7 Obat Tradisional Liver Bahan Herbal Alami

Salah satu cara dalam menyembuhkan penyakit liver yaitu dengan menggunakan obat tradisional liver herbal alami. Ini penting jika anda ingin menyembuhkan penyakit liver atau hati namun terkendala masalah biaya ke dokter.

Meskipun Anda sibuk bekerja, menjaga kesehatan adalah hal yang wajib. Sebab tanpa adanya kesehatan, segala pekerjaan tidak akan bisa kita selesaikan. Sering tidak kita sadari, liver adalah organ yang bekerja sangat keras akibat pola hidup kita yang kurang baik.

obat tradisional liver

Liver merupakan organ penting yang bertugas mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Fungsi Liver lainnya yaitu bekerja mengatur metabolisme tubuh serta membentuk sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Karena begitu banyak tugas penting yang diserahkan pada liver, maka sangat mungkin mengalami kerusakan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui penyakit liver dan pengobatannya agar bisa melakukan pertolongan segera jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Obat Tradisional Liver

Berikut beberapa ramuan obat herbal liver yang menggunakan bahan alami.

a. Ramuan Brotowali

Bahan yang diperlukan:

  • Brotowali sepanjang satu jari
  • Air matang 3 gelas
  • Madu 1 sendok makan

Cara pembuatan:
Batang brotowali dicuci kemudian dipotong seperlunya. Kemudian rebus dengan 3 gelas air dan biarkan mendidih agar tersisa 1 gelas. Biarkan hingga dingin dan tambahkan satu sendok madu. Ramuan ini diminum sehari dua kali dengan takaran masing-masing setengah gelas.

b. Ramuan Bougenville

Bahan yang diperlukan:

  • Batang bougenville yang sudah dikeringkan sebanyak 9-15 gram.
  • Air matang 3 gelas
  • Madu murni 1 sendok

Cara pembuatan:
Bersihkan dulu batang bougenville, kemudian potonglah tipis-tipis. Masukkan ke dalam panci dan tambahkan air sebanyak tiga gelas. Rebus hingga mendidih dan airnya hanya tersisa satu gelas. Biarkan hingga dingin rebusan bougenville tersebut kemudian saring. Tambahkan madu murni kemudian jadikan airnya menjadi dua gelas masing-masing berisi setengah gelas. Minumlah satu gelas pada pagi hari dan setengahnya lagi pada sore hari atau menjelang tidur.

c. Ramuan Daun Pare/Paria

Bahan yang diperlukan:

  • Daun pare segar 3 genggam
  • Air matang satu cangkir
  • Sedikit garam

Cara pembuatan:
Daun pare dicuci hingga bersih dan bilas menggunakan air yang matang. Daun pare ditumbuk sampai lembut dan tambahkan air satu cangkir. Kemudian aduklah hingga rata dan bubuhi sedikit garam. Saring terlebih dahulu sebelum diminum. Obat tradisional penyakit liver ini sebaiknya diminum pada pagi hari sebelum makan.
Catatan: resep ini tidak boleh diminum oleh wanita hamil karena dapat menyebabkan keguguran

d. Ramuan Tomat

Bahan yang diperlukan:

  • Tomat merah 2 buah
  • Gula pasir secukupnya

Cara pembuatan:
Buah tomat dicuci kemudian dipotong-potong untuk dibuat jus. Blender sampai halus, saringlah terlebih dulu sebelum diminum. Cara lainnya yaitu dengan merebus buah tomat dengan air secukupnya sampai matang. Kemudian minumlah air rebusan tersebut dua kali sehari.

e. Ramuan Mengkudu dan Pisang

Bahan yang diperlukan:

  • 3 buah mengkudu matang
  • 1 lembar daun pisang
  • Kain satu potong
  • Cuka secukupnya

Cara pembuatan:
Cuci buah mengkudu dan bilas menggunakan air masak. Parut dan peras menggunakan kain bersih. Minumlah air perasan mengkudu tersebut. Minumlah ramuan ini sebanyak 2 kali sehari.

f. Ramuan Rimpang Kunyit

Bahan yang diperlukan:

  • Rimpang kunyit sepanjang 1 jari
  • Madu satu sendok

Cara membuatnya yaitu cuci bersih rimpang kunyit kemudian parut semua. Tambahkan air sedikit pada kunyit yang telah diparut. Saringlah parutan kunyit tersebut dan dapatkan airnya. Tambahkan madu pada air kunyit kemudian untuk diminum. Minumlah 3 kali sehari untuk mengobati liver.

G. Ramuan Wortel

Salah satu obat tradisional liver yakni wortel.  Untuk mengobati penyakit liver ambil wortel segar.

Cara membuatnya yaitu bersihkan wortel dan cucilah dengan air matang. Potong seperlunya dan kemudian blender untuk dibuat jus wortel. Cara lain yang bisa dipakai yaitu dengan memarut wortel kemudian untuk disaring dan minum airnya. Cara ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit liver jika dilakukan secara rutin.

Baca juga:

Demikian cara mengatasi penyakit liver secara alami dengan menggunakan 7 obat tradisional liver. Semoga ramuan obat herbal untuk penyakit liver ini dapat mengatasi penyakit liver dan memulihkan kesehatan anda.