Penyebab Radang Tenggorokan

Penyebab radang tenggorokan dalam medis. Pengertian Radang tenggorokan dalam istilah kedokteran yaitu faringitis. Faringitis adalah kondisi peradangan pada bagian belakang tenggorokan (faring). Radang ini dapat terjadi pada sebagian maupun semua bagian tenggorokan. Anda bisa mengalami radang tenggorokan pada bagian sepertiga belakang lidah, langit-langit mulut belakang (soft palate / palatum molle), amandel (tonsil). Ketika bagian-bagian tersebut bermasalah, maka akan dapat menyebabkan sakit tenggorokan, sakit menelan makanan, dan bahkan menelan ludah sendiripun sulit.

Penyebab radang tenggorokan ada dua yaitu penyebab karena infeksi dan non infeksi. Penyebab infeksi terjadi karena virus dan bakteri. Sedangkan penyebab non infeksi terjadi karena iritan, alergi, GERD, dan tuomor.

Penyebab Radang Tenggorokan

radang-tenggorokan

1. Infeksi

Penyebab radang tenggorokan karena infeksi virus meliputi :

  • Virus influenza
  • Virus penyebab pilek atau selesma (common cold).
  • Virus Cacar Air.
  • Virus Campak.
  • Virus Mononucleosis (mono).
  • Virus Croup.

Sedangkan penyebab radang tenggorokan karena infeksi bakteri meliputi :

  • Bakteri streptococcus pyogenes, yang menyebabkan penyakit streptococcus Grup A.
  • Bakteri Corynebacterium Diphteriae yang menyebabkan penyakit difteri yaitu penyakit pernapasan yang sering dialami oleh masyarakat di negara berkembang.

2. Non Infeksi

Penyebab radang tenggorokan karena non infeksi yaitu :

a). Alergi

Radang tenggorokan dapat disebab oleh alergi bulu kucing, alergi debu, alergi jamur. Jika anda memiliki alergi tersebut, maka sebisa mungkin menghindari salah satu faktor penyebab radang tenggorokan ini.

b). Makanan

Makanan penyebab radang tenggorokan yang harus anda hindari yaitu makanan gorengan, keripik, makanan pedas, snack jajanan anak, dan minuman alkohol. Hindari makanan tersebut agar radang tenggorokan cepat sembuh.

c). Polusi

Polusi udara dan asap rokok bisa menjadi salah satu penyebab radang tenggorokan. Untuk itu pastikan kondisi rumah anda bebas dari polusi. Gunakan masker atau kain penutup hidung saat anda mengendarai motor di jalan.

d). GARD

Gastroesophageal Reflux Disease (GARD) adalah gangguan sistem pencernaan dimana asam lambung atau isi lainnya dari lambung kembali ke esofagus. Karena isi lambung tersebut asam maka dapat membuat iritasi yang pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit radang tenggorokan. Gejala radang tenggorokan karena GERD yaitu suara serak, perut mulas, muntah, dan terasa seperti ada benjolan di tenggorokan.

e). Tumor

Radang tenggorokan yang disebabkan tumor termasuk jarang. Namun, tumor pada tenggorokan, lidah, pita suara dapat menyebabkan penyakit ini. Tanda-tanda radang tenggorokan yang disebabkan oleh tumor antara lain : kesulitan menelan, suara serak, nafas berisik, benjolan leher, dan ketika batuk terdapat darah pada air ludah dan dahak.

Baca juga: obat antibiotik untuk radang tenggorokan

Itulah penyebab radang tenggorokan yang mungkin kini sedang anda alami. Untuk mengobati radang tenggokan maka terlebih dahulu anda mesti menghindari faktor penyebab penyakit radang tenggorokan sehingga pengobatan anda berjalan optimal dan cepat sembuh.