Penyebab Asam Lambung Naik

Penyebab asam lambung Naik. Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) banyak terjadi di masyarakat. Pengertian penyakit asam lambung adalah suatu Kondisi asam lambung yang disebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan (esofagus). Dampak asam lambung tinggi yaitu dapat menyebabkan rasa nyeri ulu hati dan sesasi terbakar di dada.

Lambung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang berfungsi sebagai alat pencernaan dimana sari makanan dan nutrisi dicerna dan nutrisinya disebarkan keseluruh tubuh. Namun, bagaimana jika terjadi asam lambung. Untuk itu pahami apa penyebab asam lambung naik.

Penyebab Asam Lambung Naik

Asam lambung memiliki fungsi penting bagi manusia. Sebagian orang memiliki kondisi asam lambung tidak seimbang. Kondisi ini membuat tubuh secara keseluruhan menjadi tidak nyaman akibat sakit perut dalam waktu lama. Beberapa penyebab asam lambung meningkat antara lain sebagai berikut :

Kekurangan nutrisi

Kekurangan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral dapat menjadi pemicu gangguan asam lambung. Vitamin dan mineral diperlukan oleh tubuh untuk menjaga keseimbangan asam lambung.

asam-lambung

Kurangnya penyerapan nutrisi

Kurangnya penyerapan nutrisi pada lambung disebabkan kurang asupaan hipoklorida sehingga lambung tidak bisa menghasilkan asam lambung.

Diet Ketat

Program menurunkan berat badan ekstrim seperti diet ketat mudah memicu seseorang mengalami gangguan asam lambung. Biasanya diet ketat kurang memperhatikan keseimbangan nutrisi yang sebetulnya diperlukan oleh tubuh sehingga asam lambung terganggu. Dampak negatif diet ketat pada Kebanyakan orang adalah gangguan asam lambung tinggi.

Konsumsi makanan yang terlalu pedas bisa memicu naiknya asam lambung dan menyebabkan nyeri pada lambung. Makanan pedas akan meningkatkan asam lambung namun jumlah tersebut tidak memiliki manfaat yang baik karena akan membuat penderita merasa sakit perut dan gangguan pencernaan lain.

Stres

Gangguan psikologi seperti stres atau depresi dapat menjadi salah satu penyebab asam lambung naik dan sering menjadi sumber penyakit maag atau gangguan lambung. Jauhi faktor penyebab stres dan berusaha segera cari solusi agar anda terbebas dari stres.

Alkohol

Kebiasaan mengkonsumsi alkohol dapat menjadi penyebab penyakit asam lambung. Alkohol dapat menghentikan sistem kerja sel dalam lambung yang menghasilkan asam lambung.

Infeksi bakteri

Infeksi bakteri helicobacter pylori menjadi penyebab tubuh tidak lagi dapat memproduksi asam lambung. Bakteri ini bisa masuk ke tubuh manusia lewat makanan atau minimun yang tidak higienis.

Lansia

Orang lanjut usia lebih mudah mengalami gejala asam lambung karena sistem tubuh lansia sudah tidak lagi bisa memproduksi asam lambung yang seimbang, karena itu kaum lansia lebih rentan mengalami perut kembung dan diare.

Konsumsi serat berlebihan

Akibat Konsumsi makanan yang mengandung serat secara berlebihan dapat menyebabkan organ saluran pencernaan memerlukan waktu mencerna makanan sehingga produksi asam lambung terus meningkat.

Kanker lambung

Kanker lambung bisa menjadi penyebab asam lambung meningkat. Jenis kanker yang menyerang lambung ini dapat menyebabkan peningkatan produksi asam lambung secara berlebihan.

Pola waktu makan tidak teratur

Orang yang sering telat makan atau memiliki pola waktu makan yang tidak teratur dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan. Hal ini disebabkan karena jarak waktu sistem pencernaan bekerja yang terlalu lama sehingga menyebabkan kenaikan asam lambung.

Kurang Istirahat

Orang yang sering begadang sehingga kurang waktu tidur rentan mengalami asam lambung yang berlebihan. Untuk menghindari asam lambung kumat, sediakan waktu istirahat yang cukup.

Konsumsi kafein berlebihan

Konsumsi kafein yang berlebihan dapat berdampak produksi asam lambung yang berlebihan. Oleh sebab itu, penderita asam lambung agar tidak minum kopi pada saat asam lambung kambuh.

Demikian info kesehatan mengenai faktor penyebab asam lambung menjadi tinggi. Agar asam lambung tidak kumat, hindari pemicu asam lambung menjadi meningkat.




Artikel ini memuat topik:
kondisi asam lambung orang lanjut usia ; penyakit lambung bisa menimbulkan jerawat ; penyebab asam lambung pada lansia ;