Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

Kabar gembira bagi para penikmat kopi. Pasalnya, sejumlah peneliti membuktikan bahwa ada manfaat minum kopi bagi kesehatan tubuh. Kegunaan kopi sendiri terbilang banyak, mulai dari meningkatkan semangat untuk beraktivitas, mengurangi kadar lemak berlebih, hingga kemampuannya dalam mencegah beberapa penyakit berat.

Banyak kaum pria suka minum kopi terutama di pagi hari. Pada umumnya mereka rutin minum kopi agar semangat dan stamina selalu dalam kondisi yang baik sehingga meningkatkan semangat menjalani aktivitas sehari-hari. Di artikel ini akan dibahas lebih lanjut tentang khasiat konsumsi kopi untuk kesehatan anda.

kopi

Kopi

Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut sejumlah manfaat kopi yang bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsinya:

1. Kopi Dapat Memacu Semangat dan Energi

Sebuah penelitian dari Hindmarch & tim yang dipublikasikan di dalam jurnal Psycopharmocology menyatakan bahwa kopi merupakan energy booster yang bisa membuat Anda merasa lebih segar sehingga bisa menjalankan aktivitas dengan penuh semangat dan gairah kerja yang baik. Hal ini sangat dimungkinkan karena kopi memiliki kandungan kafein yang terbukti bisa membuat Anda menjadi lebih berenergi.

2. Kopi Meningkatkan Fungsi Otak

Kafein yang masuk di dalam tubuh akan mengalir ke darah yang kemudian menuju ke otak, dan di dalam otak inilah kafein akan bekerja. Kafein memiliki manfaat besar dalam aspek psikomotorik dan kognitif yang hanya bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin, bukan sekali.

3. Kopi Mampu Membakar Lemak

Penelitian dari University of Lausanne yang dituliskan di dalam American Journal of Physiology mengungkapkan bahwa kafein bisa lebih efektif untuk membakar lemak. Bahkan saat ini ada banyak suplemen pembakar lemak yang menggunakan kafein sebagai bahan utamanya. Nah, khusus bagi Anda yang ingin membakar lemak berlebih, maka tidak ada salahnya untuk terbiasa meminum kopi.

4. Kopi Mampu Mencegah Demensia

Orang yang memiliki kebiasaan meminum kopi akan memiliki resiko 65% lebih kecil untuk menderita demensia, khususnya untuk jenis Alzheimer. Fakta ini terungkap berdasarkan penelitian dari L Maia dan A. De Mendonca yang dipublikasikan lewat European Journal of Neurology. Ada pengaruh positif yang dimiliki oleh konsumsi kopi dengan penyakit Alzheimer. Penelitian ini mengungkapkan lebih lanjut bahwa efek dari konsumsi kopi ini bisa berbeda pada setiap individu, tergantung usia ataupun riwayat dari penyakit lain yang diderita.

5. Melawan Sirosis Hati

Sirosis merupakan jenis gangguan pada fungsi hati yang menurut WHO menjadi penyakit paling mematikan ke 5 di dunia. Penyakit ini sendiri lebih sering dialami oleh pria. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Klatsky AL & tim mendukung hipotesis mengenai hubungan antara konsumsi kopi dengan penyakit sirosis. Di dalam kopi terdapat sejumlah kandungan yang bisa membantu untuk melawan penyakit sirosi hati. Efeknya sendiri akan terlihat jika kopi dikonsumsi minimal 4 gelas sehari.

6. Manfaat Kopi Lainnya

Di dalam satu gelas kopi terdapat sejumlah kandungan vitamin dan mineral yang terbukti positif bagi kesehatan tubuh. Vitamin seperti B2, B3, B5 dan mineral yang berupa kalium (potasium), mangan (manganese), dan juga magnesium.

Vitamin B2 memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan mata. Sementara vitamin B3 bisa membantu untuk menjaga sirkulasi darah dan vitamin B5 yang mampu mengubah protein dan lemak menjadi energi. Hal ini juga sangat berperan penting di dalam proses pembentukan sel darah merah. Mangan memiliki peranan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh serta menjaga kadar gula darah agar tetap seimbang.

Manfaat kopi bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan juga membantu untuk mengendalikan tekanan darah. Hal ini sangat memungkinkan dikarenakan adanya kandungan kalium di dalam kopi. Kandungan magnesium di dalam kopi juga bisa membantu untuk menjaga kepadatan tulang serta menjaga fungsi tulang. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa ada segudang manfaat yang terdapat di dalam satu cangkir kopi.

Demikian sejumlah manfaat kopi bagi kesehatan tubuh yang tentunya akan baik bila diminum sesuai batas wajar dan tidak berlebihan. Baca juga dampak negatif apabila terlalu banyak minum kopi






Artikel ini memuat topik:

Manfaat kopi -apa kewajiban suami di saat istri hamil -mamfat kopi -manfaat dari kopi -manfaat kandungan kafein dan mineral pada kopi -manfaat ko -Manfaat minum kopi -mengap minum kopi badan semangat -