Obat Tradisional Usus Buntu Kategori Ringan

Penting untuk diketahui jika anda mengidap penyakit usus buntu berat maka solusi operasi usus buntu merupakan metode medis terbaik untuk anda. Namun bagaimana jika menurut diagnosis dokter anda mengidap penyakit usus buntu belum akut atau kategori ringan? Penyakit usus buntu ringan bisa dilakukan pengobatan medis dengan antibiotik maupun pengobatan tradisional. Simak apa saja obat tradisional usus buntu kategori ringan tanpa operasi berikut ini.

Usus buntu atau appendixini merupakan umbai cacing yang berperan dalam pertahanan tubuh kita melawan kuman. Jika terjadi peradangan pada organi ini maka akan mengakibatkan isi yang ada dalam usus menyebar ke seluruh organ perut bawah. Hal ini akan berdampak fatal jika anda biarkan. Untuk itulah jika hasil diagnosis dokter di rumah sakit menunjukkan anda masih mengidap penyakit usus buntu ringan, maka cepatlah dilakukan pengobatan.

Berikut ini obat tradisional usus buntu kategori ringan yang dipercaya dapat mengobati penyakit usus buntu atau Appendicitis.

a. Daun Sambiloto

Daun Sambiloto

Daun sambiloto merupakan obat usus buntu tradisional sejak lama. Cara membuat obat usus buntu dari daun sambiloto yaitu:

  1. Bersihkan daun sambiloto 30 gr
  2. Rebus 30 gr daun sambiloto dalam air 400 ml.
  3. Setelah rebusan tersisa setengahnya, saring air rebusan dan tambahkan 1-2 sdm madu murni. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, madu juga dapat menimbulkan rasa agak manis jika anda tidak terbiasa makan daun sambiloto.
  4. Setelah airnya dingin, minumlah ramuan obat sambiloto 3x per hari.

b. Temulawak dan Kunyit

Temulawak dan Kunyit

Salah satu manfaat temulawak dan kunyit yaitu dapat dijadikan sebagai obat alami usus buntu. Memanfaatkan bahan herbal relatif tidak akan menimbulkan efek samping bagi tubuh dibandingkan obat medis. Saat ini banyak masyarakat beralih memanfaatkan obat alami dalam mengobati penyakit. Beruntung tanaman temulawak banyak tersedia di Indonesia. Nah, cara membuat obat temulawak untuk penyakit usus buntu yaitu:

  1. Siapkan temulawak 30 gr dan kunyit 25 gr yang masih segar.Kupas dan Bersihkan temulawak dan kunyit.
  2. Rebuslah temulawak dan kunyit kedalam air 500 ml.
  3. Setelah air rebusan tersisa menjadi setengahnya, saringlah air nya.
  4. Minumlah setelah airnya dingin.

Baca juga: Gejala radang usus buntu kronis

c. Buah Mengkudu.

Buah Mengkudu

Cara mengolah buah mengkudu untuk dijadikan obat usus buntu yaitu sebagai berikut:

  1. Bersihkan buah mengkudu.
  2. Setelah bersih, buah mengkudunya diparut untuk diambil air perasannya.
  3. Tampung air mengkudu kedalam gelas dan campurkan dengan 1-2 sdm madu.

Baca juga: kandungan buah mengkudu

Ramuan obat tradisional usus buntu kategori ringan diatas terbukti dapat mengobati penyakit usus buntu. Memanfaatkan obat berbahan alami juga lebih aman, murah, dan relatif tanpa efek samping. Selama penyakit usus buntu anda masih ringan, cobalah manfaatkan obat tradisional tersebut diatas dan semoga lekas sembuh. Namun, jika dokter mendiagnosis penyakit usus buntu anda sudah berat sehingga perlu dioperasi, maka siapkan diri anda untuk operasi usus buntu.