Pemutih Gigi Alami Yang Ampuh

Pemutih gigi digolongkan menjadi dua yaitu pemutih gigi alami dan sintetis. Produk pemutih gigi sintetis dihasilkan melalui proses pengolahan pabrikan. Sedangkan pemutih gigi alami bersumber dari bahan-bahan alami yang bermanfaat untuk kesehatan gigi kita.

Pemutih gigi alami sebenarnya tidak diperlukan jika anda rajin merawat gigi dan menghindari makanan penyebab gigi menjadi kuning. Namun bagi anda yang sudah terlanjur mempunyai gigi kuning, simak cara memutihkan gigi dengan menggunakan pemutih gigi alami dibawah ini.

Pemutih Gigi Alami

1. Siwak

Siwak adalah dahan atau akar pohon Salvadora Persica yang sejak dahulu dipakai sebagai penyikat gigi alami. Selain untuk membersihkan gigi, siwak juga dapat membersihkan gusi dan mulut.

siwak

Sebenarnya semua akar atau dahan pohon apapun bisa dipakai untuk bersiwak dengan syarat yaitu lembut. Akar atau batang yang keras tidak bisa dipakai untuk bersiwak karena akan merusak email gigi dan gusi anda. Selain lembut, pastikan juga agar serat akar atau dahan tidak mudah berjatuhan saat kita bersiwak yang dapat mengotori mulut.

Sejak dahulu siwak telah digunakan sebagai pembersih gigi dan mulut. Nabi Muhammad menggunakan siwak sebagai pembersih mulut, sebagaimana diterangkan dalam hadits “Siwak merupakan kebersihan bagi mulut dan keridhoan bagi Rob“. (HR Ahmad)

2. Strawberry

Khasiat strawberry sebagai buah pemutih gigi alami tidak perlu diragukan lagi. Jika anda mengkonsumsi buah stroberi maka secara tidak langsung anda menggunakan bahan alami pemutih gigi. Stroberi merupakan pemutih gigi paling ampuh, aman, sekaligus mengandung sejumlah vitamin untuk kesehatan tubuh.

strawberry

3. Arang kayu

Arang kayu merupakan salah satu obat pemutih gigi alami. Meskipun terdengar aneh namun cara tradisional memutihkan gigi dengan arang kayu memang betul. Hanya saja, anda harus memastikan agar tidak menggunakan arang kayu secara berlebihan karena dapat merusak email gigi dan menyebabkan rasa ngilu pada gigi.

4. Kulit jeruk

Kulit jeruk mengandung vitamin C yang dapat membuat agar gigi putih alami. Namun bagi Anda yang mempunyai gigi sensitif, penggunaan kulit jeruk sebagai pemutih gigi tidak dianjurkan.

5. Lemon dan garam

Bikin pasta gigi dengan bahan lemon dan sedikit sekali garam. Pasta gigi lemon dan garam ini dapat memutihkan gigi anda. Namun, jangan terlalu banyak garam karena akan merusak lapisan gigi.

6. Biji buah pinang

Biji buah pinang merupakan bahan pemutih gigi alami. Caranya yaitu bakar biji buah pinang hingga gosong lalu haluskan hingga lembut. Setelah itu gosoklah biji tersebut ke gigi kita dengan memakai sabut pinang atau kain katun. lakukan sebanyak 2x seminggu. Khasiat biji buah pinang lainnya yaitu dapat memperkuat gigi.

Demikian enam bahan pemutih gigi alami. Semoga informasi kesehatan diatas dapat membantu anda yang sedang mencari cara merawat gigi agar putih.