8 Penyebab Ketombe Berlebihan Pada Rambut

Salah satu dari 8 Penyebab ketombe berlebihan pada rambut ini mungkin saja terjadi pada anda. Ketombe atau pityriasis capitis adalah pengelupasan kulit mati di kulit kepala secara berlebihan. Jika sel-sel kulit mati yang terkelupas itu jumlahnya sedikit merupakan kejadian normal, tapi jika terjadi dalam jumlah banyak maka disebut masalah ketombe pada rambut. Kebanyakan masalah ini diatasi dengan shampo khusus ketombe.

Apa penyebab ketombe berlebihan ? Seiring dengan pertumbuhan kulit, sel-sel epidermal akan terdorong keluar, mati, dan terkelupas dari kulit kepala. Pengelupasan ini terlalu kecil untuk bisa dilihat oleh mata. Dalam kondisi tertentu, pergantian sel terlalu cepat, seperti terjadi di kulit kepala. Pada orang yang memiliki masalah rambut ketombe, sel-sel kulit mati diganti kira-kira setiap 2 minggu sekali, sedangkan bagi orang yang tidak ketombean siklus pergantian kulit 1 bulan sekali. Lalu apa penyebab ketombe?

Penyebab Ketombe Berlebihan

penyebab ketombe berlebihan

Bukan tanpa sebab ketombe bisa muncul di rambut anda. Ketahui faktor penyebab ketombe berlebihan selengkapnya berikut ini.

1). Sisa Shampo

Pastikan anda membilas sisa sampo setelah berkeramas. Sebab sisa sampo yang tidak terangkat dapat menjadi penyebab ketombe. Meskipun membuat waktu keramas lebih lama, namun hal ini lebih bijak daripada membiarkan masalah penyebab ketombe muncul pada mahkota anda.

2). Sinar Matahari di Siang Hari

Jika anda sering berada di luar rumah saat siang hari yang terik tanpa pelindung rambut, maka kepala yang kepanasan bisa menyebabkan sel kulit cepat mati dan berubah menjadi ketombe.

3). Penggunaan Hair Dryer

Penggunaan hair dryer tidak baik bagi kesehatan rambut anda. Selain membuat rambut kering, dampak hair dryer membuat kepala menjadi panas sehingga menjadi sumber penyebab rambut ketombe.

4). Stres

Dampak negatif stres selain buruk bagi kesehatan, juga memiliki efek negatif pada rambut anda. Stres dapat menjadi penyebab terjadinya ketombe.

5). Produk Perawatan Rambut

Produk rambut seperti shampo, tonik, kondisioner, dan produk kecantikan rambut lainnya mesti anda perhatikan bahan kimia dan efeknya pada kuli kepala dan rambut anda. Boleh jadi penggunaan produk tersebut semakin memperparah masalah ketombe anda.

6). Sisir Rambut

Coba anda perhatikan apakah sisir rambut anda bersih atau kotor berminyak? Penggunaan sisir yang kotor dapat membuat anda bermasalah dalam hal ketombe. Oleh sebab itu, senantiasa bersihkan sisir bilamana sudah kotor agar anda terhindar dari ketombe.

7. Waktu Keramas

Keramas dengan shampo anti ketombe setiap hari justru menjadi penyebab ketombe yang sering terjadi. Mengingat bahan kimia yang ada didalamnya, maka gunakan shampo anti ketombe 2-3 hari sekali.

8. Makanan

Makanan penyebab ketombe adalah makanan pedas, gorengan, panas, dan yang mengandung gula. Oleh sebab itu jangan makan sembarangan jika ingin terhindar dari ketombe.

Itulah faktor penyebab ketombe berlebihan pada rambut anda. Hindari hal-hal yang dapat menyebabkan ketombe diatas agar rambut bebas ketombe. Semoga info kesehatan rambut ini bermanfaat.




Tags: