Pembedahan Untuk Mengatasi Sakit Punggung

Pembedahan untuk mengatasi Sakit Punggung di rumah sakit. Jenis bedah yang akan diterapkan tergantung pada tipe dan seberapa parah level nyeri punggungnya.

Pembedahan merupakan opsi yang dapat dipilih oleh dokter untuk anda jika setelah diagnosis dan sejumlah resep tidak berhasil serta nyeri sakit punggungnya sudah berlangsung terus-menerus dan terasa tidak tertahankan lagi sehingga membuat Anda tidak dapat beraktivitas ataupun tidur.

Pembedahan Untuk Mengatasi Sakit Punggung

Pembedahan Untuk Mengatasi Sakit Punggung (Credit to Shutterstock)

Pembedahan Untuk Mengatasi Sakit Punggung

Berikut ini adalah beberapa jenis operasi bedah yang dapat dijalani oleh anda di rumah sakit:

a. Disektomi

Disektomi adalah jenis operasi pembedahan untuk mengangkat cakram sendi yang terletak diantara ruas vertebra pada sepanjang tulang belakang yang mengalami pergeseran. Tujuan prosedur ini untuk mencegah adanya tekanan pada jaringan saraf yang ada disekitarnya.

b. Operasi fusi atau penyatuan tulang belakang

Operasi fusi tulang belakang adalah prosedur dimana sendi yang menjadi sumber penyebab nyeri disatukan dengan sendi yang lain agar tulang belakang menjadi lebih stabil. Tujuan operasi fusi yaitu untuk mengurangi rasa sakit dengan penyatuan tulang belakang.

Sebelum penderita menyetujui prosedur ini, anda sebaiknya mendiskusikan terlebih dahulu tentang manfaat serta resiko dengan dokter anda, sebab prosedur ini tidak selalu dapat mencapai hasil yang diharapkan, seperti hambatan dalam bergerak dan tetap merasakan nyeri punggung pasca operasi.

Prosedur operasi juga mempunyai resiko komplikasi yang serius sehingga perlu anda pertimbangkan dengan baik. Resiko dari operasi fusi tulang belakang yaitu kelumpuhan pada satu atau bahkan kedua kaki.

c. Cara lain yang tidak direkomendasikan

Beberapa cara mengatasi sakit punggung berikut ini kadang dapat dilakukan untuk mengobati sakit punggung jangka panjang, tetapi sebetulnya tidak direkomendasikan karena efektivitasnya yang belum teruji.

  • Suntikan: suntikan obat pereda nyeri punggung.
  • Tarikan : penggunaan tali, katrol, dan beban untuk menarik jaringan disekitar tulang belakang.
  • Penyangga tulang lumbar: penyangga berupa bantal/sandaran punggung untuk menyangga tulang belakang.
  • Terapi laser tingkat rendah: memperbaiki jaringan yang telah rusak dan mengurangi inflamasi atau peradangan dengan berfokus pada energi laser tingkat rendah ke punggung.
  • Transcutaneous electrical nerve stimulation (TENS): mesin TENS bekerja dengan cara mengalirkan listrik melalui elektroda-elektroda kecil yang ditempel pada punggung.

Baca juga:

Demikian informasi uraian sehat tentang pembedahan untuk mengatasi sakit punggung. Semoga nyeri punggung anda lekas sembuh. Konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan opsi operasi pembedahan yang terbaik yang dapat mengatasi sakit punggung anda. Tanyakan juga kepada dokter anda bagaimana dengan resiko sesuai dengan kondisi kesehatan anda.