Penyebab Mimisan Pada Anak

Penyebab Mimisan Pada Anak perlu diketahui oleh setiap orang tua. Keluarnya darah lewat hidung atau mimisan sering dialami sebagian besar anak di dunia. Kondisi ini memang terlihat mengkhawatirkan, sehingga tak heran anda menjadi cemas ketika anak mengalami mimisan.

Sebenarnya mimisan pada anak tidak selalu menjadi tanda adanya penyakit. Mimisan terjadi karena banyak sebab, tentu anda harus mengenali faktor penyebab mimisan pada anak agar anda tetap tenang dalam menangani masalah mimisan yang terjadi pada anak.

penyebab-mimisan-pada-anak

Penyebab Mimisan Pada Anak

Seorang anak biasanya mengalami mimisan beberapa kali pada masa sebelum dewasa. Faktor yang menyebabkan anak mimisan adalah sebagai berikut :

1. Benturan Pada Hidung

Hidung yang terkena benturan benda keras akibat jatuh atau yang lainnya bisa menjadi penyebab mimisan pada anak. Atau bisa juga terjadi karena hidung yang tak sengaja terpukul dengan keras.

2. Mengorek Hidung Secara Berlebihan

Kebiasaan membersihkan bagian dalam hidung harus dilakukan secara hati-hati. Jika terlalu keras dalam melakukannya, bisa mengakibatkan hidung menjadi iritasi hingga dapat menyebabkan mimisan. Sebaiknya, jangan membiarkan anak mengorek hidungnya sendiri.

3. Hidung Kemasukan Benda Asing

Penyebab anak mimisan berikutnya yaitu hidung kemasukan benda asing. Anak yang aktif akan gemar melakukan berbagai aktivitas terutama di luar rumah. Anda perlu melakukan pengawasan, terutama ketika anak mulai senang memasukkan benda ke dalam mulut, telinga ataupun hidung. Benda kecil yang masuk ke dalam hidung bisa menimbulkan pendarahan atau mimisan akibat hidung terinfeksi.

4. Perubahan Cuaca

Cuaca yang terus mengalami perubahan bisa memunculkan berbagai reaksi pada tubuh, seperti mimisan. Perubahan kondisi udara panas ke dingin juga bisa menjadi penyebab mimisan pada anak. Misalnya saja, ketika anak bermain di luar rumah di bawah sinar matahari yang sangat terik kemudian masuk ke dalam ruangan dingin yang ber AC.

5. Adanya Penyakit Infeksi

Berbagai macam penyakit Infeksi seperti demam berdarah juga membuat sebagian anak mengalami mimisan. Selain itu, penyakit infeksi lainnya yang biasanya ditandai dengan suhu badan yang tinggi, dapat menjadi penyebab mimisan pada anak kesayangan anda.

6. Penyakit Darah

Mimisan yang dialami oleh anak juga bisa menjadi gejala adanya penyakit berbahaya, misalnya seperti leukemia atau kanker darah. Biasanya, mimisan yang dialami mungkin akan terjadi dalam jangka waktu lama, jadi tidak hanya sekali atau 2 kali terjadi. Mimisan juga bisa menandakan tubuh terjangkit penyakit Hemofilia atau darah yang dapat menjadi tidak beku.

7. Polusi

Selaput lendir yang dimiliki anak sangat rentan teriritasi bahkan robek, sebab masih tipis. Polusi udara di sekitar lingkungan akibat asap kendaraan, asap rokok, asap pabrik atau asap dari pembakaran sampah bisa menjadi salah satu penyebab mimisan pada anak. Oleh sebab itu, orang tua yang gemar merokok sebaiknya segera berhenti demi kesehatan buah hati anda.

8. Penggunaan Berbagai Jenis Obat

Pemberian obat pada anak dengan jenis tertentu bisa juga menjadi penyebab mimisan pada anak. Misalnya seperti pada jenis obat steroid yang mempunyai kinerja dalam melegakan hidung yang tersumbat. Jika sudah terjadi maka segera bawa anak anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan secara komprehensif. Dokter akan tahu bagaimana menindaklanjuti masalah anak anda.

Kenali dengan cermat penyebab mimisan pada anak, sehingga pada saatnya anak mimisan dapat dihadapi dengan tenang oleh orang tua. Yang perlu anda waspadai adalah jika mimisan anak ini jika terjadi dalam jangka waktu yang lama. Pergilah ke dokter untuk segera mendapatkan penanganan lebih lanjut dari sisi medis. Demikian artikel uraian sehat, semoga bermanfaat.