakit perut bagian atas adalah diare. Jika kram perut anda diamkan akan menyebabkan flu pada perut.

Bagi ibu hamil yang mengalami sakit perut bagian atas berupa kram perut itu tidak boleh diabaikan karena dapat menyebabkan gangguan pada janin. Beberapa penyebab sakit perut bagian atas pada wanita hamil antara lain preeklamsia karena adanya tekanan darah tinggi pada saat masa kehamilan, jumlah trombosit yang menurun, pencernaan terganggu san gat parah, saat masa kehamilan mengalami sembelit, infeksi pada saluran kemih dan infeksi pada ginjal pada masa kehamilan, perkembangan janin yang menyebabkan tulang rusuk mengalami perluasan. Oleh karena itu disarankan agar para ibu hamil mampu menjaga pola makan sehat mereka yaitu dengan memperhatikan makanan yang mengandung banyak nutrisi kalium, vitamin dan kalsium. Kandungan nutrisi tersebut mampu mempercepat metabolism tubuh, tulang menjadi lebih kuat, dan sistem kekebalan tubuh juga meningkat.

Untuk sakit perut bagian kiri atas dapat di sebabkan karena beberapa penyakit seperti batu ginjal, infeksi ginjal, cedera, robeknya usus besar, mengerasnya tinja, gastritis, pancreas mengalami peradangan, serangan jantung, pneumonia, kanker dan juga diverticulitis. Jika anda mengalami sakit perut ini maka harus langsung konsultasi ke dokter agar dapat langsung mendapatkan pengobatan sehingga rasa sakitnya tidak semakin berlanjut dan semakin parah.

Baca juga :

Demikian uraian sehat mengenai penyebab sakit perut bagian atas.




Artikel ini memuat topik:
sakit perut bagian atas ; sakit perut bagian atas saat hamil ; sakit perut bagian tengah atas ; sakit perut atas ; sakit perut bagian tengah atas pusar ; kram perut bagian atas ; perut bagian atas sakit ; sakit perut bagian tengah ;

Terkait