Penyebab Penyakit Liver Perlu Diwaspadai Karena Dapat Menular

Penyebab penyakit liver perlu diwaspadai karena penyakit ini dapat menular. Penyakit hepatitis atau yang lebih dikenal sebagai penyakit liver adalah penyakit yang terjadi akibat peradangan pada hati. Liver merupakan salah satu organ tubuh yang bekerja sangat penting bagi tubuh. Peran liver atau hati yaitu sebagai alat ekskresi manusia yang membantu fungsi ginjal dalam memecah senyawa-senyawa yang ada pada tubuh yang bersifat racun. Selain itu, liver juga merupakan organ tubuh yang menghasilkan amonia, urin, dan asam urat. Racun yang ada dalam tubuh dipecah oleh liver kemudian hasilnya dikeluarkan lewat empedu dan feses atau yang sering disebut sebagai proses detoksifikasi. Karena itulah penyakit liver sangat berbahaya dan harus diwaspadai dan ditangani dengan cepat

Gangguan pada fungsi liver dapat menyebabkan fungsi tubuh terganggu. Penyebab penyakit liver perlu diketahui karena penyakit ini tergolong penyakit berbahaya.

penyebab-penyakit-liver

Apakah penyakit liver menular dan bisa menyebar pada orang lain? Penyakit liver memang dapat menular. Dan cara penularan penyakit liver bisa terjadi melalui berbagai cara.

Ada beberapa jenis penyakit liver, antara lain adalah penyakit hepatitis yang disebabkan virus hepatitis A, hepatitis B dan hepatitis C. Dari ketiga jenis virus hepatitis tersebut semuanya dapat menular dari satu orang ke orang lain dengan sangat mudah. Bahkan para ahli kesehatan menyatakan bahwa virus hepatitis B dan C lebih mudah menular dibanding virus HIV AIDS.

Baik virus hepatitis B maupun hepatitis C adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Oleh karena itu, orang yang terinfeksi virus hepatitis B maupun hepatitis C akan rentan sakit. Agar penyakit liver tidak mudah menular, Anda harus mengetahui penyebab penyakit liver. Meskipun begitu, ada juga penyakit liver yang tidak disebabkan oleh virus. Misalnya penyakit liver karena keracunan atau akibat alkohol. Kedua jenis penyakit liver ini bukan merupakan penyakit yang menular karena tidak disebabkan oleh virus.

Setelah Anda mengetahui jawaban apakah penyakit liver menular atau tidak, Anda harus mengetahui beberapa penyebab yang memicu penyakit liver. Sehingga Anda tahu apakah penyakit liver yang diderita termasuk liver yang menular atau bukan.

Penyebab sakit liver adalah virus, makanan beracun, bakteri dan alkohol. Terjadinya penyakit liver karena sebab tersebut bisa melalui makanan, minuman yang dikonsumsi akibat tidak melalui proses memasak yang baik atau karena memang tercemar racun. Oleh sebab itu, ada pantangan makanan bagi penderita penyakit liver.

Kini Anda telah mengetahui apa penyebab penyakit liver atau hati. Anda juga kini sudah tahu apakah penyakit ini menular atau tidak. Penyakit liver ada yang bisa menular dan ada yang tidak tergantung dari penyebabnya. Dengan mengetahui apa yang menjadi penyebab liver maka akan membuat kita lebih waspada. Demikian penjelasan uraian sehat tentang penyebab penyakit liver. Semoga bermanfaat bagi Anda.