Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan

Manfaat Lengkuas untuk kesehatan tubuh penting untuk Anda ketahui – Lengkuas atau laos merupakan jenis rempah-rempah dalam bentuk umbi. Bagi masyarakat di Indonesia, lengkuas digunakan sebagai bumbu dapur dan bahan obat tradisional. Dengan aroma yang khas, lengkuas memberikan rasa khas dan lezat jika dicampurkan ke dalam makanan.

Bagian dari tanaman Lengkuas yang sering dimanfaatkan adalah akar atau rimpang. Akar lengkuas mengandung sejumlah senyawa penting yaitu minyak atsiri, kamper, amilium, dan senyawa lainnya sehingga manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh sangat banyak.

Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan

Bagi masyarakat Indonesia lengkuas sering digunakan sebagai bumbu dapur dan bahan obat herbal. Pemakaian lengkuas sebagai bahan obat tradisional dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Karena di dalam lengkuas terdapat kandungan kario ferid dan galangin yang meredakan radang. Apa saja manfaat lengkuas bagi kesehatan? Berikut ini merupakan khasiat lengkuas.

lengkuas

1. Mengatasi sariawan dan radang gusi

Ekstrak akar lengkuas dapat digunakan sebagai obat kumur sehingga membantu mengatasi sariawan dan radang gusi. Khasiat lengkuas bagi kesehatan mulut lainnya yaitu dapat menghilangkan bau mulut (halitosis).

2. Mengobati penyakit rematik

Masyarakat Timur Tengah menjadikan lengkuas sebagai bahan ramuan untuk mengatasi penyakit rematik dan arthritis.

3. Mengobati bekas luka bakar

Lengkuas dapat digunakan sebagai obat luka bakar. Caranya yaitu gosok irisan lengkuas segar pada kulit 2 kali setiap hari untuk mengurangi bekas luka bakar.

4. Memberikan rasa nyaman pada perut

Khasiat lengkuas dapat memberikan rasa nyaman pada perut akibat peradangan atau penyakit lain. Lengkuas juga dapat membantu mengurangi muntah, mabuk perjalanan, meredakan diare, dan cegukan.

5. Penambah nafsu makan

Ramuan ini dibuat dengan cara merebus lengkuas, temulawak, adas pulawaras, meniran dan air. Hasil rebusan dari bahan-bahan tersebut kemudian di saring. Hasil saringan di minum secara rutin 3 kali dalam sehari.

6. Mencegah penuaan dini

Lengkuas mengandung antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini.

7. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Kandungan antioksidan dalam lengkuas mampu mengeluarkan racun dalam tubuh dan menjaga kesehatan sirkulasi darah.

8. Mengatasi masalah jerawat dan kulit kusam

Untuk penyakit kulit di wajah seperti jerawat dan kulit kusam, bisa memanfaatkan lengkuas dengan cara dibuat jus lengkuas. Dengan meminum jus lengkuas dapat menyembuhkan jerawat dan masalah kulit wajah kusam.

9. Ramuan Obat rematik tradisional

Ramuan ini bisa di dapat dari campuran sari lengkuas dan kuning telur ayam kampung. Sedangkan sari lengkuas sendiri berasal dari lengkuas yang kupas bersih kemudian di parut dan diperas. Hasil perasan itu adalah sari dari lengkuas. Obat tradisional rematik ini merupakan pengobatan dari dalam jadi harus di minum secara teratur sehari sekali.

10. Penambah gairah pria dan wanita

Ramuan ini dibuat dengan mencampur sari lengkuas dan sari umbi halia dengan garam, merica, air mineral, dan ragi tape. Ramuan lengkuas ini diminum langsung ketika sebelum berhubungan.

11. Obat panu tradisional

Ramuan ini di buat dengan cara lengkuas dan kapur sirih di tumbuk secara halus dan di kasih dengan sedikit air. Ramuan ini di pakai dengan cara digosokkan pada bagian yang terkena panu kemudian di diamkan selama 30 menit.

12. Obat batuk bronkhitis tradisional

Ramuan ini di buat dengan cara lengkuas, daun pecut kuda, kayu manis, daun iler dan temulawak di tumbuk secara halus. Kemudian rebus sampai mendidih sampai tersisa satu gelas. Ramuan ini di minum secara rutin dalam sehari sebanyak 2 kali pada pagi dan sore.

Demikian manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh. Baca juga artikel uraian sehat lain tentang manfaat bawang putih dan bawang merah. Semoga bermanfaat.