Penyebab Kanker Tulang dan Cara Pengobatannya

Penyebab kanker tulang dan cara pengobatannya – Kanker tulang adalah penyakit kanker yang terjadi pada tulang. Kanker ini dapat menyerang siapa saja terutama pada anak-anak maupun usia remaja. Kanker tulang bisa terjadi pada tulang manapun di dalam tubuh, paling sering kanker tulang terjadi pada tulang belakang, lengan, maupun kaki. Biasanya penderita kanker tulang akan mengalami rasa nyeri pada tulang, pembengkakan dan rasa nyeri di area yang terkena kanker, patah tulang, rasa kelelahan, dan penurunan berat badan.

Penyebab Kanker Tulang

kanker-tulang-ct2

Gambar Perbandingan Antara Tulang Normal dan Tulang Yang Terkena Kanker (Credit to CancerAdvisor.eu )

Belum jelas penyebab kanker tulang ini. Penyakit Kanker tulang bermula karena adanya kesalahan dalam sel DNA. Sel yang tumbuh tersebut kemudian membelah secara tidak terkendali yang pada akhirnya membuat sel-sel ini hidup terus dan tidak mati pada waktu yang sudah ditetapkan. Sel-sel yang hidup ini bermutasi, berkumpul, dan membentuk sebuah massa yang biasa disebut dengan tumor. Dan tumor ini akan menyerang struktur yang ada didekatnya dan menyebar ke seluruh tubuh.(Baca juga : ciri-ciri kanker tulang).

Kanker tulang dikelompokkan menjadi dua jenis, pertama adalah kanker tulang primer dan yang kedua adalah kanker tulang sekunder. Pengertian kanker tulang primer adalah kanker yang bermula terjadi karena tulang itu sendiri. Dan kanker tulang sekunder adalah kanker yang terjadi akibat komplikasi dari kanker sebelumnya yang menyerang sel-sel tulang dan menyebabkan terjadinya kanker tulang.

Berikut ini beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab kanker tulang :

  1. Warisan sindrom genetik yang di alami oleh sebuah keluarga memiliki resiko yang dapat turun-menurun terwariskan kepada anak termasuk kanker tulang.
  2. Menderita penyakit Osteitis deformans atau yang dikenal dengan penyakit tulang Paget, yaitu suatu kondisi pra kanker yang dapat mengakibatkan tulang menjadi lemah sehingga beresiko terkena kanker tulang.
  3. Paparan radiasi tinggi dalam jumlah besar saat terapi pengobatan kanker dapat meningkatkan resiko terkena kanker tulang di kemudian hari.
  4. Sejak dilahirkan sudah menderita penyakit bodong atau hernia umbilikalis. Ciri-cirinya adalah usus menjorok lewat bukaan pada otot perut sehingga udel atau pusar terlihat menonjol keluar.
  5. Pernah memiliki riwayat retinoblastoma saat kecil. Retinoblastoma merupakan suatu jenis penyakit tumor ganas primer pada anak-anak yang tumbuh dengan cepat dan berasal dari sel retina mata. Penyakit ini bisa mengakibatkan kebutaan dan kematian. Bila ditangani dengan cepat pada stadium dini maka tingkat probabilitas kesembuhan kanker ini dapat mencapai 95-98% dan penderita dapat mencapai usia dewasa.

Cara Mengobati Kanker Tulang

Cara pengobatan kanker tulang dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu dengan :

  1. Operasi kanker tulang. Operasi di lakukan untuk menghilangkan seluruh kanker yang terdapat pada tulang. Operasi ini bertujuan untuk mengangkat tumor yang ada di area tulang dan mengambil jaringan sehat yang mengelilinginya. Apabila kanker tulang yang dialami penderita cukup besar maka akan dilakukan pengangkatan bagian tubuh atau biasa disebut amputasi.
  2. Terapi radiasi.
    Terapi radiasi menggunakan energi sinar bertenaga tinggi seperti sinar X. Radiasi ini bertujuan untuk membunuh sel penyebab kanker tulang. Terapi radiasi dilakukan bersamaan dengan kemoterapi sebelum dilakukannya operasi. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko amputasi pada saat operasi. Setelah operasi, radiasi juga masih di anjurkan untuk membunuh sel-sel kanker yang mungkin masih tersisa.
  3. Kemoterapi kanker tulang. Cara pengobatan kemoterapi yaitu obat-obatan dari bahan kimia yang dimasukkan ke dalam tubuh untuk membunuh sel-sel kanker. Kemoterapi biasanya sering dilakukan melalui jalur vena (intravena). Melalui vena obat-obatan ini akan menyebar ke seluruh tubuh. Kemoterapi biasanya diselingi dengan pengobatan melalui jalur radiasi.

Semoga pembahasan dalam artikel kesehatan ini dapat memberikan pengetahuan untuk pembaca tentang penyebab kanker tulang dan cara pengobatannya