Penyebab Muntah Pada Anak

Seorang ibu yang baik harus tahu penyebab muntah pada anak. Muntah adalah reaksi tubuh yang mengeluarkan isi usus serta lambung berupa cairan, atau cairan yang bercampur makanan secara paksa, atau dengan tenaga yang kuat melalui mulut. Sebelum anak muntah biasanya diawali dengan rasa mual.

Pada umumnya muntah bukan sebuah penyakit, melainkan gejala atau tanda-tanda adanya penyakit. Anak yang muntah seringkali membuat ibu cemas. Jika muntah terlalu sering maka berdampak pada kehabisan cairan tubuh atau dehidrasi. Oleh sebab itu, ibu harus mengetahui apa penyebab muntah pada anak.

Penyebab Muntah Pada Anak

Berikut ini merupakan beberapa penyebab muntah pada anak yang harus anda ketahui :

penyebab-muntah-pada-anak

1. Gastroenteritis atau infeksi mikroorganisme

Infeksi Gastroenteritis yang terjadi pada sistem pencernaan sering disebut dengan istilah stomach flu. Tanda infeksi ini yaitu diare, sakit perut, dan demam.

2. Hipersensitif Saluran Cerna dan Alergi

Alergi yang terjadi akibat mengkonsumsi jenis makanan tertentu bisa juga menjadi penyebab muntah pada anak. Para penderita alergi, biasanya akan merasakan gatal di kulit, hidung, mengalami gangguan pada saluran pernapasan, lalu muntah. Pada anak yang mempunyai saluran cerna yang sangat sensitif, akan muntah ketika konsumsi makanan tertentu.

3. Keracunan Makanan

Keracunan yang terjadi akibat dari makanan akan menunjukkan berbagai gejala, salah satunya muntah. Perhatikan dengan jeli makanan yang dikonsumsi anak anda, pastikan makanan yang dikonsumsi itu terjamin kebersihan dan keamanannya, sehingga tidak menjadi penyebab muntah anak.

4. Pyloric stenosis

Pyloric stenosis merupakan penyebab muntah pada anak yang terjadi karena gangguan penyempitan pada lubang untuk keluarnya makanan kemudian menuju ke dalam usus halus. Hal ini sering dialami oleh bayi yang berdampak pada berat badannya menurun. Berat badan turun karena banyak makanan yang dimuntahkan sehingga nutrisi yang diserap tubuh menjadi sedikit.

5. Penyumbatan Pada Saluran Cerna (Obstruksi usus)

Masalah yang dialami oleh saluran pencernaan seperti terjadinya penyumbatan akan menyebabkan rasa mual dan muntah. Obstruksi usus ini membuat makanan yang dicerna mengalami hambatan, sehingga makanan akan dikeluarkan kembali melalui mulut atau muntah.

6. Gangguan Metabolisme

Gangguan metabolisme yang dialami dalam tubuh anak seperti kebanyakan kadar kalsium, penumpukan urea, hipoglikemia adrenal insufisiensi dan hiperglikemia bisa juga menjadi penyebab muntah pada anak. Berbagai masalah kesehatan ini mengakibatkan terjadinya masalah di bagian perut.

7. Kelainan Syaraf

Kelainan yang terjadi pada syaraf seperti epilepsi biasanya mendatangkan beberapa gejala. Mulai dari gejala ringan seperti muntah, sampai gejala yang berat.

8. Demam tinggi

Ketika anak tengah mengalami panas atau demam yang tinggi karena suatu penyakit, seringkali disertai dengan gejala lainnya, yaitu seperti mual dan muntah.

Beberapa penyebab muntah pada anak lainnya yaitu batuk, cegukan, asma, langsung beraktivitas setelah makan, kelelahan, efek samping pasca operasi, mencium aroma bau yang menusuk hidung, dan terlalu banyak makan.

Itulah info kesehatan mengenai beberapa penyebab muntah pada anak yang mesti anda ketahui. Bilamana muntah terus berlanjut segera bawa anak anda pada dokter untuk mendapatkan perawatan medis.




Artikel ini memuat topik:
penyebab anak muntah saat mencium aroma yang bau ;