7 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan

Manfaat minyak kemiri untuk kesehatan. Kemiri merupakan salah satu rempah-rempah yang sudah dikenal sejak jaman dahulu sebagai bahan bumbu dapur dan obat herbal. Beruntung Indonesia memiliki berbagai macam rempah-rempah yang berguna untuk kehidupan kita sehari-hari. Sebagai kilas balik, pada zaman dulu banyak Negara Barat yang ingin menguasai Indonesia karena kekayaan rempah-rempah yang salah satunya adalah kemiri. Terlepas dari sejarah masa silam, khasiat minyak kemiri bagi kesehatan sudah bukan rahasia umum lagi.

Manfaat minyak kemiri untuk kesehatan berasal dari kandungan didalamnya. Berdasarkan hasil penelitian, kandungan minyak kemiri antara lain vitamin B1, protein, magnesium, kalium, kalsium, lemak tak jenuh, zat besi, fosfor, tanin, flavonida, saponin, dan polifenol. Karena banyak industri kesehatan tahu khasiat minyak kemiri maka kini anda dapat mudah membeli beragam produk yang dihasilkan dari minyak kemiri untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan yang ada di masyarakat.

Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan

Diatas telah kita ketahui kandungan minyak kemiri. Sekarang kita beralih mengetahui apa fungsi minyak kemiri. Berikut manfaat minyak kemiri untuk kesehatan :

manfaat minyak kemiri untuk kesehatan

1. Mengatasi Kerontokan Rambut

Kemiri yang diambil minyaknya dapat dijadikan sebagai bahan untuk mengatasi kerontokan rambut dengan cara dioleskan ke bagian rambut secara menyeluruh.

2. Anti bakteri dan Anti virus

Minyak yang ada pada kemiri berguna untuk mencegah serangan berbagai macam virus yang masuk ke dalam tubuh dan bahkan dapat membunuh bakteri yang ada pada luka. Untuk mengobati luka, anda cukup mengoleskan minyak kemiri.

3. Menurunkan Kolesterol

Dalam minyak kemiri terdapat lemak sehat yang bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol yang jahat tanpa mengurangi kolesterol baik. Kolesterol jahat harus diwaspadai karena dapat menimbulkan penyakit stroke dan penyakit jantung. Oleh sebab itu, kadar kolesterol jahat sedapat mungkin dikurangi. Manfaat minyak kemiri untuk menurunkan kolesterol bisa anda dapatkan dengan cara menambahkan beberapa tetes minyak kemiri pada makanan yang anda konsumsi.

4. Mencegah Penyakit Anemia

Penyakit anemia timbul karena produksi sel darah merah kurang sehingga badan terasa lemas dan pucat. Kekurangan sel darah merah ini bisa diatasi dengan zat besi yang ada pada minyak kemiri.

5. Mengatasi Penyakit Tumor

Kemiri bermanfaat untuk mengatasi tumor karena Kandungan yang ada dalam daging, daun dan akar kemiri yang berupa flavonida, saponin dan polifenol dapat membantu dalam mengatasi berbagai macam penyakit tumor.

6. Mengatasi Penyakit Kanker

Kandungan zat tanin dalam daging kemiri dapat berfungsi sebagai zat pencegahan penyakit kanker.

7. Melebatkan Rambut

Manfaat utama minyak kemiri yang populer di masyarakat adalah khasiat minyak kemiri dalam melebatkan rambut. Dengan menggunakan minyak kemiri, rambut bayi maupun orang dewasa dapat menjadi lebih lebat apabila selalu rutin untuk di olesi minyak kemiri tersebut.

8. Menghitamkan Rambut

Minyak kemiri juga berkhasiat dalam menghitamkan rambut dan juga dapat mengatasi uban yang muncul di usia dini.

9. Menghaluskan Kulit Kusam

Selain manfaat minyak kemiri untuk kecantikan di atas, minyak kemiri juga bisa di gunakan untuk menghaluskan kulit kusam yaitu dengan cara mengoleskan ramuan dengan bahan utama minyak kemiri ke bagian kulit yang di inginkan. Ramuan tersebut terdiri dari campuran minyak kemiri, santan dan air parutan jahe. Ramuan ini sangat bermanfaat dalam mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit akan lebih sehat dan cerah.

Itulah beberapa manfaat minyak kemiri untuk kesehatan. Semoga info kesehatan ini dapat bermanfaat dalam menginspirasi pola hidup sehat keluarga anda.




Artikel ini memuat topik:
Apakah kemiri menurunkan lolestrol jahat ; baikkah bumbu kemiri bagi penderita kolesterol ; kemiri utk penderita kolesterol ; manfaat kemiri bagi kolestrol ; minyak kemiri menurunkan darah ; minyak kemiri untuk penurun lemak ; suntik minyak kemiri ;