Penyebab Pengapuran Sendi (Osteoarthritis)

Penyebab Pengapuran Sendi (osteoarthritis). Istilah penyakit pengapuran tulang di kalangan masyarakat sangatlah populer, namun masih ada sebagian kalangan mempunyai pemahaman yang keliru tentang penyakit ini. Masih banyak masyarakat yang menganggap penyakit pengapuran tulang adalah penyakit yang diakibatkan karena kurangnya zat besi. Penyakit pengapuran sendi atau yang di dalam medis disebut dengan istilah osteoarthritis, juga sering oleh masyarakat umum disebut sebagai penyakit pengeroposan tulang atau yang dikenal dengan istilah osteoporosis. Kedua penyakit ini memiliki kemiripan yaitu sama-sama menyerang orang yang sudah berusia lanjut. Padahal secara medis penyakit tersebut berbeda.

Penyebab Pengapuran Sendi

pengapuran-sendi-ct

Gambar Pengapuran Sendi (@abc)

Pengapuran Sendi VS Osteoporosis

Perbedaan pengapuran sendi dengan osteoporosis terletak pada bagian tubuh yang diserangnya. Penyakit pengapuran sendi terjadi karena adanya proses penuaan (degeneratif) yang menyerang persendian yang ada pada tubuh seperti sendi-sendi penyangga berat badan. Penyakit pengapuran sendi biasanya menyerang sendi bagian lutut, panggul dan juga pergelangan kaki. Dan pada penyakit akibat osteoporosis akan menyerang tulang-tulang yang ada di dalam tubuh seperti tulang belakang dan pinggul yang mengakibatkan tulang menjadi rapuh dan beresiko mudah patah.

Osteoarthritis atau pengapuran sendi adalah penyakit yang terjadi pada sendi yang ditandai dengan adanya penipisan atau pengikisan tulung rawan sendi sehingga bantalan sendi makin lama akan menjadi semakin tipis yang akhirnya akan menghilang ataupun gundul sehingga sendi akan merasa nyeri saat sedang digerakkan.

Pengapuran terjadi pada hampir semua sendi, sedangkan manusia mempunyai 206 tulang dan 230 sendi. Biasanya pengapuran terjadi pada sendi-sendi yang memiliki fungsi sebagai penahan berat beban dan juga pada sendi-sendi yang sering digerakkan seperti, lutut, pinggul, tangan, kaki, punggung atau tulang belakang. Diantara sendi-sendi tersebut, sendi lutut memiliki beban kerja yang cukup berat.

Faktor Penyebab Pengapuran Sendi

Ada beberapa faktor penyebab pengapuran sendi yaitu:

  1. Pada orang tua, usia sangat mempengaruhi kerusakan pada tulang rawan sendi
  2. Infeksi pada tulang yang menyebabkan terjadinya pengapuran
  3. Trauma ataupun terjadinya kecelakaan yang merusak tulang sendi
  4. Aktifitas yang berlebihan
  5. Berat badan yang berlebih (obesitas)
  6. Terjadinya kerusakan pada tulang yang mengakibatkan tulang rawan menjadi tipis dan permukaannya menjadi tidak rata yang mengakibatkan gesekan antara tulang dengan tulang menimbulkan rasa nyeri.

Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengapuran pada sendi dapat dilakukan dengan cara pemeriksaan secara fisik secara berkala oleh dokter spesialis tulang dan juga dapat melalui foto rontgen. Dengan adanya pemeriksaan ini pasien dapat mengetahui kondisi dan memperkirakan berapa besar kerusakan yang terjadi pada sendi. Dan juga dengan mengetahui seberapa besar tingkat kerusakan pada tulang, selain itu pasien juga dapat mengatasi atau mengobati pengapuran sendi sesuai dengan seberapa besar rasa nyeri yang diderita ataupun seberapa besar kerusakan pada sendi.

Pada pasien yang mengalami nyeri sendi yang ringan dapat diberi obat-obatan penghilang rasa nyeri seperti paracetamol, namun jika nyeri yang dirasakan cukup berat sehingga mengakibatkan komplikasi dan peradangan pada rongga sendi maka pasien perlu mendapatkan penanganan yang lebih lanjut oleh dokter spesialis tulang (orthopedi). Semoga informasi penyebab pengapuran tulang di atas bisa memberikan manfaat bagi pembaca.