Obat Mata Bintitan Alami Tradisional

Ada beberapa obat alami untuk mengatasi sakit mata bintitan atau timbilen yang dapat digunakan untuk mengatasi benjolan pada mata. Obat mata bintitan alami ini dapat diracik sederhana dan diperoleh dengan mudah.

Kegiatan mengintip seringkali dianggap oleh masyarakat awam sebagai penyebab mata bintitan. Padahal hal itu tidaklah benar. Seringkali kasus mata bintitan diakibatkan oleh infeksi bakteri yang tumbuh di akar bulu mata.

Banyak orang mengeluh apabila matanya terdapat benjolan seperti bisul atau jerawat di area kelopak mata. Benjolan tersebut dapat terasa nyeri dengan tampilan warna memerah dan membengkak. Ada juga orang yang mengeluh bintitannya dapat mengakibatkan mata berair. Pada umumnya, pembengkakan di mata karena bintitan terjadi selama sekitar 3 hari, lalu perlahan-lahan akan kempes dan sembuh sendiri sekitar 1 minggu.

Ada sebagian orang yang tak tahan dengan bintitan sehingga memencetnya. Padahal meskipun sekilas merupakan sebuah solusi, tetapi memencet mata bintatan justru dapat mengakibatkan masalah kesehatan lain. Cairan yang keluar akan menyebarkan infeksi di area sekitar benjolan tersebut. Hanya ahli medis atau dokter yang boleh memencet mata bintatan, karena mereka dapat menanganinya dengan baik dengan meminimalisir efek samping.

Obat Mata Bintitan Alami

Obat Mata Bintitan Alami

Obat Mata Bintitan Alami

Berikut beberapa obat alami untuk mengobati mata bintitan, apa saja ya. mari kita simak dibawah ini.

a. Kompres air hangat

Tempelkan kompresan air hangat dan pijat bintitan dengan sangat lembut dan perlahan-lahan. Hal ini merupakan salah satu terapi medis yang dapat anda lakukan sendiri di rumah. Anda dapat mengompresnya selama 10 menit sebanyak 4x sehari.

Untuk mengompresnya, anda dapat memakai handuk bersih yang telah direndam dalam air bersih yang hangat. Peraslah hingga ait tak lagi menetes, kemudian tempelkan kompresan tersebut. Temperatur hangat dari air akan membantu mengatasi mata bintitan dengan cara mengencerkan nanah didalamnya serta perlahan-lahan mengempeskan benjolan secara alami.

b. Kompres dengan teh kantong

Salah satu bahan alami yang terkenal dipakai untuk mengobati mata bintitan adalah teh kantung hangat. Anda dapat menggunakan teh hijau, sebab konon memiliki khasiat mengurangi pembengkakan atau benjolan sekaligus mengandung antibakteri yang dapat membantu proses penyembuhan.

Cara memakai teh kantong sebagai obat mata bintitan yaitu dengan menyeduhnya dalam cangkir air panas lalu diamkan selama 1 menit. Angkat teh kantung dari cangkir lalu diamkan hingga suhunya agak hangat. Setelah itu, tempelkan teh kantung di mata sekitar 10 menit. Jika bintitan terjadi di kedua mata anda, jangan menggunakan kemasan merk teh kantong yang sama.

Selain dua cara tersebut, anda perlu rajin membersihkan area mata yang terinfeksi dengan menggunakan air bersih atau sabun yang lembut. Pada saat membersihkan, tutuplah mata anda agar tidak menyebabkan iritasi dan rasa pedih pada mata. Selain itu, hindari pemakaian make up, cream wajah, dan lensa kontak agar tidak menyebabkan infeksi di sekitar mata.

Karena mata bintitan bukan penyakit berbahaya, tetapi kondisi ini menyebabkan aktivitas sehari-hari terganggu. Jika obat sakit mata bintitan alami tradisional tersebut tidak dapat mengatasi masalah, maka segera kunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan medis yang lebih baik.