Penyebab Karang Gigi dan Akibatnya Terhadap Kesehatan

Penyebab karang gigi dan akibat terhadap kesehatan perlu anda waspadai. Apa itu karang gigi? Karang gigi adalah plak gigi yang mengalami pengerasan (kalsifikasi) secara perlahan-lahan dan seiring waktu menumpuk dan melekat pada gigi. Jika sudah mengeras, karang gigi sulit dibersihkan dibandingkan dengan membersihkan plak gigi.

Plak gigi disebabkan oleh sisa makanan yang bercampur dengan air liur dan melekat pada gigi membentuk sebuah lapisan biofilm yang tipis. Plak akan cepat terjadi setelah anda tidak sikat gigi selama 1-2 hari. Plak mengandung enzim, lemak, dan protein, kalsium, dan fosfor. Untuk mengetahui apakah gigi anda memiliki plak itu mudah. Caranya : tes gerakin lidah menyapu gigi. Apakah anda merasakan lapisan tipis dengan rasa agak berbeda dengan rasa air liur anda? Jika Ya, itulah yang namanya plak gigi. Plak gigi yang tidak segera dibersihkan inilah yang dikemudian hari menjadi penyebab karang gigi.

penyebab-karang-gigi

Ilustrasi Karang Gigi (Calculus Dental)

Dalam istilah kedokteran gigi, karang gigi disebut kalkulus (Dental calculus). Karang gigi merupakan keluhan sebagian orang dewasa di seluruh dunia. Karang gigi sangat berpotensi terjadi pada orang yang tidak rajin sikat gigi. Namun bagi orang yang rajin sikat gigi pun dapat mengalami karang gigi jika cara menyikat giginya tidak benar. Sikat gigi yang tidak benar akan menyebabkan terdapat area yang tidak terjangkau sikat gigi dan akhirnya membentuk plak dan menjadi penyebab karang gigi.

Karang gigi perlu dihilangkan denganĀ  :

Jika karang gigi dibiarkan akan mengakibatkan gigi keropos. Pengeroposan gigi disebabkan bakteri yang tinggal di karang gigi mengeluarkan zat asam yang dapat merusak lapisan email (enamel). Padahal fungsi email gigi adalah mencegah gigi berlubang. Jika email gigi anda rusak maka lapisan dalam gigi menjadi tidak terlindungi dan pengeroposan pun akan terjadi.

Dampak karang gigi berikutnya yaitu bau mulut. Ya betul! Karang gigi dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap yang akan mengganggu rasa percaya diri anda sekaligus membuat lingkungan menjadi tidak nyaman karena bau mulut anda. Bau mulut disebabkan oleh bakteri yang mengeluarkan zat asam lalu bereaksi dengan sisa makanan yang ada pada sela-sela gigi yang tidak terjangkau sikat gigi.

gangivitis-periodontitis

Selain gigi keropos dan bau mulut, dampak karang gigi juga bisa menyebabkan gangivitis atau radang gusi. Jika kondisi ini terus anda biarkan maka gangivitis yang semakin parah akan menyebabkan periodontitis. Nah jika periodontitis ini tetap tidak ditangani dengan baik maka akan dapat menggangu struktur akar gigi dan tulang rahang.

Kini anda tahu penyebab karang gigi dan akibatnya terhadap kesehatan anda. Mulai sekarang perhatikan perawatan kesehatan gigi. Jika terdapat plak segera bersihkan sebelum terjadi dampak negatif seperti gangivitis, periodontitis, dan kerusakan struktur akar gigi. Untuk menambah wawasan kesehatan gigi, bacalah uraian sehat. Salam Sehat




Artikel ini memuat topik:
Keluhan karang gigi ; kenapa gigi berlubang sakit ;