Pantangan Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Salah satu penyakit yang menyerang sendi adalah asam urat. Asam urat biasanya menyerang kaki seperti jempol kaki. Selain itu asam urat juga bisa mengenai anggota tubuh lainnya seperti lutut, pergelangan kaki, dan tangan. Apa yang menjadi penyebab asam urat secara medis? Asam urat terjadi karena di daerah sendi terdapat kristal asam urat yang menumpuk. Asam urat dapat menyerang penderitanya dalam jangka pendek maupun panjang. Orang yang sangat beresiko mudah terkena penyakit ini adalah para pria dan orang yang memiliki bentuk tubuh gemuk. Jika anda menderita penyakit asam urat maka anda perlu menghindari apa yang menjadi pantangan makanan untuk penderita asam urat. Karena sebaik atau sebagus apapun obat asam urat, jika anda tidak disiplin maka penyakit ini hanya akan kambuh dari waktu ke waktu.

daging-merah

Pantangan Asam Urat Yaitu Salah Satunya Memakan Daging Merah

Pantangan Makanan Penderita Asam Urat

Bagi penderita asam urat harus mampu menghindari beberapa pantangan makanan sebagai berikut :

1. Ikan Laut (seafood)

Makanan laut seperti ikan tuna, ikan asin dan ikan teri perlu Anda hindari karena kandungan purin nya tinggi. Jika Anda mengonsumsi seafood maka kandungan purin di dalam tubuh meningkat dan menyebabkan naiknya kristal asam urat di sendi. Batas maksimal konsumsi makanan laut maksimal 6 ons per harinya bagi penderita asam urat.

2. Daging

Selain ikan laut, kandungan purin juga terdapat pada daging. Namun tidak semua daging memiliki kandungan purin yang tinggi. Kandungan purin di daging putih lebih rendah dari kandungan purin di daging merah. Namun anda penderita asam urat masih dapat mengonsumsi daging merah namun hanya sekali kali dengan kuantitas yang sedikit. Jika Asam urat anda terlalu parah maka lebih baik sama sekali menghindari daging merah.

3. Sayuran

Dalam keadaan normal, mengkonsumsi sayuran memang menyehatkan. Namun bagi penderita asam urat memiliki sejumlah pantangan memakan sayur-sayuran seperti kembang kol, jamur, bayam, dan asparagus. Sayuran tersebut dilarang karena kandungan purinnya lebih tinggi daripada sayuran lain sehingga tidak bagus bagi penderita asam urat.

4. Minuman Bir

Pantangan minuman bagi penderita asam urat yang paling harus di hindari adalah bir. Karena mengonsumsi bir bukan hanya membuat kadar asam urat di dalam tubuh menjadi naik, tapi juga dapat menyulitkan pembersihan asam urat yang ada di dalam tubuh. Minuman beralkohol ini merupakan pantangan yang harus benar-benar di hindari. Karena akan menimbulkan hal yang sangat buruk bagi penderitanya.

5. Soft drink

Minuman soft drink dilarang karena kandungan fruktosa dalam jumlah banyak akan memicu kadar asam urat di dalam tubuh Anda meningkat.

6. kopi dan teh

Minimuman berkafein ini sebaiknya dihindari jika asam urat anda kambuh karena kandungan purin didalamnya cukup banyak.

7. Beberapa Makanan lainnya

Makanan yang terbuat dari ragi, kaldu, dan kacang-kacangan harus dihindari karena mengandung purin tinggi.

Itulah beberapa pantangan makanan untuk penderita asam urat. Baca juga perbedaan antara asam urat dan rematik




Artikel ini memuat topik:
pantangan asam urat ; apa bedanya rematik dan asam urat ; pantangan makanan penyakit liver ; apa perbedaan asam urat dengan rematik ; apakah ikan laut buruk bagi penderita asam urat ; perbandingan makanan pantangan pada pasien asam urat dan kolesterol ; pantangn ikan kali untuk asam urat ;