Penyebab Mata Bintitan (Timbilen)

Mata Bintitan adalah suatu kondisi ketika terjadi bintil menyakitkan yang bentuknya seperti jerawat/bisul yang muncul di tepi kelopak mata. Sebagian besar kasus mata bintitan hanya terjadi di salah satu mata. Pada umumnya bintitan atau timbilen tidak menimbulkan dampak negatif pada kemampuan indra penglihatan atau mata si penderita. Namun perlu diketahui apa penyebab mata bintitan dan seberapa bahayakah mata bintitan itu.

Biasanya bintitan terjadi di kelopak mata bagian luar, namun kadang-kadang bintitan juga bisa muncul di bagian dalam. Nah, bintil yang muncul di bagian dalam akan lebih menyakitkan dan lebih mengganggu daripada bintil di bagian luar kelopak mata.

Penyebab Mata Bintitan

Penyebab Mata Bintitan

Penyebab mata bintitan adalah bakteri stafilokokus yang biasanya hidup di kulit manusia. Resiko terkena bintitan akan meningkat jika kita menyentuh serta mengusap mata dengan tangan yang kotor. Contoh infeksi yang menyebabkan bintitan akibat bakteri adalah infeksi pada akar bulu mata, kelenjar minyak, dan kelenjar keringat.

Selain bakteri, peradangan pada kelopak mata atau blefaritis juga dapat menyebabkan terjadinya bintitan, terutama jika anda menderita peradangan kelopak mata dalam jangka waktu lama. Kondisi ini dapat disebabkan karena infeksi bakteri atau komplikasi penyakit kulit rosaseae.

Indikasi gejala mata bintitan mudah dideteksi secara fisik oleh kita. Hal ini karena orang yang sedang memiliki mata bintitan akan terlihat benjolan merah mirip bisul di kelopak mata. Gejala-gejala bintitan yaitu:

  • Mata berair dan merah.
  • Kelopak mata bengkak dan terasa nyeri.
  • Ada kotoran mata (belek) di sekitar kelopak mata.

Baca juga: obat alami mata bintitan

Hampir semua kasus sakit bintitan tidak perlu pengobatan medis, sebab sakit mata bintitan dapat sembuh dengan sendirinya. Meskipun sakit mata ini dapat sembuh sendiri, tetapi yang perlu anda ketahui adalah bahwa resiko komplikasi masih tetap ada. Oleh sebab itu, jika anda mengkhawatirkan kondisi mata anda maka segera periksa ke dokter mata, apalagi jika kondisi bintitannya tidak juga membaik setelah 2 hari dan pembengkakan menyebar hingga ke area wajah lain seperti pipi. Demikian info penyebab mata bintitan yang perlu diketahui oleh anda. Semoga lekas sembuh




Artikel ini memuat topik:
sebab mata bintitan ; penyebab timbilen ; blefaritis adalah timbilen ; mengapa bisa terjadi timbilen di mata ; penyebab bintitan ; penyebab mata b ; penyebab mata bintitan ; sebab nata bintitan ;