Cara Mengobati Tenggorokan Berdahak dan Gatal

Cara mengobati tenggorokan yang berdahak dan gatal – Tenggorokan berdahak dan gatal merupakan awal dari gejala batuk. Selain itu, biasanya juga disertai dengan suara serak ringan maupun berat. Jika Anda sudah batuk berdahak maka intonasi suara akan berubah karena pita suara Anda menjadi terganggu lalu gangguan telinga dimana suara menjadi berdengung dan gangguan-gangguan lainnya

Ciri tenggorokan berdahak yaitu adanya sesuatu yang berwarna putih, dan bentuknya seperti air liur namun kental. Itulah dahak. Dahak biasanya sulit untuk dihilangkan, namun dengan meminum obat pengencer dahak maka dapat diatasi dan disembuhkan. Tentu saja obat yang diminum harus tepat. Karena jika tidak maka tidak akan berfungsi mengencerkan dahak. Dahak biasanya akan muncul cukup banyak saat pagi hari, apalagi jika Anda memiliki riwayat alergi tertentu. Terkadang udara dingin juga bisa mengakibatkan tenggorokan mengeluarkan dahak.

Apabila Anda bertanya mengenai penyebab tenggorokan bisa menjadi gatal dan berdahak, itu ada beberapa macam. Beberapa penyebabnya antara lain alergi lingkungan sekitar, alergi makanan, batuk pilek, asma, infeksi pada saluran pernafasan, dan juga iritasi udara kering ataupun debu. Penyebab terakhir adalah virus. Virus merupakan salah satu penyebab tenggorokan menjadi gatal disertai dahak.

sakit-tenggorokan-ct

Sakit Tenggorokan (┬ęThinkstock)

Cara mengobati tenggorokan berdahak dan gatal yaitu:

Apabila anda ingin mengobati tenggorokan yang berdahak dan gatal maka Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara dibawah ini, berikut diantaranya.

a. Madu

Cara pertama adalah dengan menggunakan madu. Madu merupakan obat herbal alami yang enak dan berkhasiat tinggi. Madu sudah terbukti juga efektif untuk menyembuhkan dan meringankan sakit pada tenggorokan. Anda juga dapat menggunakan teh jahe plus madu, supaya rasanya lebih enak, dan juga lebih hangat pada tenggorokan.

b. Mengatur Pola makan

Cara kedua adalah dengan menggunakan pola makan yang tepat. Ini merupakan hal yang vital apabila Anda mau tenggorokan Anda sehat. Anda harus memilih dan menjaga pilihan makanan yang mau dikonsumsi, jangan sembarangan. Hindari konsumsi makanan yang dibuat dengan cara digoreng, apalagi yang mengandung banyak lemak dan digoreng. Juga Anda sebaiknya jangan terlalu sering makan makanan gorengan, minuman bersoda, dan minuman dingin karena dapat memicu tenggorokan terasa gatal dan sakit.

Apalagi ketika Anda sedang sakit dan dalam proses penyembuhan, maka jenis makanan tersebut benar-benar harus Anda hindari. Dokter ahli tenggorokan juga pasti mengingatkan dan menganjurkan Anda mengenai hal ini. Walaupun Anda sudah meminum antibiotik, namun jika pola makan tetap sembarangan, maka Anda tetap akan sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan akan kembali dan kembali lagi terus menerus.

c. Antibiotik

Yang terakhir adalah dengan menggunakan antibiotik. Sebenarnya penggunaan antibiotik kurang dianjurkan, karena obat-obatan yang dibuat menggunakan bahan kimia dalam jangka waktu panjang bisa menimbulkan penyakit ginjal.

Jadi jika Anda bisa sembuh hanya dengan memperbaiki pola makan dan menggunakan madu, maka sebaiknya tak usah tergantung pada konsumsi antibiotik. Pemilihan antibiotik juga jangan sembarangan, namun pergilah ke dokter THT dan mintalah resep antibiotik yang tepat. Sebab Anda harus meminum berdasarkan dosis yang benar. Sekian artikel Uraian Sehat tentang mengobati tenggorokan berdahak dan gatal, semoga anda lekas sembuh.




Artikel ini memuat topik:
obat batuk berdahak dan gatal ; cara menyembuhkan batuk berdahak dan tenggorokan gatal ; obat tenggorokan gatal dan batuk berdahak ; tenggorokan berdahak ; tenggorokan gatal ; tenggorokan serak berdahak ; tenggorokan serak dan gatal ; obat radang tenggorokan dan batuk berdahak ;