Obat Sakit Ulu Hati Resep Dokter

Setelah anda tahu penyebab sakit ulu hati, nah obat sakit ulu hati ini biasanya diberikan oleh dokter untuk mengobati sakit di ulu hati anda.

Anda yang mengalami sakit di ulu hati dianjurkan ke dokter. Nanti dokter akan menganalisis dan menentukan masalah ulu hati sakit. Dokter akan menanyakan (anamnesis) dan melakukan pemeriksaan fisik. Jika perlu akan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti tes hitung darah lengkap, sinar X (rontgen), tes darah enzim hati dan pankreas, endoskopi, USG, dan CT-Scan. Patut diperhatikan Anda tidak boleh konsumsi obat sendiri tanpa resep dokter.

Obat Sakit Ulu Hati

Ilustrasi Makan Obat Sakit Ulu Hati (Image Thinkstock)

Obat Sakit Ulu Hati

Pengobatan sakit ulu hati tergantung hasil diagnosis dokter. Berikut ini merupakan obat nyeri ulu hati yang biasanya menjadi resep dokter untuk mengatasi ulu hati sakit.

a. Antasida

Antasida adalah obat maag yang dikenal mampu menetralkan asam lambung. Garam mengandung alumunium dan magnesium dalam antasida biasanya diberikan oleh dokter untuk mengobati ulkus peptikum. Antasida dapat dikonsumsi 60 menit setelah makan dan sebelum tidur 1-2 sendok makan atau 1 tablet. Dianjurkan obat antasida cair daripada tablet.

b. H2 Reseptor Blockers

H2 Reseptor Blocker adalah obat maag yang biasanya menjadi resep dokter untuk mengobati tukak lambung dan heartburn. Fungsi obat ini yakni mencegah asam lambung berlebihan.

c. Obat Anti-Inflamasi Non Steroid (NSAID)

Obat ini untuk mengurangi rasa sakit, deman, serta peradangan. Contohnya ibuprofen. Tapi obat NSAID ini tidak dianjurkan bagi penderita gangguan lambung.

Sakit ulu hati ringan tidak akan mengancam jiwa seseorang dan akan hilang dengan sendirinya. Tapi yang perlu anda perhatikan ada jika ulu hati sakit terasa sangat nyeri lebih dari 2 hari. Jika sudah pada level parah yang disertai tanda-tanda pembengkakan pada perut, muntah, demam, ada darah dalam tinja, badan lemas, pingsan, atau sesak nafas, maka satu opsi terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan medis.

Itulah obat sakit ulu hati resep dokter. Jangan ragu untuk ke dokter jika nyeri ulu hati tak juga hilang dalam waktu 2 hari. Semoga bermanfaat bagi pembaca uraian sehat.




Artikel ini memuat topik:
obat sakit ulu hati resep dokter ; kumpulan obat nyeri ulu hati ; obat dokter sakit ulu hati ; nama obat tablet penyakit ulu hati ; Resep obat sakit mag/ulu hati ; obat dokter nyeri ulu ; Obat dokter ulu hati ; obat hati resep dokter ;