Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil Yang Aman dan Efektif

Obat sakit gigi untuk ibu hamil tidak bisa sembarangan. Penyebab sakit gigi pada ibu hamil terjadi karena bakteri yang ada dalam gigi dan mulut atau dapat juga disebabkan oleh perubahan hormon selama masa kehamilan. Alasan ibu hamil tidak boleh sembarangan minum obat karena dapat membahayakan kandungan.

Jika kita bicara obat sakit gigi untuk ibu hamil, tentu saja yang terbaik sesuai dengan resep dokter. Namun adakalanya karena faktor kesibukan, wanita karir yang sedang hamil tidak sempat meluangkan waktu berkonsultasi dengan dokter. Sehingga diperlukan penanganan yang bersifat segera dan aman karena wanita hamil tentu saja tidak akan ingin menderita sakit gigi.

Ibu hamil yang sedang sakit gigi perlu penanganan segera, agar tidak menambah keluhan saat kehamilan. Obat sakit gigi perlu dicari yang aman serta tidak menimbulkan efek samping terhadap kesehatan janin.

Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil

Berikut ini obat sakit gigi ibu hamil tanpa resep dokter namun aman dan cukup efektif.

sakit-gigi

1. Parasetamol

Parasetamol adalah satu-satunya obat pereda nyeri yang aman untuk ibu hamil dan mudah dibeli tanpa resep dokter. Meskipun ada obat lain yang ampuh, namun penggunaannya harus mendapatkan rekomendasi resep dokter.

2. Bawang Putih

Bawang putih rasanya bau menyengat. Tapi khasiat bawang putih dapat mengobati sakit gigi pada ibu hamil. Caranya potong sedikit bawang putih, lalu kunyah mentah-mentah di area gigi yang sakit.

3. Kumur Dengan Air hangat

Bikinlah segelas air hangat lalu tuangkan seperempat sendok garam dapur dan aduklah 8x hingga merata. Gunakan larutan garam untuk kumur-kumur selama 1 menit. Lakukan 3 kali sehari setelah makan. Pastikan air larutannya jangan tertelan, karena bumil dianjurkan tidak boleh terlalu banyak makan yang mengandung garam.

4. Daun Sirih

Khasiat daun sirih untuk kesehatan gigi tidak perlu diragukan lagi. Banyak pasta gigi kini menggunakan ekstrak daun sirih sebagai bahan pembersih gigi. Ketika anda sakit gigi saat hamil maka bisa menggunakan daun sirih untuk mengobati gigi anda. Caranya cuci daun sirih, gulung dan remas hingga bulat lalu kunyah pada bagian gigi yang sakit hingga cairan ekstrak daun sirih masuk pada sela-sela giginya. Lalu kumur-kumur seperti biasa dan buang ekstrak daun sirihnya.

5. Kompres Es dingin

Setelah anda melakukan cara diatas, namun sakit gigi masih terasa nyeri. Solusinya, kompres dengan es dingin yang telah dilapisi handuk lalu tempel pada pipi yang menempel gigi yang sakit. Tapi jangan tempel es pada gigi yang sakit karena akan menyebabkan peradangan pada pulpa gigi.

Demikian obat sakit gigi untuk ibu hamil. Anda bisa menggunakan salah satu obat sakit gigi buat ibu hamil diatas. Semoga gigi anda cepat sembuh.