Pengobatan Demam Yang Tepat

Pengobatan demam untuk menyembuhkan kondisi demam pada tubuh anda. Penanganan dan pengobatan demam yang tepat dapat membantu kesembuhan anda dari demam. Pembaca dianjurkan membaca terlebih dahulu penyebab demam sebelum topik ini agar mengetahui beberapa faktor yang dapat menyebabkan demam.

Sebenarnya kita tidak perlu obat penurun demam pada kondisi demam yang tidak sangat tinggi dan tidak lama Tetapi agar tubuh kita menjadi nyaman dari demam maka terdapat beberapa obat penurun demam yang dapat anda beli sendiri di apotek dan toko obat di dekat rumah anda.

Pengobatan Demam

Gambar Livestrong

Beberapa contoh obat untuk menurunkan dan mengatasi demam akibat infeksi antara lain:

  • Parasetamol dan ibuprofen. Orang yang sedang demam biasanya makan ataupun tidur akan merasa tidak nyaman. Minumlah obat sesuai dosis yang tertera pada label obat atau sesuai anjuran dokter. Konsumsi obat parasetamol over dosis dan jangka panjang dapat merusak fungsi organ hati dan ginjal.
  • Aspirin. Obat aspirin khusus untuk orang dewasa. bukan untuk anak-anak. Obat ini dapat menyebabkan terjadinya sindrom Reye, yaitu suatu penyakit yang dapat memengaruhi otak dan hati. Aspirin dapat diperoleh di toko obat dan apotek tanpa perlu resep dokter.
  • Antibiotik. Obat ini diberikan berdasarkan resep dokter jika dokter mendiagnosis adanya infeksi bakteri penyebab demam, misalnya pneumonia.

Berikut cara yang dapat membantu meredakan demam:

  • Istirahat yang cukup untuk memulihkan stamina tubuh sekaligus mempertahankan kekebalan tubuh. Sebab jika terlalu banyak beraktivitas dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat.
  • Pakailah pakaian yang tipis dan berada di ruangan yang sejuk.
  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh anda dengan minum air mineral yang cukup agar terhindar dari dehidrasi.

Demam perlu diwaspadai sebab ada kemungkinan anda mengalami komplikasi akibat demam, seperti dehidrasi parah, halusinasi, serta kejang-kejang.

Demikian informasi pengobatan demam yang tepat. Lakukan pemeriksaan ke dokter jika demam tidak kunjung sembuh dalam waktu 3 hari. Semoga lekas sembuh.