Pantangan Makanan Untuk Penderita Kolesterol

Jika anda sudah memiliki kadar kolesterol diatas normal maka anda harus perhatikan makanan anda. Kolesterol tidak hanya menimpa orang gemuk tapi bisa juga menimpa pada orang kurus. Ada beberapa faktor yang memungkinkan seseorang terkena kadar kolesterol yang tinggi, salah satunya yaitu karena faktor makanan. Nah untuk mengantisipasinya maka anda harus memperhatikan pantangan makanan untuk penderita kolesterol tinggi.

Pantangan kolesterol mutlak harus anda tahu agar kesehatan anda selalu dalam kondisi yang baik. Seseorang yang mengabaikan pantangan makanan untuk penderita kolesterol hanya akan memperburuk kadar kolesterol yang dimilikinya.

Pantangan Makanan Penyakit Kolesterol

daging-kambing-kolesterol

Sate Kambing Perlu Dihindari Karena Kolesterolnya Tinggi

Apa pantangan kolesterol? Berikut ini daftar makanan kolesterol tinggi yang perlu anda hindari yaitu :

  • Daging kambing, kuda dan sapi.
  • Jeroan seperti limpa, hati, paru, ginjal dan usus.
  • Ekstrak daging seperti abon.
  • Seafood seperti ikan sotong, ikan sarden, udang, cumi-cumi remis, kepiting, ikan teri dan tiram.
  • Makanan gorengan seperti bala-bala, gehu, dan cireng. Semua makanan yang di goreng tersebut merupakan makanan yang harus dihindari oleh para penderita kolesterol. Karena di dalam minyak yang digunakan untuk menggoreng terdapat banyak kandungan lemak jenuh.
  • kacang kacangan seperti kedelai, kacang hijau, melinjo, dan kacang tanah.
  • Makanan berlemak.
  • Kual berkaldu.
  • keju
  • es krim.

Bagi yang memiliki kadar kolesterol tinggi maka cobalah melakukan terapi minum air putih. Terapi ini sangat efektif dan efisien karena tidak memerlukan waktu banyak dan tidak menguras dompet anda. Saat pagi hari konsumsilah air putih sebanyak satu hingga dua gelas yakni sebelum anda memakan makanan apapun. Dan sebelum anda tidur konsumsilah air putih sebanyak 1 gelas. Selain itu anda juga harus teratur minum air putih minimal 2 liter per hari agar cairan di dalam tubuh anda tetap terjaga.

Untuk mengurangi kadar kolesterol usahakan anda melakukan aktivitas yang menguras keringat seperti berolahraga. Dengan berolahraga maka bukan saja anda mengurangi kadar kolesterol tetapi juga akan mengurangi timbunan lemak pada perut.

Karena pantangan untuk penderita kolesterol banyak maka anda harus lebih banyak mengonsumsi sayur sayuran dan buah. Selain itu para penderita kolesterol juga harus beristirahat dengan cukup. (Baca juga : Pantangan asam urat).

Demikian uraian sehat kali ini tentang pantangan makanan untuk penderita kolesterol yang wajib anda ketahui.




Artikel ini memuat topik:
pantangan kolesterol ; pantangan kolestrol ; sayuran pantangan kolesterol tinggi ; makanan pantangan kolesterol ; makanan yang harus dihindari penderita kolesterol ; pantangan bagi penderita kolesterol ; sayuran pantangan kolesterol ; pantangankolesterol ;