Penyebab Bau Mulut Tidak Sedap

Penyebab bau mulut tidak sedap perlu diketahui karena bau mulut menimbulkan ketidaknyamanan bagi penderita maupun orang-orang yang ada disekitarnya.

Bau mulut dapat bersifat sementara maupun tetap. Jika bau mulut bersifat sementara. maka solusinya cukup berkumur dengan obat kumur dan menyikat gigi dengan baik dan benar. Tapi akan menjadi masalah jika masalah bau mulut terjadi setiap saat. Jika setiap saat bau mulut maka dipastikan orang tersebut memiliki masalah kesehatan dam perlu diketahui apa penyebab bau mulut tidak sedap yang ia derita.

penyebab-bau-mulut

Penyebab Bau Mulut

Penyebab utama mulut bau sebetulnya bersumber dari mulut sendiri. Apa penyebab yang membuat mulut menjadi bau, berikut diantaranya :

1. Konsumsi Bawang Mentah

Jika anda suka konsumsi bawang mentah baik bawang putih maupun bawang merah, maka dapat menjadi sumber penyebab mulut menjadi bau tidak sedap. Minyak yang kuat ini masuk kedalam aliran darah melalui proses pencernaan. Di paru-paru, bau yang kuat ini dilepaskan ke udara melalu hidung selama proses pernafasan. Bau mulut yang disebabkan oleh bawang terjadi selama 1-3 hari. Selain mulut menjadi bau, air liur yang terkontaminasi zat yang ada bawang menambah parah kondisi mulut bau dalam jangka waktu panjang.

2. Masalah Kesehatan Gigi

Diperkirakan sekitar 80 persen penyebab mulut bau tidak sedap karena kurangnya menjaga kesehatan gigi. Sisa makanan yang menempel pada gigi menjadi sasaran bakteri berkembang biak. Bakteri-bakteri inilah yang kelak menjadi sumber penyebab mulut anda menjadi bau. Mengapa bisa terjadi? Terjadinya mulut bau karena bakteri-bakteri tersebut menghasilkan sulfur atau belerang yang baunya bagaikan telur buruk. Oleh sebab itu jangan lupa rajin sikat gigi minimal 2x sehari agar kebersihan gigi anda selalu dalam kondisi baik.

3. Masalah Hidung dan Tenggorokan

Hidung dapat menjadi sumber penyebab bau mulut yang tidak sedap. Zat asing yang ada dalam hidung dapat menyebabkan mulut bau. Kondisi ini bisa diakibatkan oleh infeksi sinus yang menyebabkan keluarnya cairan dari sinus yang melalui bagian belakang tenggorokan dan akhirnya menimbulkan bau busuk menyengat.

Selain itu, infeksi tenggorokan dapat menyebabkan mulut berbau juga. Bakteri di tonsil ini dapat menjadi sumber bau mulut ringan.

4. Dehidrasi

Ketika kita kurang minum air putih maka tubuh akan mengalami dehidrasi yang dapat menyebabkan produksi air liur (saliva) menurun drastis. Kita tahu fungsi air liur yaitu untuk membersihkan bakteri yang ada pada mulut dan menjaga sel-sel dalam mulut tetap hidup dan sehat. Akibat kekuarangan cairan maka air liur berkurang dan sel-sel dalam mulut banyak yang mati. Nah sel-sel mati inilah yang menjadi penyebab bau mulut yang tidak sedap. Untuk itu minumlah air sebanyak 8 gelas sehari agar tubuh anda tidak mengalami dehidrasi.

5. Merokok dan Minum alkohol

Orang yang merokok akan menyebabkan bau mulut yang khas. Kandungan tar, nikotin, dan zat berbahaya lainnya yang terdapat pada rokok akan terakumulasi di mulut sehingga dapat menyebabkan penyakit periodontal dan bau mulut. Selain merokok, orang yang suka minum alkohol pun dapat menyebabkan mulut menjadi bau akibat gangguan kesehatan pencernaan yang ditimbulkan oleh alkohol tersebut.

6. Asam lambung Tinggi

Kondisi asam lambung tinggi dapat menyebabkan aroma bau mulut tidak sedap. Rasa aromanya mirip dengan asam cuka. Untuk itu kurangi konsumsi makanan penyebab asam lambung naik sehingga lambung anda dalam kondisi yang baik.

7. Sariawan

Orang yang sariawan sering kali mengeluarkan bau mulut yang tidak sedap. Untuk itu konsumsi vitamin C agar sariawan cepat sembuh.

8. Kanker

Meskipun termasuk jarang dijumpai, dalam beberapa kasus penderita kanker yang terjadi di THT (telinga, hidung, tenggorokan) dan leher dapat membuat aroma mulut menjadi tidak sedap akibat kanker tersebut.

Demikian info kesehatan tentang faktor penyebab bau mulut tidak sedap. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca.




Artikel ini memuat topik:
efek negatif memakai behel ;