Penyebab Bayi Sering Muntah Setelah Minum ASI

Siapa yang tidak senang jika sudah memiliki buah hati, memiliki buah hati menjadi keinginan setiap pasangan. Namun bukan hal mudah mengurus bayi bagi ibu muda. Biasanya terjadi kepanikan jika terdapat hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satu yang menjadi bahan pertanyaan ibu adalah apa penyebab bayi sering muntah setelah minum ASI? Artikel ini akan membahas mengapa bayi anda muntah setelah diberikan minum ASI.

Bayi masih membutuhkan ASI ekslusif hingga bayi berusia 6 bulan tanpa makanan tambahan lainnya, karena sistem pencernaan bayi belum berfungsi normal. Oleh sebab itu, pemberian ASI menjadi hal wajib diberikan kepada bayi. Kendati demikian, banyak kasus bayi muntah setelah minum ASI. Sebagai seorang ibu, anda harus mengetahui penyebab bayi sering muntah setelah minum ASI.

Penyebab Bayi Sering Muntah Setelah Minum ASI

Berikut ini merupakan penyebab bayi sering muntah setelah minum ASI :

penyebab-bayi-sering-muntah-setelah-minum-asi

1. Melebihi Kapasitas Lambung Bayi

Penyebab bayi muntah setelah minum ASI yang pertama adalah karena ASI yang dikonsumsi bayi melebihi kapasitas lambung pada bayi. Lambung yang penuh akan menyebabkan muntah. hal ini terjadi karena makanan yang belum masuk ke usus sudah ditambah dan membuat lambung tidak dapat menampung ASI dengan baik.

2. Posisi Salah Saat Menyusui

Posisi menyusui yang salah juga dapat menjadi penyebab bayi muntah setelah minum ASI. Ibu sering kali menyusui dengan posisi miring sambil tiduran dan posisi bayi telentang sehingga ASI tidak masuk dalam sistem pencernaan justru masuk ke sistem pernafasan sehingga bayi akan mudah mengalami muntah.

3. Klep Penutup Bayi

Pada klep penutup lambung bayi belum dapat berfungsi sempurna sering menyebabkan bayi yang mengkonsumsi ASI akan sering muntah. ASI masuk dari mulut lalu masuk ke sistem pencernaan atas baru masuk ke lambung. Dan diantara kedua organ tersebut terdapat klep penutup lambung, sehingga apabila klep belum dapat berfungsi dengan baik, akan menjadi salah satu penyebab bayi muntah setelah minum ASI.

4. Fungsi Pencernaan Bayi

ASI yang masuk dari saluran pencernaan ke usus bayi yang masih belum sempurna sehingga bisa menjadi penyebab bayi muntah pasca minum ASI.

5. Terlalu Aktif

Bayi yang terlalu aktif setelah mengkonsumsi ASI akan sering muntah. Hal ini disebabkan karena seringnya bayi beraktivitas seperti seringnya menangis, akan membuat tekanan di dalam perutnya tinggi sehingga ASI akan kembali keluar sebagai muntahan.

Demikian info kesehatan mengenai penyebab bayi sering muntah setelah minum ASI. Apabila bayi anda sering mengalami muntah berkali-kali dalam sehari segera konsultasikan ke dokter anak. Hal ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya masalah serius yang mungkin saja terjadi pada buah hati anda.