Mengatasi Sinusitis Sendiri Tanpa Obat Dokter

Sinus adalah rongga kecil berisi udara yang lokasinya ada di belakang tulang pipi dan dahi. Salah satu gangguan pada sinus yaitu Sinusitis. Penyakit Sinusitis adalah peradangan (inflamasi) pada dinding sinus yang umumnya diakibatkan infeksi virus. Sinusitis dapat diberikan obat resep dokter, tetapi anda juga dapat mengatasi sinusitis sendiri tanpa obat dokter.

Umumnya penderita tidak harus periksa ke dokter jika masih mengalami gejala sinusitis ringan, sebab virus penyebab sinusitis akan hilang otomatis setelah 2-3 minggu. Jadi mengatasi sinusitis secara mandiri tanpa dokter bisa anda lakukan sendiri di rumah untuk kategori gejala ringan.

Rasa sakit sinusitis terjadi karena infeksi yang mengakibatkan peradangan pada selaput lendir di hidung dan sinus. Pada saat terjadi peradangan, selaput lendir akan mengalami pembengkakan sehingga menghalangi cairan dari sinus ke hidung dan teggorokan. Akibatnya, mikroorganisme dapat berkembang biak di sinus yang tidak bisa mengalir dengan baik.

Mengatasi Sinusitis Sendiri Tanpa Obat Dokter

Ilustrasi penderita sinusitis (Gambar Fotolia)

Sinusitis yang diakibatkan oleh infeksi virus umumnya akan sembuh sendiri setelah hitungan minggu tanpa perlu berobat ke dokter. Berikut cara mengatasi sinusitis secara mandiri yang dapat anda lakukan di rumah tanpa resep obat dokter.

1. Banyak minum air putih

Jika anda mempunyai masalah sinus, minumlah air putih yang banyak atau jus buah. Asupan cairan bisa mengencerkan lendir dan mengeluarkannya. Kurangi minuman kafein seperti kopi dan teh karena dapat mengakibatkan dehidrasi. Selain itu berhentilah minum alkohol karena dapat membuat sinus semakin membengkak.

2. Hirup udara lembab

Belilah alat pelembab ruangan untuk dipasang di kamar atau ruangan yang sering anda pergunakan sehari-hari di rumah. Hal ini karena udara kering dapat menyebabkan sinus teriritasi. Alat pelembab udara dapat menjaga udara di ruangan terjaga kelembabannya sehingga mengurangi hidung mampet. Selain itu, anda juga dapat menghirup uap hangat dari gelas sebanyak 3x sehari.

Usahakan agar udara di ruangan tidak kering dan tidak terlalu lembab. Biasanya debu tungau hadir di area yang tingkat kelembabannya lebih dari 50 persen. Jika adan alergi terhadap debu tungau maka penyakit sinusitis anda akan semakin memburuk. Selain itu ruangan yang terlalu lembab akan membuat jamur berkembang.

3. Pastikan rumah bebas asap rokok

Asap rokok adalah sesuatu yang wajib dihindari oleh penderita sinusitis. Jika ada anggota keluarga merokok, mintalah untuk berhenti merokok atau merokok di luar rumah. Berikan pengertian kepada perokok bahwa sinusitis akan semakin parah jika ada asap rokok.

4. Nasal Irigasi (Cuci hidung)

Nasal irigasi dapat membantu sinus terjaga kebersihannya. Cara melakukan nasal irigasi yaitu:

  1. Buat larutan garam yang terdiri atas 1 liter air hangat kuku dan 1 sendok teh garam.
  2. Masukkan larutan tersebut ke neti pot (dijual di apotek) atau teko kecil.
  3. Bersandar ke wastafel, miringkan kepala dan tuang larutan garam ke salah satu lubang hidung.
  4. Biarkan larutan tersebut mengalir keluar lewat lubang hidung lain. Untuk bernafas, pakailah mulut untuk mengambil oksigen.

5. Jauhi dari bau menyengat

Penderita sinusitis disarankan menghindari produk parfum menyengat, hairspray, produk pembersih, dan sejenisnya.

6. Ventilasi rumah

Menutup rumah tanpa ventilasi menjadikan ruangan menjadi tidak segar dan terasa pengap. Bukalah ventilasi udara sehingga ada aliran udara segar yang masuk ke ruangan. Selain itu, setiap pagi bukalah pintu dan jendela agar udara dan sinar matahari dapat masuk ke ruangan rumah anda.

7. Bersihkan dan mandikan hewan peliharaan

Jika anda memiliki hewan peliharaan di rumah, jangan lupa membersihkan dan memandikannya secara terautr minimal seminggu sekali. Bagaimanapun juga hewan yang jarang dirawat kebersihannya akan rentan kutu dan ketombe yang pada akhirnya akan memperburuk sinus jika anda alergi terhadap hal ini. Selain itu, kurangi kontak langsung dengan hewan pada saat malam.

Cukup mudah mengatasi sinusitis sendiri tanpa obat dokter. Silahkan dipraktekkan cara mengatasi penyakit sinusitis tersebut. Jika setelah 2 minggu gejala sinusitis tak kunjung membaik, segera periksakan diri anda ke dokter.