Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Sudah merupakan rahasia umum bahwa temulawak adalah salah satu rempah-rempah yang biasa dijadikan sebagai jamu atau ramuan tradisional untuk mengobati beberapa penyakit dan menjaga kesehatan badan. Akan tetapi ada juga masyarakat awam yang kurang mengetahui manfaat temulawak untuk kesehatan tersebut.

Anda tidak perlu heran dengan manfaat temulawak untuk kesehatan, mengingat kandungan temulawak yaitu fellandrean, turmerol, minyak atsiri, kamfer, glukosida, foluymetik karbinol, dan kurkuminoid. Senyawa Kurkuminoid terdiri atas kurkumin dan desmetoksikurkumin. Khasiat Kurkuminoid antara lain menetralkan racun, menghilangkan nyeri sendi, meningkatkan sekresi empedu, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah, antibakteri, mencegah pelemakan dalam sel-sel hati, dan antioksidan. Adapun khasiat minyak atsiri yaitu untuk meningkatkan produksi getah empedu dan menekan pembengkakan jaringan.

Temulawak adalah tanaman yang menghasilkan umbi akar, atau umbi rimpang sama seperti jenis tanaman lain yang dijadikan sebagai ramuan tradisional seperti jahe dan juga kunyit serta masih banyak lainnya. Tanaman temulawak atau dalam bahasa Latinnya adalah curcuma xanthoorza roxb ini, termasuk masih dalam keluarga dari tumbuhan jahe yang merupakan tanaman asli dari Indonesia, yang pertumbuhanya banyak terdapat di Maluku, Kalimantan dan juga pulau Jawa.

Temulawak memiliki nama yang berbeda di setiap daerah di Indonesia walaupun memiliki bentuk dan warna yang sama. Masyarakat Sunda menyebut tanaman ini dengan nama temu koneng, sedangkan masyarakat Madura menyebutnya dengan nama temu labak. Tanaman ini banyak tumbuh di tanah gembur dan dapat hidup di dataran tinggi hingga 150 mdpl. Jenis tanaman ini memiliki warna seperti kuning gelap atau coklat muda dan umbi akar atau rimpangnya bisa memiliki diameter maksimal hingga 15 cm.

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

1. Obat Ginjal Alami

Cara mengobati sakit ginjal adalah dengan meramunya menjadi minuman yang berkhasiat. Caranya yaitu dengan menyediakan 2 umbi akar atau rimpang temulawak yang sudah diiris tipis, kemudian tambahkan dengan 1 genggam daun kacabeling serta 1 genggam daun kumis kucing. Setelah beberapa ramuan tersebut komplit maka rebus dengan air sebanyak satu liter, saring hingga bersih. Minumlah ramuan obat ginjal ini dengan rutin selama 3 hari.

temulawak

2. Obat penyakit limfa

Ramuan temulawak ini mampu menyembuhkan penyakit limfa dengan dipadukan dengan beberapa rempah-rempah pelengkap lain seperti lengkuas dan daun meniran. Cara pengolahanya dengan mencampurkan ketiga bahan tersebut lalu rebus dengan satu liter air bersih sampai mendidih, kemudian saring hingga bersih dan minum selama 3 hari.

3. Mengobati asma

Cara mengobati penyakit asma dengan temulawak yakni dengan meramu setengah rimpang temulawak yang sudah diiris tipis-tipis, kemudian merebusnya dengan lima gelas air, lalu dicampuri dengan gula aren secukupnya. Setelah kira-kira air rebusan hanya tinggal tiga gelas maka angkatlah, saring dan minumlah dalam keadaan hangat. Lakukan secara rutin agar hasilnya bisa lebih cepat dan maksimal.

4. Obat sakit maag

Penyakit yang kebanyakan di derita oleh masyarakat seperti maag ini, dapat di atasi dengan menggunakan ramuan temulawak yang telah direbus dengan lima gelas air sampai mendidih dan tersisa kurang lebih tiga gelas. Minumlah ramuan tersebut untuk tiga hari atau segelas perharinya.

5. Penambah nafsu makan

Cara dalam mengolah temulawak sebagai penambah nafsu makan adalah merebusnya dengan tiga gelas air bersamaan dengan lengkuas dan daun meniran, lalu sisakan dua gelas dan minumlah setengah gelas dua kali sehari.

Beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan di atas hanyalah sebagian dari sekian banyak khasiat yang dimiliki rempah-rempah asli Indonesa. Oleh sebab itu lepaskan keragu-raguan anda untuk dapat merasakan kehebatan khasiat rempat ini. konsumsilah temulawak untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Semoga info kesehatan ini dapat menginspirasi hidup sehat anda.