Pantangan Makanan Ibu Hamil Yang Harus Dihindari

Pantangan makanan ibu hamil sangat banyak sekali dari segi medis. Saat hamil, tidak boleh makan sembarangan karena akan mempengaruhi janin yang ada dalam kandungan anda. Untuk itu perhatikan apa makanan pantangan ibu hamil yang harus dihindari.

Banyak mitos pamali yang beredar dimasyarakat bahwa ibu hamil tidak boleh makan ini dan itu. Banyaknya pantangan makanan ibu hamil membuat wanita bingung terutama bagi mereka yang sedang hamil anak pertama. Jika menanggapi pamali, tentu saja bisa tubuh kekurangan nutrisi. Oleh sebab itu ketahui makanan pantangan bagi wanita hamil dibawah ini.

Pantangan Makanan Ibu Hamil

Makanan pantangan ibu hamil yang wajib anda hindari yaitu :

pantangan-makanan-ibu-hamil

Peuyeum

Peuyeum atau Tape merupakan makanan hasil fermentasi yang tidak baik bagi ibu hamil karena mengandung alkohol. Dari segi medis, alkohol tidak baik dikonsumsi pada masa kehamilan.

Makanan setengah matang

Pastikan anda mengkonsumsi makanan yang matang. Makanan setengah matang harus anda hindari karena berpotensi mengandung bakteri salmonella.

Sushi dan seafood

Sushi adalah makanan mentah yang biasa dikonsumsi masyarakat Jepang. Sushi tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena dikhawatirkan tidak steril dan mengandung patogen. Efek buruknya, kepala janin akan membesar karena mengalami pembengkakan akibat cairan yang ada di kepalanya. Biasanya bakteri yang terdapat dalam sushi yaitu :

  • Bakteri salmonella yang berdampak pada diare dan kram perut atas dan bawah.
  • Bakteri Toksoplasmosis yang akan menyerang kepala bayi sehingga janin menderita penyakit tokso.

Daging merah berlemak

Daging merah berlemak harus dihindari oleh bumil karena dapat menyebabkan penyakit kolesterol dan gangguan kesehatan lainnya. Bahaya daging berlemak yaitu akan terjadi komplikasi pada saat persalinan.

Sayur nangka muda

Sayur nangka mudah sebaiknya dihindari oleh ibu hamil karena wanita hamil tidak boleh konsumsi makanan yang mengandung getah.

Ikan yang mengandung merkuri

Makanan yang mengandung merkuri tidak baik untuk kondisi kesehatan ibu hamil dan janin didalamnya. Ikan yang mengandung kadar merkuri tinggi terdapat pada ikan tenggiri, ikan tuna sirip biru, ikan Bandeng Chili, ikan kerapu, dan ikan salmon.

Makanan yang mengandung banyak vetsin (monosodium glutamate / MSG)

Makanan vetsin tinggi tidak boleh dikonsumsi oleh bumil karena berdampak pada tensi tinggi dan menyebabkan tingkat kecerdasan IQ rendah pada anak anda.

Makanan dengan pemanis dan pewarna sintetis buatan

Makanan yang mengandung pemanis dan pewarna buatan tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil karena memiliki dampak buruk pada kesehatan bayi anda seperti gangguan sistem saraf, gangguan jantung, gangguan paru-paru, infeksi saluran kemih, dan kanker.

Namun jika dikonsumsi dalam batas aman maka pemanis buatan seperti aspartam, sakarin, dan splenda masih boleh dikonsumsi.

Makanan berpengawet

Makanan berpengawet tinggi dapat membahayakan kondisi otak janin. Sebaiknya anda tidak terlalu sering konsumsi makanan yang dikalengkan karena memiliki pengawet.

Makanan tinggi gula

Cemila kue yang banyak mengandung gula sebaiknya dihindari karena kandugan gula berlebih dapat mengakibatkan obesitas pada bayi dan komplikasi pada ibu hamil.

Daging kambing

Daging kambing dapat mengakibatkan tensi tinggi, sehingga tidak dianjurkan bagi wanita hamil. Adapun bagi wanita hamil yang memiliki tensi rendah diperbolehkan makan daging kambing dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan.

Makanan asin

Makanan asinan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi pada ibu hamil, sehingga perlu anda hindari.

Makanan yang mengandung kafein

Ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung kafein tinggi. Dampak buruk kafein tinggi pada bayi yaitu detak jantung meningkat dan gangguan fungsi jantung.

Makanan pahit

Makanan pahit seperti sayur daun katuk, daun pepaya, dan pare tidak baik untuk kondisi kesehatan wanita hamil karena :

  • Makanan pahit mengandung kina yang berdampak pada kondisi rahim menyusut dan rentan keguguran.
  • Makanan pahit sifatnya dingin yang dapat menyebabkan keguguran.

Kacang tanah

Dampak kacang tanah bilamana dikonsumsi akan menyebabkan alergi pada bayi.

Lalapan

Lalapan merupakan sayuran segar yang digemari oleh masyarakat Sunda. Namun, Lalapan tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena merupakan makanan mentah yang rentan bakteri dan kuman penyakit.

Itulah pantangan makanan ibu hamil yang harus dihindari. Baca juga uraian sehat tentang makanan sehat untuk ibu hamil.




Artikel ini memuat topik:
Bumil ; pantangan buah ibu hamil ; seputar kehamilan trimester ketiga ; makanAn ibu hamil ; ikan bandeng untuk ibu hamil ; makanan untuk ibu hamil ; makan ikan bandeng saat hamil ; makan berlemak saat hamil ;