Pantangan Buah Ibu Hamil Yang Harus Dihindari

Buah dikenal memiliki nutrisi vitamin yang penting bagi kesehatan ibu hamil. Namun tidak semua buah-buahan layak dikonsumsi oleh ibu hamil karena justru mengandung sejumlah zat yang membahayakan kesehatan kandungan. Pantangan buah ibu hamil perlu anda ketahui supaya anda bisa memastikan kesehatan kehamilan anda. Dengan begitu anda terhindar mengkonsumsi buah yang dilarang untuk ibu hamil.

Lalu apa Pantangan buah ibu hamil itu. Nah berikut ini buah yang dilarang untuk ibu hamil.

Pantangan Buah Ibu Hamil

pantangan-buah-ibu-hamil

1. Durian

Durian merupakan buah pantangan ibu hamil nomor satu. Dampak buruk bagi ibu hamil jika makan buah durian adalah menimbulkan panas dalam perut karena alkohol yang ada dalam durian. Selain itu, durian mengandung asam arachidonat yang dapat memicu terjadinya prostaglandin yang dapat merangsang kontraksi rahim. kontraksi rahim yang parah dapat menjadi penyebab keguguran. Ancaman ini biasanya terjadi pada saat usia trimester pertama.

2. Nanas

Buah nanas muda mengandung zat bromelai tinggi. Dampaknya leher rahim akan melunak dan mengakibatkan kelahiran bayi prematur.

3. Pepaya Muda

Pepaya muda bisa berdampak karena mengandung banyak getah yang dapat menyebabkan kontraksi rahim. Sebetulnya ibu hamil tidak dilarang makan buah pepaya, namun pastikan anda konsumsi pepaya matang.

Berbeda halnya dengan dampak pepaya mentah bagi ibu hamil, pepaya matang memberikan manfaat bagi ibu hamil antara lain mengurangi keluhan-keluhan kehamilan seperti sembelit dan perut mules.

4. Nangka

Buah nangka tidak baik dikonsumsi ibu hamil karena berdampak pada perut kembung dan menimbulkan kontraksi rahim sehingga meningkatkan resiko keguguran atau bayi prematur.

5. Pete dan Jengkol

Pete dan jengkol biasanya digemari oleh sebagian masyarakat. Namun petai dan jengkol tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena berdampak menyebabkan asupan nutrisi ke janin melalui plasenta terhambat. Ibu hamil yang makan jengkol akan terasa cepat lelah karena petai dan jengkol menstimulus ginjal bekerja lebih aktif.

Itulah lima pantangan buah ibu hamil yang harus dihindari. Pastikan buah yang anda konsumsi bukan buah yang dilarang untuk ibu hamil. Bumil tidak boleh makan buah yang rasa asam dan bergetah. Untuk menambah wawasan, baca juga artikel kehamilan tentang buah untuk ibu hamil yang boleh dikonsumsi.