Penyebab Penyakit Bisul di Kulit Kaki, Wajah, Ketiak, Pantat

Penyebab penyakit bisul di kulit kaki, wajah, ketiak, pantat. Bisul atau abscessus adalah sekelompok nanah mati yang sudah terakumulasi di dalam rongga jaringan akibat terjadinya infeksi oleh bakteri, parasit, atau benda asing seperti luka tikaman/tembakan. Sebenarnya bisul adalah bentuk imunitas dari jaringan kulit untuk menghindari menyebarnya luka. Gejala bisul yang terlihat yaitu benjolan kecil di permukaan kulit dan berwarna kemerahan dengan rasa sakit yang berbeda untuk setiap bisul yang ada.

Penyebab Penyakit Bisul

Pertanyaan yang kini muncul, apa penyebab bisul? Beberapa penyebab penyakit bisul antara lain :

Bakteri, Parasit, Benda asing

Penyebab bisul berawal ketika bakteri Staphylococcus aureus dan staphylococcus membuat infeksi dan menyerang folikel rambut melalui kulit. Selain kedua bakteri tersebut, Parasit dan benda asing juga bisa menjadi penyebab bisul dengan dimana kehadirannya dapat mematikan sel-sel sekitarnya, mengakibatkan keluarnya racun. Racun tersebut menjadi penyebab radang, sel darah putih mengaliran kearah lokasi tersebut sehingga meningkatkan aliran darah di lokasi tersebut.

bisul-akibat-infeksi-bakteri

Kelenjar Minyak Tersumbat

Lokasi bisul di wajah ini mucncul karena faktor tersumbatnya kelenjar minyak.

Radang Kelenjar Minyak

Radang kelenjar minyak bisa menjadi salah satu faktor penyebab bisul yang biasanya terjadi di pangkal paha dan ketiak.

Iritasi Kulit

Bilamana kita terlalu sering duduk didepan komputer maka akan terjadi iritasi kulit akibat tekanan terus-menerus yang pada akhirnya bisa menjadi penyebab bisul di pantat (bokong).

Pola hidup

Pola hidup tidak sehat berupa jarang membersihkan kulit dapat menjadi penyebab bisul karena kulit yang kotor menjadi rentan bakteri dan kuman. Apabila kondisi kulit sedang luka dan sistem imunitas tubuh sedang lemah, maka bisul dapat muncul lokasi area kulit tersebut.

Daya tahan tubuh lemah

Sistem imunitas tubuh yang lemah membuat parasit mudah menyerang jaringan kulit dan menjadi penyebab bisul di kulit wajah, ketiak, kaki, dan paha. Untuk menjaga imunitas tubuh, lakukan pola hidup sehat, rajin olah raga, dan jauhi stres.

Perbedaan Bisul dan empyema perlu diketahui oleh pembaca. Empyema merupakan akumulasi nanah dalam kavitas yang secara normal sudah ada sebelumnya. Sedangkan bisul merujuk pada akumulasi nanah dalam kavitas yang baru terbentuk melalui proses terjadinya bisul.

Demikian info kesehatan tentang penyebab penyakit bisul. Bilamana anda sedang bisulan jangan menekannya karena dapat menyebabkan terjadinya peradangan dan infeksi kulit. Baca informasi tentang obat tradisional bisul.




Artikel ini memuat topik:
Bisul di kaki ; bisul di pantat ; parasit di pantat ; penyebab penyakit bisul ; racun yang membuat bisul ; sebab sebab bisul terjadi ;