12 Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Penyebab rambut rontok berlebihan dan semakin menipis. Rambut rontok merupakan masalah yang harus diketahui penyebabnya, karena rambut adalah mahkota wanita maupun pria. Beberapa kebiasaan mungkin tanpa sadari anda lakukan yang justru karena hal itulah maka rambut anda menjadi rontok dan menipis.

Masalah kerontokan rambut dan penipisan rambut menjadi salah satu isu penting yang dialami banyak orang. Selain melakukan cara pencegahan, hal yang tidak kalah penting adalah anda harus tahu apa penyebab rambut rontok. Dengan begitu, tindakan preventif supaya rambut sehat berkilau dapat dilakukan.

Penyebab Rambut Rontok

Rambut rontok tidak mempengaruhi kesehatan, namun masalah ini akan mengurangi kepercayaan diri seseorang. Apa penyebab rambut rontok ? Berikut ini penyebab rambut rontok yang perlu anda ketahui :

rambut-rontok

1. Genetik

Faktor genetik atau keturunan mempengaruhi kesehatan rambut anda. Jika orang tua anda memiliki riwayat rambut rontok dan botak maka penyebab rambut rontok anda boleh jadi karena faktor genetik.

2. Diet

Diet bisa mempengaruhi kesehatan rambut anda. Ketika respon lapar terjadi, maka tubuh akan mengarahkan energi yang tersimpan untuk fungsi lain misalnya membantu kinerja otot dan otak. Jika seseorang melakukan diet tidak sehat akan mempengaruhi kebutuhan nutrisi rambut anda. Oleh sebab itu, agar rambut sehat konsumsilah makanan berprotein namun rendah lemak seperti ikan, ayam, dan kacang-kacangan. Fungsi protein untuk rambut yaitu membuat rambut sehat berkilau.

3. Mandi Air Panas

Mandi menggunakan air panas bisa menyebabkan rambut kering, rapuh, mudah patah, dan menyebabkan rambut rontok. Air panas menyebabkan akar rambut menjadi rusak sehingga rentan mengalami masalah kerontokan rambut. Oleh sebab itu lebih baik gunakan air dingin kala membilas rambut kesayangan anda.

4. Terpapar Cahaya Matahari

Sinar UV dapat mengurangi elastisitas rambut seseorang. Lapisan kutikula rambut akan mengalami pelemahan jika terlalu lama terkena sinar matahari. Dampak sinar UV adalah rambut rapuh dan mudah rontok. Oleh sebab itu, gunakan pelindung seperti payung atau topi agar rambut anda tidak terkena sinar UV terlalu lama disiang hari. Untuk menjaga kesehatan rambut, anda bisa memakai kondisioner rambut supaya efek sinar UV terminimalisir.

5. Kebiasaan mengeringkan rambut

Kebiasaan memakai handuk dalam mengeringkan rambut secara terburu-buru dapat membuat kutikula pelindung rambut menjadi terangkat. Cara mengeringkan rambut yang baik adalah keringkan rambut basah dengan lembut dan tidak terburu-buru.

6. Ikat Rambut Kencang

Penyebab rambut rontok bisa disebabkan oleh terlalu kencangnya ikat rambut yang anda kenakan. Mengikat rambut terlalu kencang menyebabkan folikel rambut menjadi rusak. Jika folikel rambut rusak permananen maka tidak mungkin rambut tumbuh lagi. Oleh karena itu, jika anda ingin menggunakan ikat rambut disarankan untuk mengendurkan ikatan dan tarik dengan lembut ketika mengikat rambut.

7. Shampo

Penggunaan shampo sebetulnya diperbolehkan. Namun pastikan untuk menggunakan shampo dengan bahan kimia yang sedikit. Gunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut anda, apakah rambut berminyak, rambut kering, atau rambut normal.

8. Stres

Stres dapat mempengaruhi kesehatan rambut anda. Akan banyak gangguan fungsi tubuh terjadi pada anda bilamana sedang stres.

9. Kehamilan

Kondisi kehamilan mempengaruhi perubahan hormon tubuh sehingga mempengaruhi tekanan fisik dan mental. Apabila ibu hamil mengalami keluhan kehamilan yang membuat dia stres maka pertumbuhan rambut pada masa kehamilan menjadi ikut terpengaruh. Namun anda tidak perlu khawatir, kondisi ini hanya sementara. Melalui perawatan yang baik maka pertumbuhan rambut akan kembali normal pasca persalinan.

10. Trikotilomania

Kondisi ini biasanya terjadi karena kebiasaan mencabuti rambut. Padahal mencabuti rambut dapat menyebabkan kulit kepala menjadi pitak. Untuk memelihara kesehatan rambut, jangan biasakan mencabut rambut kepala agar tidak menjadi penyebab rambut rontok.

11. Menopouse

Menopouse membuat ketidakseimbangan hormon tubuh. Selain itu, stres dan rasa lelah bisa menjadi penyebab rambut rontok. Untuk mengatasi rambut rontok pada masa menopouse yaitu dengan menjaga keseimbangan hormon esterogen.

12. Tiroid

Tiroid dapat menjadi penyebab rambut rontok. Ketidakseimbangan hormon tiroid dapat menyebabkan masalah kerontokan pada rambut anda. Baik penurunan maupun peningkatan tiroid sama-sama dapat menyebabkan rambut rontok.

Demikian info kesehatan mengenai penyebab rambut rontok berlebihan. Semoga bermanfaat bagi pembaca UraianSehat.com. Pastikan anda menghindari penyebab yang membuat rambut menjadi rontok dan lakukan pola hidup sehat untuk mendapatkan rambut sehat berkilau. Jika anda sudah terlanjur memiliki rambut rontok baca cara mengatasi rambut rontok