Pencegahan Sakit Kepala

Sebelumnya telah diketahui apa penyebab sakit kepala dan bagaimana cara pengobatan sakit kepala. Kini, bagaimana pencegahan sakit kepala agar tidak kumat atau kambuh perlu diketahui oleh anda.

Sakit kepala menimbulkan rasa sakit di sekitar kepala. Agar anda tidak sering sakit kepala, berikut tips pencegahan sakit kepala yang pemnting untuk diketahui oleh anda.

Pencegahan Sakit Kepala

Pencegahan Sakit Kepala (Gambar Shutterstock)

1. Cukup Istirahat

Waktu istirahat yang cukup sebanyak 8 jam sehari adalah waktu tidur normal yang dibutuhkan oleh orang dewasa. Jangan terlalu sering begadang karena menimbulkan efek tidak baik bagi kesehatan anda.

2. Kurangi makanan yang mengandung kafein

Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi sebaiknya dikurangi atau jangan terlalu sering dikonsumsi. Sebab bagaimanapun juga salah satu cara pengobatan sakit kepala dengan kafein juga dapat berpotensi memperparah sakit kepala.

3. Jauhi faktor pemicu sakit kepala

Faktor penyebab sakit kepala perlu diketahui agar anda dapat terhindar dari sakit kepala. Catatlah secara detail setiap anda menderita sakit kepala yaitu kapan dan makanan apa yang anda konsumsi sebelum terserang sakit kepala. Contohnya beberapa orang mengalami migrain setelah minum kopi yang mengandung kafein tinggi.

Baca juga:

4. Hindari Stres

Dengan mengelola stres maka anda dapat mengurangi potensi terserang sakit kepala. Aturlah jadwal kegiatan anda agar tetap berproduktivitas dan tidak terlalu sering bekerja berdasarkan sistem kebut semalam atau SKS.

5. Pola makan teratur

Lakukan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan secara teratur. Selain dapat menghindari maag, juga dapat menurunkan resiko terserang sakit kepala. Biasakan sarapan dan makanlah pada jam yang sama setiap harinya.

6. Bersantai

Sejenak luangkan waktu untuk bersantai, seperti mendengarkan lagu favorit, berendam di air hangat, menikmati suasana di taman atau tempat yang memberikan ketenangan hati.

7. Kurangi konsumsi obat

Berkonsultasilah dengan dokter jika anda sering konsumsi obat pereda sakit, sebab minum obat lebih dari 2x dalam seminggu dapat menyebabkan sakit kepala kambuh lebih sering.

8. Rajin olahraga

Rajin olahraga dapat membantu anda dalam upaya mengurangi stres. Lakukan pemanasan terlebih dahulu unuk mengurangi potensi cedera saat berolah raga. Beberapa olah raga ringan tanpa menguras kantung yang dapat anda lakukan yaitu berjalan santai, joging, dan bersepeda. Jika anda memiliki kondisi fisik tubuh yang lemah, berkonsultasilah dengan dokter terkait olah raga yang sesuai dengan kondisi kesehatan anda.

Demikian beberapa tips pencegahan sakit kepala agar tidak sering kambuh. Lakukan satu atau beberapa tips mencegah sakit kepala secara rutin agar anda terhindar dari potensi terkena serangan sakit kepala.