Penyebab Feses Berwarna Hitam

Apa penyebab feses berwarna hitam? Mengapa saat buang air besar (BAB) warnanya hitam? Temukan jawaban untuk pertanyaan tersebut pada artikel ini.

Kotoran manusia padat/tinja/feses merupakan sisa metabolisme dari sistem pencernaan yang berbentuk padat atau setengah padat. Feses berwana hitam dapat menggambarkan kondisi kesehatan seseorang secara umum terkait dengan pola diet makanan atau kondisi sistem pencernaannya.

Feses manusia memiliki variasi warna, ukuran, maupun tekstur. Tetapi pada umumnya, kotoran manusia memiliki ciri-ciri setengah padat yang dilapisi oleh lendir. Warna feses normal pada manusia yaitu coklat terang hingga coklat gelap.

Penyebab Feses Berwarna Hitam

Penyebab Feses Berwarna Hitam

Ada beberapa faktor yang menyebabkan BAB/tinja/feses berwarna hitam, yaitu sebagai berikut:

a. Pendarahan saluran pencernaan

Bagi anda yang setelah buang air besar (BAB) terlihat feses berwarna hitam, maka anda tidak dapat mengabaikan kondisi ini. Sebab, boleh jadi yang membuat feses berwarna hitam adalah pendarahan akut pada saluran pencernaan bagian atas atau upper gastrointestinal bleeding (UGIB).

Pendarahan saluran pencernaan atas harus diwaspadai, sebab selain rasanya yang sakit, biaya perawatan di rumah sakit tidak murah. Selain itu, akibat terburuk dapat mengakibatkan kematian.

Ciri-ciri pendarahan saluran pencernaan atas yaitu tinja berwarna hitam, muntah darah, dan muntah berupa cairan berwarna hitam seperti minuman kopi. Ketika sudah berada pada level parah, UGIB ini dapat berubah menjadi hematochezia atau berak darah.

b. Sirosis yang sudah parah

Penyebab BAB berwarna hitam gelap lainnya bisa diakibatkan oleh penyakit sirosis yang sudah mencapai level parah atau mengkhawatirkan. Darah yang tidak dapat mengalir melalui organ hati dengan tepat menyebabkan penumpukan darah pada pembuluh yang membawa darah dari usus ke hati. Jika kondisi ini berlangsung terus-menerus, maka penumpukan yang akan membuat meningkatnya tekanan darah ini dapat mengakibatkan pendarahan internal. Ciri-ciri pendarahan internal dapat terlihat pada kondisi muntah atau kotoran si penderita.

Pada dasarnya, fungsi organ hati (liver) yaitu menyaring racun, mengelola gula darah, mengontrol tingkat kolesterol dalam darah. Seiring berjalannya waktu, racun yang semestinya dibuang justru berkumpul akibat aliran darah terhambat. Akhirnya, racun akan merusak organ atau sering disebut dengan istilah gagal organ. Ketika gagal organ ini terjadi, maka resiko kematian dapat terjadi pada penderita sirosis.

c. Konsumsi obat tertentu

Warna tinja hitam mungkin belum tentu menjadi ciri penyakit mematikan seperti penyakit sirosis. Warna tinja berwana hitam dapat terjadi manakala seseorang mengkonsumsi vitamin yang mengandung zat besi. Selain itu, dapat juga akibat konsumsi obat-obatan yang memiliki kandungan bismut subsalisilat.

d. Pola diet makanan tertentu

Warna hitam pada feses dapat pula berkaitan dengan pola makanan yang dikonsumsi oleh seseorang. Mereka yang mengkonsumsi buah bit dan blueberry akan cenderung memiliki kotoran berwarna hitam.

Jika anda merasa tidak mengonsumsi makanan dan obat-obatan tersebut diatas, tetapi mengeluarkan kotoran berwarna hitam gelap, maka kemungkinan anda mengalami gangguan kesehatan lain. Untuk mengetahui dengan jelas penyebabnya segera berkonsultasi dengan dokter di rumah sakit agar dapat dilakukan pemeriksaan secara medis. Demikian informasi penyebab feses berwarna hitam, semoga bermanfaat bagi pembaca.