Penyebab Kifosis (Kelainan Tulang Bungkuk)

Penyebab Kifosis atau kelainan tulang bungkuk. Penyebab utama Kifosis adalah kondisi tubuh ketika duduk, berdiri, maupun tidur selama masa kanan-kanak. Akibat dari kebiasaan buruk tersebut maka timbullah masalah perkembangan tulang belakang yang akan dirasakan saat dewasa.

Apa itu kifosis ? Secara definisi, pengertian Kifosis adalah penyakit kelainan pada tulang belakang yang mengakibatkan tubuh melengkung ke depan atau bungkuk melebihi batas normal. Bilamana anda melihat teman atau rekan anda bungkuk atau seperti membusungkan dada dalam waktu lama, maka kemungkinan besar dia menderita kifosis. Melalui artikel kesehatan ini, akan dibahas penyebab Kifosis pada anak dan orang Dewasa

Penyebab Kifosis

Lalu apa penyebab kifosis? Penyebab kifosis tergantung pada jenisnya.

penyebab kifosis

1. Penyebab Kifosis Pada Anak-anak dan Remaja

Pada umumnya jenis kifosis pada anak-anak dan remaja yaitu kifosos postural. Kifosis Postural akan menjadi jelas saat remaja. Jenis Kifosis ini Lebih sering terjadi pada anak perempuan, meskipun anak lelaki pun bisa saja mengalaminya.

Tanda Kifosis Postural yaitu kurva ke dalam berlebihan (hyperlordosis) di tulang belakang yang lebih rendah. Gangguan Postural jarang mengakibatkan nyeri dan gangguan saat dewasa kelak. Namun pada sepertiga kasus hiperkifosis yang parah mengalami cidera patah tulang belakang. Selain itu, kifosis dapat terjadi akibat usia tua.

2. Penyebab Kifosis pada orang dewasa

Berikut penyebab kifosis pada orang dewasa:

  • Osteoporosis, adalah penyakit tulang yang memiliki sifat-sifat khusus berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang dan berisiko menyebabkan kifosis.
  • Connective tissue disorders, seperti sindrom Marfan, yang mungkin mempengaruhi kemampuan jaringan ikat untuk menahan sendi pada posisi yang benar.
  • Degenerative arthritis of the spine, yang dapat menyebabkan kerusakan pada tulang dan disk tulang belakang.
  • Ankylosing spondylitis, sebuah inflammatory arthritis yang mempengaruhi tulang belakang dan sekitar sendi.
  • Tuberkulosis dan infeksi tulang belakang lain yang dapat menyebabkan kerusakan sendi.
  • Kanker atau tumor jinak pada tulang tulang belakang sehingga memaksa keluar dari posisi.
  • Cacat lahir pada bagian tulang belakang tidak sepenuhnya.
  • Polio yang menyebabkan tulang belakang menegang dan berakhir pada kelumpuhan.

Baca juga : Jenis Penyakit Kelainan Pada Tulang

Demikian info kesehatan tentang penyebab Kifosis atau kelainan tulang bungkuk, semoga bermanfaat.




Artikel ini memuat topik:
penyebab kifosis ; kifosis ; gambar kifosis ; kifosis adalah ; penyebab penyakit kifosis ; apa penyebab nya kifosis ; penyebap kifosis ; bungkuk/ke depan ;